Cara Pembibitan Belimbing Paling Mudah

Cara Pembibitan Belimbing Paling Mudah – Buah belimbing adalah buah yang mudah untuk dikembangbiakkan, juga termasuk buah yang sangat diminati untuk ditanam di pekarangan ataupun dalam pot. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembibitan buah belimbing, karena dalam pembibitan buah belimbing sangat mempengaruhi buah yang dihasilkan.

Advertisement

Semakin tinggi kualitas bibitnya maka akan semakin tinggi dan berkualitas buah yang dipanen nantinya. Berikut cara mudah melakukan pembibitan buah belimbing dengan kualitas terbaik dari biji buah belimbing.

Pembibitan buah belimbing biasanya menggunakan teknik cangkok, enten, okulasi dan susuan. Perbanyakan dengan cara generatif dengan menggunakan biji buah belimbing tidak disarankan karena setiap keturunan yang dihasilkan selalu berbeda jauh dengan induk asli buah belimbing yang diambil bijinya.Cara Pembibitan Belimbing Paling Mudah

Cara Pembibitan Belimbing Paling Mudah

Pembibitan buah belimbing dengan cara generatif hanya digunakan untuk menghasilkan vegetatif dan keturunan yang berbeda dalam jumlah yang banyak tapi di sini akan membahasnya. Persiapan benih atau bibit buah belimbing sebaiknya dengan cara vegetatif seperti pencangkokan, okulasi dan susuan.

Pembibitan buah belimbing cara vegetatif tersebut maka diperlukan pohon belimbing dengan kualitas unggul dan benar-benar dapat menghasilkan buah yang banyak serta manis enak.simak juga Cara Menanam Cabai di Polibag Khusus Pemula

Dengan memilih pohon belimbing yang sudah dewasa ( sudah panen beberapa kali) dan pohon yang benar-benar terbukti menghasilkan buah yang berkualitas dan banyak. Lakukan pencangkokan atau gunakan biji buah belimbing.

Advertisement

Bisa juga dengan teknik mengambil biji buah belimbing dengan kualitas buah yang manis dan besar. Sisihkan biji-biji dengan memilih yang bagus tidak cacat, letakkan pada wadah, cuci sampai bersih dan bebas dari lendir-lendirnya. Kemudian keringkan ditempat yang teduh tidak terlalu panas hingga kadar air yang terkandung pada biji tersebut sekitar 12-15 %.

Tahap Penyemaian Blimbing Manis

Simpan biji di wadah tertutup dan berwarna tutup rapat atau langsung letakkan dalam tempat penyemaian. Dalam penyemaian biji buah belimbing dilakukan di lahan yang gembur, tanah harus gembur dan dengan ketinggian tanah 20-40 cm dalam keadaan gembur dan diamkan serta letakkan di tempat teduh berangin sampai sekitar kurang lebih 15 hari.baca juga Cara Budidaya Belimbing Khusus Pemula

Tambahkan  kompos untuk kesuburan tanah, tambahkan 2 kg/ m2. Beri atap pada tanah yang terbuat dari jerami/ daun-daunan atau dari plastik bening. Dengan ketinggian 75- 1 meter dari permukaan tanah.

Rendam biji buah belimbing dalam air hangat atau dingin 50 derajat Celsius, selama setengah jam. Lalu sebar biji pada lahan dengan jarak 10-15 cm dan biarkan tunggu hingga tumbuh kecambah dari biji tersebut.

Lakukan penyiraman secara merata dan rutin 1 sampai 2 kali sehari,  lakukan pemupukan dengan pupuk pabrik dengan dilarutkan ke dalam air untuk 10 gr dengan 10 liter air selama 3 bulan sekali.

Dalam pembibitan buah belimbing pengecekan hama seperti rumput atau pengecekan terhadap harus dilakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil bibit tanaman yang baik dan berkualitas. Perbaikan tanah juga menjadi prioritas utama, lakukan penyemprotan untuk memperbaiki tanah dengan pestisida pada konsentrasi 30-50 % .demikian dan baca juga Cara Membuat Manisan Belimbing Wuluh Segar semoga bisa membantu..salam..

 

Advertisement
Cara Pembibitan Belimbing Paling Mudah | admin | 4.5