Cara Mudah Budidaya Cabai Merah Besar Keriting

Cara Mudah Budidaya Cabai Merah Besar Keriting – Cara budidaya cabai keriting tidak jauh berbeda dengan cabai rawit maupun cabai yang lainnya. Dan dari pertanian sendiri mengalami peningkatan dari tahun ke tahun karena banyak sekali saat ini yang membuka usaha makanan atau kuliner.

Advertisement

Hal ini pula yang menyebabkan budidaya cabai keriting makin meningkat di dunia pengusaha agraris. Berikut cara mudah untuk bisa mendapatkan cabai merah keriting:

Pemilihan benih cabai

Untuk tahap ini anda bisa mendapatkan bibit dengan cara membelinya langsung di toko penjual bibit cabai atau juga bisa dilakukan dengan cara membuat bibit sendiri dari buah cabai yang sudah tua dan matang kemudian diambil bijinya untuk dijadikan benih.

Dan untuk budidaya cabai keriting sendiri anda harus memperhatikan dalam proses pemilihan bibit. Pilihlah bibit cabai yang paling bagus kualitasnya.Cara Mudah Budidaya Cabai Merah Besar Keriting

Jika anda ingin membuat bibit sendiri, ambillah cabai dari hasil panen yang ke tiga atau panen yang tengah-tengah dari ke semua panenan. Pastikan untuk mengambil cabai yang sudah tua dan matang dan jangan lupa perhatikan pula pohonnya ketika anda akan mengambil buah cabai untuk bibit. Jangan sampai ada kerusakan atau bibit penyakit dari pohon tersebut.Baca Juga Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai Dalam Pot

Advertisement

Setelah anda memilihnya dengan benar, pisahkan biji cabai dari kulit dan juga daging cabai hingga bersih. Kemudian bersihkan dengan air dan pilihlah hanya yang tenggelam saja, dan biarkan keanginan, jangan sampai terkena matahari hingga benar-benar kering.

Cara penyemaian budidaya cabai keriting

Setelah benih sudah siap untuk disemai, siapkan lahan untuk persemaian cabai keriting. Bisa menggunakan polybag agar lebih mudah nantinya untuk penanaman. Gunakan tanah dan pupuk untuk medianya dengan perbandingan 2:1 lalu masukkan dalam polybag yang sudah disediakan.

Beri lubang sekitar 0,5cm untuk menanam cabai dalam polybag. Setelah itu masukkan biji cabai dalam polybag dan tutup menggunakan pupuk kompos. Beri siraman air untuk menjaga kelembapan tanah.

Lakukan penyiraman rutin tiap pagi dan sore agar cabai dapat tumbuh dengan baik. Bibit cabai keriting dapat dipindah setelah usia memasuki 45 hari.

Penanaman untuk budidaya cabai keriting dan perawatan

Setelah cabai siap untuk dipindahkan, buatlah jarak penanaman setiap cabai sekitar 60cm x 60cm agar sirkulasi tetap terjaga. Setelah semua cabai sudah ditanam di lahan, lakukan perawatan dengan cara rutin menyiram cabai tiap pagi dan sore agar budidaya cabai keriting tumbuh dengan baik.

Dah berikan pupuk kembali saat cabai sudah memasuki usia 1 bulan setelah pemindahan dengan pupuk campuran. Lihat juga jika ada cabai yang rusak dan terkena hama, buanglah agar tidak merambat ke pohon yang lain. Dan berilah penopang kayu agar cabai tidak mudah roboh.

Itulah beberapa cara mudah untuk budidaya cabai keriting. Karena peluangnya yang sangat bagus maka budidaya cabe keriting bisa menjadi peluang usaha anda.demikian dan baca juga Waktu dan Cara Pemupukan Cabai Terbaik

 

Advertisement
Cara Mudah Budidaya Cabai Merah Besar Keriting | admin | 4.5