Cara Mudah Menanam Tanaman Hidroponik Cabai

Cara Mudah Menanam Tanaman Hidroponik Cabai – Tanaman cabai merupakan salah satu sayuran yang banyak dimanfaatkan untuk memasak. Dengan alasan tersebut, banyak orang yang mengembangkan tanaman yang satu ini. Untuk metode serta cara menanamnya pun bervariasi. Salah satunya menanam cabai secara hidroponik.

Advertisement

Metode menanam secara hidroponik cenderung praktis dan tidak membutuhkan media-media yang rumit. Menanam cabai secara hidroponik juga memberikan kemudahan bagi anda yang sibuk dengan rutinitas dan tidak memiliki waktu banyak untuk berkebun.

Mengingat cabai merupakan salah satu bahan baku dalam kegiatan memasak, maka tidak ada salahnya jika anda menanam cabai secara hidroponik.Cara Mudah Menanam Tanaman Hidroponik Cabai

Cara Mudah Menanam Tanaman Hidroponik Cabai

Menanam cabai secara hidroponik tidak memerlukan tanah sebagai media tanam ataupun menyiram air setiap waktu. Lalu bagaimana cara menanam cabai secara hidroponik? Berikut caranya:

Semai benih cabai hidroponik

Benih dapat anda ambil dari stok cabai anda yang berada di dapur, namun syaratnya pilihlah cabai yang bagus, sudah tua, dan tentunya sehat. Untuk media semai menggunakan tanah, kompos atau pukan dan arang sekam yang memiliki perbandingan 1:1:1.

Setelah media semai siap, taruhlah benih cabai pada media semai yang telah siap dan pastikan jaraknya 3×3 cm. Lalu tuangkan tanah halus di atasnya sebagai penutup.

Advertisement

Siram semaian cabai itu menggunakan sprayer atau semprotan khusus. Biasanya setelah berumur 5 hingga 7 hari benih akan tumbuh.

Siapkan media tanamnya

Jika media semainya menggunakan tanah, berbeda dengan media tanam. Menanam cabai secara hidroponik menggunakan media tanam berupa arang sekam dan serbuk sabut kelapa dengan ukuran banding 1:1. Anda harus mencampur media tanam tersebut secara menyeluruh.

Berhubung sistem yang di terapkan ialah sistem sumbu atau sistem wick maka anda harus mempersiapkan sumbunya, untuk hidroponik dengan sistem wick biasanya sumbu yang paling baik ialah kain flanel, hal ini dikarenakan kain flanel memiliki kemampuan yang baik dalam hal serap-menyerap.

Siapkanlah sebuah pot beserta tandonnya

Pot dan tandon bisa anda ambil dari bahan-bahan rumah tangga yang mudah di dapat. Pastikan terdapat lubang udara pada pot dan tandon

Menanam bibit cabai secara hidroponik

Setelah berumur 25-30 hari bibit sudah mulai dapat dipindahkan. Dalam cara memindahkannya anda harus berhati-hati agar akarnya tidak terpotong atau rusak. Setelah di cabut letakkan bibit cabai ke dalam pot yang telah dipersiapkan.

Letakkan di tempat yang teduh dan lakukan penyiraman secara berkala. Lalu lakukan kontak langsung dengan matahari secara perlahan. Serta berikan nutrisi khusus tanaman hidroponik agar tanaman cabai tumbuh subur.

Mudah bukan menanam cabai secara hidroponik? Anda dapat segera mencobanya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, perhatikan langkah demi langkah menanam cabai secara hidroponik di atas.

Advertisement
Cara Mudah Menanam Tanaman Hidroponik Cabai | admin | 4.5