Cara Sambung stek Bunga Adenium supaya Unik

Cara Sambung stek Bunga Adenium supaya Unik – Mempercantik tanaman bunga adenium yang unik dengan teknik sambung atau stek ini merupakan sesuatu yang wajib di lakukan oleh para pencinta tanaman hias bunga adenium.

Advertisement

Karena jika tanaman adenium tersebut sudah memiliki bentuk yang unik, maka hal yang harus kita lakukan ialah mempercantik tanaman adenium bisa sambung batang atau stek akar agar bukan hanya terlihat unik, tetapi juga menarik dan memiliki harga mahal..

Untuk mendapatkan ekspresi yang nyata pada bentuk tanaman Bunga hias adenium ini bukan lah hal yang sangat mudah untuk di lakukan oleh semua orang. Hanya orang-orang yang mengetahui tekniknya saja yang dapat membentuk tanaman adenium hingga mendapatkan ekspresi yang nyata.

Pembentukan ekspresi tanaman agar terlihat nyata ini juga harus membutuhkan perawatan dan perlakuan yang khusus pada tanaman adenium tersebut, agar ekspresi nyata tersebut terlihat dengan jelas.Cara Sambung stek Bunga Adenium supaya Unik

Cara Sambung stek Bunga Adenium supaya Unik

Dalam melakukan proses pembentukan pada tanaman bunga adenium ini harus di butuhkan seni pengkreasian yang tinggi. Seperti halnya melakukan penyambungan batang pada tanaman adenium tersebut. Penyambungan batang bunga adenium ini berfungsi agar pembentukan yang di lakukan tersebut memiliki ekspresi yang terlihat seperti nyata.

Agar penyambungan ini terlihat seperti nyata, maka kita harus memilih jenis batang adenium yang serupa dengan jenis batang tanaman adenium yang akan di sambungkan tersebut.

Pastinya dalam melakukan penyambungan ini harus di lakukan secara hati-hati dan benar. Jika penyambungan ini tidak di lakukan secara hati-hati, maka kulit adenium akan mudah sekali untuk robek hingga dapat menyebabkan tanaman adenium menjadi busuk dan juga dapat menyebabkan kematian pada tanaman adenium tersebut.

Penyambungan batang bunga ini harus di lakukan sesuai dengan bentuk dan tema yang akan di buat. Jika penyambungan ini di lakukan tidak sesuai dengan bentuk tanaman tersebut, maka yang di hasilkan nantinya tidak akan terlihat seperti ekspresi yang nyata atau sungguhan.Simak Juga Jenis Adenium Arabicum Bonsai Murah Sampai Termahal

Teknik Sambung Batang Bunga Adenium

Untuk melakukan penyambungan ini pun tidak boleh menggunakan jenis batang tanaman yang sembarangan. Maka dari itu harus ada persyaratan untuk tanaman adenium yang akan di sambung tersebut. Berikut ini merupakan beberapa jenis persyaratan yang harus di setujui sebelum melakukan penyambungan :Cara Sambung stek Bunga Adenium supaya Unik

  • Batang bawah yang akan di gunakan sebagai penyambungan tersebut harus kuat dan kokoh, agar pada saat penyambungan di lakukan tanaman tersebut tidak akan mudah goyang.
  • Batang sambungan dengan batang aslinya harus memiliki sifat yang sama, alias keduanya tidak jauh berbeda antara satu dengan yang lainnya.
  • Batang bawah  adenium tersebut harus memiliki bentuk yang menarik serta unik, bukan hanya itu saja bonggolan batang bawah tersebut juga harus memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran batang adenium pada bagian atasnya.
  • Usahakan pilih lah jenis batang tanaman yang tidak terserang hama maupun penyakit, agar proses penyambungan nantinya dapat berjalan dengan lancar.
  • Pemilihan  cabang batang adenium ini boleh tidak sewarna, agar adenium tersebut terlihat unik dan tentunya menarik untuk di lihat.

Tips Membentuk Bunga Adenium dari batang dan akar.

