Cara Perawatan Tanaman Lidah Mertua

Cara Perawatan Tanaman Lidah Mertua Yang Wajib Diketahui – Tanaman hias daun lidah mertua merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di pekarangan rumah. Tanaman yang memiliki nama latin sanseviera ini memiki bentuk yang unik seperti sebilah keris.

Advertisement

Masyarakat jawa biasanya menyebut tanaman ini dengan sebutan tanaman keris-kerisan karena memiliki bentuk daun yang menjulur ke atas dan keras. Selain karena bentuk yang panjang, tanaman ini mempunyai corak tutul-tutul dan pinggiran daun yang berwarna kekuningan.

Cara perawatan tanaman hias daun lidah mertua sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan perawatan yang dilakukan sesuai dengan kondisi tanaman tersebut.Cara Perawatan Tanaman Lidah Mertua

Dengan melakukan perawatan yang tepat, tanaman hias daun lidah mertua akan tumbuh dengan subur dan dapat berkembang biak dengan baik dan cepat.

Inilah beberapa cara perawatan tanaman hias daun lidah mertua yang praktis dan tidak merepotkan pemilik tanaman hias.

Cara perawatan tanaman hias daun lidah mertua yang pertama adalah dengan meletakkan di tempat yang cukup terkena sinar matahari. Tanaman sanseviera membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Apabila tanaman hias daun lidah mertua ini ditanam di dalam ruangan, sebaiknya tanaman ini dikeluarkan dan dijemur di tempat yang terkena sinar matahari. Hal ini agar tanaman tersebut mudah melakukan perkembangbiakan secara alami.

Advertisement

Kegiatan menjemur tanaman ini bisa dilakukan minimal satu kali dalam seminggu. Memberi kehangatan pada tanaman hias daun lidah mertua juga dapat menghindari warna daun yang memudar.

Cara perawatan tanaman hias daun lidah mertua yang kedua adalah menyiram seperlunya. Tanaman hias daun lidah mertua sebetulnya tidak membutuhkan penyiraman yang banyak.

Karena apabila penyiraman dilakukan secara berlebihan bisa jadi tanaman ini akan membusuk. Penyiraman dilakukan secukupnya paling tidak satu kali dalam sehari pada saat terkena terik matahari. Apabila pada saat musim penghujan, sebaiknya penyiraman dilakukan 2 hari sekali.

Cara perawatan tanaman hias daun lidah mertua selanjutnya yaitu memangkas daun agar terlihat rapi. Perkembangbiakan tanaman hias daun lidah mertua cukup cepat. Biasanya dalam satu pot, akan dipenuhi dengan daun yang tumbuh subur.

Agar tanaman hias ini terlihat rapi, memangkas adalah pilihan terbaik yang dapat dilakukan. Cara perawatan tanaman hias daun lidah mertua yang praktis selanjutnya yaitu dengan melakukan perkembangbiakan stek daun.

Melakukan perkembangbiakan stek daun dapat dilakukan dengan menanam kembali tunas-tunas yang tubuh pada pot tanaman hias daun lidah mertua. Dengan perkembangbiakan tunas baru akan membuat tanaman yang sudah tua tumbuh subur kembali.

Cara perawatan tanaman hias daun lidah mertua yang terakhir adalah dengan mengatur jarak tanaman. Untuk menunjang pertumbuhan tanaman hias daun lidah mertua, pastikan jarak antara pot yang satu dan yang lainnya tidak terlalu dekat.

Jarak yang terlalu dekat membuat tanaman hias daun lidah mertua menjadi lebih lama tumbuh. Jarak penanaman tanaman ini yang efektif adalah sekitar 20cm.

Nah, itulah beberapa cara untuk merawat tanaman hias daun lidah mertua di pekarangan rumah. Terimakasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada kawan Anda.

Advertisement
Cara Perawatan Tanaman Lidah Mertua | admin | 4.5