Cara Sambung Batang Bunga Adenium Secara Benar

Sambung batang bunga adenium– Selain menggunakan teknik menggunakan biji,Jenis bunga adenium juga bisa kita perbanyak dengan cara sambung batang atau yang biasa di sebut okulasi.Dalam tulisan saya sebelumnya juga sudah sangat jelas saya jelaskan mengenai cara pembibitan bunga adenium menggunakan biji.

Advertisement

Jika anda belum membaca cara semai biji bunga adenium baca Dulu Disini supaya pengetahuan serta ilmu mengenai hal pembibitan bunga adenium ini lebih komplit,nantinya anda tinggal mempraktekan saja di rumah..

Dalam tata cara sambung batang bunga adenium secara benar agar hasil yang kita dapat nantinya cukup memuaskan,maka gunakan teknik serta trik kusus yang akan kami berikan panduan lengkapnya di bawah..saya harap tulisan ini anda baca sampai habis,supaya mengerti akan maksud dan pemahaman yang telah saya tuliskan.Cara Sambung Batang Bunga Adenium Secara Benar

Dalam metode sambung batang ini,hasil yang akan kita dapatkan juga lebih bagus dari pada pembibitan menggunakan biji,Kenapa??sebab,selain tidak makan waktu yang cukup lama,kita bisa memilih dan menentukan jenis bunga yang paling bagus untuk kita lakukan sambung batang..

Beda halnya dengan cara semai biji,yang belum tentu mengetahui kualitas bibit yang di hasilkan nantinya..ibarat kita menabur jala dalam air keruh,yang belum tentu ada ikan nya..begitulah ibaratnya..

Selain itu,jika kita menggunakan metode sambung batang ini,akan lebih cepat menghasilkan bibit adenium dalam waktu yang relatif singkat.sangat cocok jika di aplikasikan bagi anda yang sedang menggeluti bisnis Jual Beli tanaman hias kususnya adenium ini..Cara Sambung Batang Bunga Adenium Secara Benar

Cara Sambung batang bunga Adenium.

Supaya tidak banyak bicara yang mungkin saja anda juga tidak akan membacanya,baiklah cara pembibitan bunga adenium menggunakan metode sembung batang ini langkah demi langkah yang bisa anda tempuh adalah sebagai berikut.

Advertisement
  • Carilah bunga adenium yang memiliki ukuran batang yang relatif besar,sehat dan tidak cacat.
  • Batang yang lebih besar,untuk kita gunakan bagianbawah,lalu potong batang tersebut menyerupai Huruf V,Ingat gunakan pisau yang streril dan tajam.
  • Untuk sambungan batang atas,juga cari adenium yang sehat,tidak cacat,jika banyak ranting dan daunnya,sebaiknya anda potong saja,tinggalkan satu atau dua daun saja.lalu potong batang kebalikan Huruf V supaya bisa masuk dengan sempurna saat di lakukan penyambungan nantinya.
  • Setelah kedua batang bawah dan atas telah siap kita potong,selanjutnya langsung bisa kita satukan kedua batang tersebut,lalu ikat menggunakan tali plastik..Ikat yang kuat,supaya tidak goyang saat terkena angin.
  • Selanjutnya,bisa anda lakukan sungkup menggunakan plastik bening transparan hingga beberapa hari kedepan.penyungkupan paling tidak selama 7 hari.
  • Nah,setelah 7 hari,sungkup plastik tersebut bisa anda buka lalu letakan batang sambungan tersebut di area yang teduh serta memiliki sirkulasi udara yang cukup.
  • Selesai..Biasanya dalam 2-3 bulan,sambungan adenium tersebut akan segera mengeluarkan tunas daun baru serta akan segera mengeluarkan bunga pertamanya..Cara Sambung Batang Bunga Adenium Secara Benar

Hal-hal yang mungkin perlu anda perhatikan saat melakukan sambung batang bunga adenium ini antara lain berupa peralatan yang akan anda gunakan,usahakan pisau untuk pemotongan menggunakan pisau tajam dan steril

Untuk menyeterilkan pisau bisa anda lakukan dengan mengeclupkan ke cairan alko-hol sebelum anda gunakan untuk melakukan pemotongan..selain pisau dalam tata cara melakukan penyatuan kedua batang adenium tersebut juga harus anda lakukan secara cepat..

Jika di biarkan terlalu lama kedua potongan batang tersebut,nantinya bisa terkontaminasi dengan berbagai virus dan bakteri,jadinya batang akan mudah mengalami kebusukan.

Baca juga: Pembibitan Tanaman bunga adenium semai biji

Satu lagi yang perlu di perhatikan..Dalam melakukan penyiraman,sebaiknya siram secukupnya saja,jangan terlalu berlebihan memberikan air.untuk masa tahap ini,penyiraman bisa anda lakukan selama 2 hari sekali saja..semoga berguna…salam..

Advertisement
Cara Sambung Batang Bunga Adenium Secara Benar | admin | 4.5