6 Cara Merawat Mawar Agar Rajin Berbunga

Membuat Mawar rajin berbunga-Bila bunga mawar yang dimiliki tak kunjung berbunga atau bunganya hanya sedikit maka si pemiliki tentu memikirkan bagaimana cara merawat bunga mawar tersebut rajin menjadi rajin berbunga.

Advertisement

Tidak indah dilihat bukan jika bunga mawar itu tidak berbunga? Tentu ketika melihat tanaman bunga mawar yang tidak berbunga kita akan serasa merasa melihat batang dan dedaunan saja yang tidak menarik.

Jika anda memiliki kasus yang sama, maka perhatikan cara merawat bunga mawar berikut agar rajin berbunga:Cara Merawat Mawar Agar Rajin Berbunga

  1. Penyinaran yang cukup

Sinar matahari merupakan salah satu unsur yang cukup penting untuk merangsang terjadinya pembungaan atau florasi.

Letakkanlah tanaman bunga mawar ditempat yang sering terkena sinar matahari terutama dipagi hari. Dengan mendapatkan penyinaran yang cukup maka tanaman bunga mawar yang anda miliki akan tumbuh dengan baik.

  1. Pemupukan

Cara merawat bunga mawar agar rajin berbunga selanjutnya adalah dengan memupuknya. Hal ini penting karena tanaman memerlukan asupan hara yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berbungan bisa dicukupi. Pupuk 2 minggu sekali dan baik menggunakan pupuk kompos dan pupuk NPK.

  1. Penyemprotan ZPT

ZPT adalah sebuah pengapliasian zat untuk merangsang terjadinya pembungaan. Contoh dari ZPT tersebut adalah pupuk Gandasil B sebagai pengganda hasil bunga.  Kekayaan dalam kalium pada pupuk tersebut bisa merangsang pembentukan bunga.

Advertisement
  1. Penyiraman

Menyiram bunga juga termasuk cara merawat bunga mawar terbaik yang bisa dilakukan agar bunga mawar rajin berbunga.

Lakukan hal tersebut setiap pagi dan sore dengan air bersih agar serapan hara serta pertumbuhan akarnya bisa maksimal. Anda juga bisa menyiramnya dengan air cucian beras guna meningkatkan kesuburan biologis pada tanah.

  1. Pengendalian Gulma, hama dan penyakit

Hal yang perlu dilakukan dalam cara merawat bunga mawar agar rajin berbunga lainnya adalah dengan mengendalikan gulma.

Hal ini termasuk hal yang penting karena gulma mengganggu pertumbuhan tanaman bunga mawar itu. Semprotkan inseksida dan fungisida bila perlu untuk menghindari serangan hama dan penyakit.

Dengan begitu maka tanaman bunga mawar yang anda rawat akan terbebas dari serangan gulma, hama maupun penyakit.

  1. Pemangkasan

Daun kering atau dahan yang layu sebaiknya dipangkas agar tanaman tetap sehat dan indah. Selain sehat dan indah maka dengan memangkasnya tanaman juga akan terlihat bersih dan terawat bebas dari hama dan penyakit.

Beberapa cara merawat bunga mawar di atas merupakan cara yang baik untuk anda lakukan  agar tanaman bunga mawar yang anda miliki berbunga dengan indah, bersih dan sehat.

Cara-cara tersebut dianjurkan dilakukan baik ditaman rumah maupun di lahan khusus pembudidayaan bunga mawar. Coba dengan didampingi ketelatenan agar hasil yang anda lakukan pun lebih maksimal didapatkan.

Yang paling terpenting lakukan perawatan,pemupukan secara rutin setiap hari semakin bagus anda lakukan perawatan,semakin indah pula bunga tersebut akan menghasilkan bunga…

Advertisement
6 Cara Merawat Mawar Agar Rajin Berbunga | admin | 4.5