Cara Mudah Pembibitan Bunga Bromelia

Bibit bunga bromelia- Jenis tanaman ini termasuk salah satu masuk kategori tanaman hias nanasan.selain indah dan banyak penggemarnya di indonesia,tanaman hias yang satu ini juga memiliki keragaman unik dari berbagai vareasi jenis daunnya..tak heran jika banyak kaum hawa yang terpikat olehnya..

Advertisement

Bromelia juga banyak kita temukan di pasaran dan banyak juga di panjang sebagai penghias halaman rumah karena keunikan tampilan yang di berikan.dengan demikian,tanaman ini juga tergolong jenis tanaman hias yang sangat mahal..Cara Mudah Pembibitan Bunga Bromelia

Akan lebih bagus dan mengeluarkan pancaran aura bromelia jika di tanam pada sebuah pot yang cocok dan serasi dengannya,maka pamor dan wibawa juga akan ikut terangkat..

Sesuai judul artikel di atas,cara mudah pembibitan bunga bromelia yang hanya bisa kita lakukan dengan teknik indukasi anakan atau yang lebih di kenal dengan memisahkan anak tunas di sekitar batang induk.

Dengan cara inilah tanaman bromelia bisa di perbanyak dan kita ambil bibitnya untuk di budidayakan kembali,mengenai dengan teknik lain,penulis sendiri belum mengetahuinya,sesuai pengalaman,kebanyakan orang hanya menggunakan metode ini untuk pembibitan jenis bromelia..

Indukasi sendiri adalah alat untuk mempercepat bromelia mengeluarkan bibit tunas baru supaya bisa kita ambil anakan nya.cara ini tergolong cara yang aneh dan tak masuk akal,namun bukti di lapangan cukup memuaskan.berikut cara yang bisa anda lakukan..

Pembibitan Bromelia Dengan Indukasi Anakan.

  • Cari induk bunga bromelia yang sehat tanpa cacat dan sudah memiliki umur cukup tua.

  • Sebelumnya anda siapkan bambu atau lidi 20 cm sebagai alat untuk menusuk kucup dari tanaman tersebut,jangan lupa juga,runcingkan salah satu sisi supaya mudah masuk dalam kucup bromelia.

    Advertisement
  • Setelah di dapat bambu yang sebesar tusuk satu dan panjang 10 cm,masukan ujung bambu tersebut pada larutan fugisida.

  • Lalu tusuklah tepat pada bagian kuncup bromelia tersebut dan biarkan lidi tersebut menancap hingga beberapa Minggu .

  • Bisanya setelah 40 hari,akan sangat banyak tunas anakan bromelia yang bermunculan di pangkal batang induk yang kita tusuk tersebut.

  • Jika di rasa sudah besar,kira-kira memiliki 3-5 daun,anakan bromelia tersebut sudah bisa kita pisahkan untuk di letakan dalam pot sendiri.Cara Mudah Pembibitan Bunga Bromelia

  • Jangan lupa,setelah melakukan pemotongan,segera olesi bekas luka tersebut menggunakan larutan fungisida untuk mencegah timbulnya jamur yang bisa mengakibatkan batang induk membusuk dan ahirnya mati.

  • Media tanam yang paling bagus untuk anakan bromelia yang telah kita pisahkan bisa menggunakan sekam bakar dengan campuran coco peat..

Tips penting.

tidak membutuhkan waktu lama setelah di lakukan penusukan tersebut anakan akan segera muncul di sekitar induk,jika anda ingin membersihkan gulma,pastikan tidak mencabut dari pada anakan tunas bromelia,sebab hampir sama menyerupai rumput untuk tunas yang masih kecil..

Lakukan perawatan kusus, dengan cara penyiraman rutin untuk anakan yang baru di tanam setiap sore hari..ingat untuk masa ini,jangan di berikan pupuk berupa organik,biarkan saja dahulu sampai anakan yang kita tanam mengeluarkan daun baru..

Baca juga:  cara setek batang dan semai biji anthurium

jika di rasa sudah benar-benar hidup,jika kita ingin memberikan pupuk,akan lebih bagus jika menggunakan pupuk cair yang bisa di campurkan dengan air dan di semprotkan setiap satu minggu sekali..semoga berguna..salam..

Advertisement
Cara Mudah Pembibitan Bunga Bromelia | admin | 4.5