Cara Pembibitan Segala Jenis Tanaman Cabai

Cara Pembibitan Segala Jenis Tanaman Cabai – Cabai merupakan kebutuhan sehari-hari untuk memasak sebagai bumbu dapur. Banyak yang mengeluhkan saat kondisi keuangan sedang memburuk akan tetapi harga kebutuhan pokok utama untuk memasak malah semakin mahal.

Advertisement

Untuk itu, bagi anda yang ingin membudidayakan sendiri tanaman cabai bisa dengan melakukan pembibitan cabai di rumah.

Di sini akan dijelaskan cara pembibitan segala jenis tanaman cabai yang mudah untuk anda mengerti dan bisa anda lakukan sendiri di rumah :Cara Pembibitan Segala Jenis Tanaman Cabai

Advertisement
  1. Untuk bibit tanaman cabai sendiri anda bisa pilih dengan membelinya langsung di toko penjual bibit cabai atau anda juga bisa membuat sendiri bibit cabai dengan cara :
  2. Pilihlah buah cabai yang sudah tua dan matang, dengan warna yang merah segar serta tidak terlihat adanya tanda penyakit.
  3. Kemudian sayatlah kulit cabai dengan hati-hati dan jangan sampai biji cabai jadi rusak.
  4. Kumpulkan biji cabai, buang daging cabai dan lainnya sehingga biji cabai terlihat bersih.
  5. Setelah terkumpul biji cabainya, rendamlah dalam air bersih dan kemudian ambil biji cabai yang tenggelam saja.Baca Juga 6 Manfaat Cabai Yang Harus Anda Ketahui
  6. Kemudian tiriskan, jangan sampai terkena langsung oleh sinar matahari. Cukup beri angin-angin saja hingga benar-benar kering dan bibit cabai siap ditanam.
  7. Setelah anda mendapatkan bibit dari tanaman cabai, anda bisa melakukan metode untuk penyemaian bibit cabai dengan cara menggunakan polybag. Karena jika anda langsung menaburkannya dalam lahan yang sudah disiapkan takutnya malah akan membuat cabai tumbuh dengan berhimpit-himpitan antara satu dengan yang lain sehingga tidak bisa digunakan lagi pohonnya.
  8. Untuk medianya sendiri anda bisa menyiapkan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang dan juga kompos perbandingan dari ketiganya yaitu 2:1:1.
  9. Setelah siap, anda bisa memasukkan media tanah yang sudah dicampur dengan pupuk tersebut ke dalam polybag yang sudah disiapkan. Kemudian susun dengan rapi.
  10. Setelah polybag sudah siap, bibit biji cabai yang sudah disiapkan ditanam dalam polybag sedalam 0,5 cm kemudian tutup menggunakan kompos yang halus.
  11. Setelah semua sudah selesai jangan lupa untuk membasahi sedikit media tanah yang digunakan untuk penyemaian cabai tersebut untuk menjaga kelembapan..
  12. Untuk selanjutnya lakukan perawatan dengan cara menyiram tiap pagi dan sore.
  13. Setelah usia kurang lebih 24 hari, bibit cabai siap untuk dipindahkan ke lahan yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk melebihkan bibit cabai yang akan anda tanam agar nantinya bisa digunakan untuk penyulaman bibit yang kurang bagus saat sudah ditanam di tanah.

Itulah cara pembibitan segala jenis tanaman cabai yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Tidak susah bukan untuk pembibitan sendiri tanaman cabai ini. Jika anda hanya ingin untuk kebutuhan sendiri pun juga bisa disesuaikan saat anda melakukan pembibitan cabai.Baca Juga Cara Budidaya Cabai Dalam Polybag

Advertisement
Cara Pembibitan Segala Jenis Tanaman Cabai | admin | 4.5