Dalam hal melakukan pembentukan pada tanaman hias adenium harus melalui beberapa tahap yang harus di lakukan dengan baik dan benar. Tahap atau proses pembentukan tersebut seperti melakukan penyambungan, pengawatan, pembentukan akar dan bonggolan dan yang terakhir ialah melakukan pemberian aksesori..baca juga Ciri Khas Dan Syarat Hidup Bunga Adenium

Cara Sambung stek Bunga Adenium supaya Unik

Pada tahap pembentukan ini yang paling terpenting dan paling tersulit ialah ketika tahap penyambungan di lakukan. Jika kita salah dalam menentukan jenis bonggolan atau batang yang akan di sambung tersebut, maka pembentukan tanaman tersebut akan terlihat tidak bagus atau tidak menarik.

Jika proses penyambungan tersebut di rasa telah baik atau sudah terlihat menarik, maka tahap selanjutnya yang dapat kita lakukan ialah melakukan pengawatan pada tanaman hias adenium tersebut. Pengawatan ini bertujuan agar tanaman tersebut dapat di bentuk dengan posisi yang sesuai.

Pengawatan ini juga bertujuan agar batang atau cabang yang di lilit dengan menggunakan kawat ini mengarah sesuai dengan apa yang kita inginkan. Biasanya kawat yang di gunakan untuk melakukan pengawatan ini ialah kawat yang memiliki ukuran yang kecil.

Karena kawat yang berukuran kecil ini dapat membentuk tanaman adenium dalam kurun waktu yang sangat cepat. Selain itu, dalam hal melakukan pengawatan ini sebaiknya kawat yang di lilitkan tersebut tidak boleh terlalu ketat, karena jika terlalu ketat, maka kulit tanaman tersebut akan mudah terluka sehingga dapat menyebabkan pembusukan pada tanaman tersebut.

Pembentukan akar dan bonggol bunga Adenium

Advertisement

Setelah semua selesai di lakukan dengan baik dan benar, maka yang selanjutnya harus kita lakukan ialah membentuk akar dan bonggol pada tanaman adenium tersebut. Pembentukan akar dan bonggol ini biasanya merupakan media yang paling terpenting dalam hal melakukan pembentukan.Baca juga 10 Kelebihan Bonsai Bunga Adenium

Jika pembentukan akar dan bonggolan pada tanaman adenium ini berhasil di lakukan dengan cara yang baik dan benar, maka akar dan bonggolan tersebut akan menjadi sesuatu yang paling terlihat menarik di antara pembentukan lainnya.Cara Sambung stek Bunga Adenium supaya Unik

Biasanya untuk pembentukan akar dan bonggolan ini bisa di lakukan dengan cara memperbesar akar dan bonggolan tersebut. Biasanya perbesaran akar dan bonggolan ini di lakukan dengan cara memberikan pot atau wadah ganda pada akar dan bonggolan pada tanaman adenium tersebut.

Pemberian aksesori pada Bunga Adenium

Pemberian aksesori ini sebenarnya tidak begitu di pentingkan dalam melakukan hal pembentukan tanaman adenium ini.

Aksesori yang di berikan pada tanaman ini hanya berfungsi sebagai penunjang tanaman hias tersebut, maka dari itu alangkah baiknya jika kita memberikan aksesori pada pembentukan tanaman adenium tersebut.

Aksesori penunjang yang dapat di gunakan tersebut seperti memberikan pita pada bagian tanaman tersebut. Selain itu pada karakter hewan, kita bisa memberikan aksesori mata. Aksesori mata yang akan kita berikan tersebut akan membuat penampilan adenium tersebut menjadi semakin terlihat nyata.

Perawatan Bunga Adenium Supaya cantik Dan terlihat Unik.

Perawatan untuk jenis tanaman adenium ini harus di lakukan dengan baik dan benar. Karena perawatan yang baik dan benar ini juga merupakan suatu kunci sukses dalam hal melakukan penanaman adenium. Jika perawatan adenium ini di lakukan sesuai dengan ketentuannya, maka keunikan tanamman adenium tersebut akan tetap terjaga.Cara Sambung stek Bunga Adenium supaya Unik

Untuk hal perawatan tanaman adenium ini biasanya di lakukan seperti tanaman hias pada umumnya. Perawatan yang di lakukan tersebut seperti melakukan penyiraman, pemupukan, penyiangan, serta melakukan pemangkasan pada tanaman hias adenium tersebut.

Tetapi perawatan yang di lakukan pada tanaman hias adenium ini harus sesuai dengan waktu yang telah di tentukan, alias perawatan ini tidak boleh di lakukan dengan sembarangan cara atau harus sesuai dengan tahap-tahap yang telah di tentukan.Baca juga 15 Bonsai Adenium Unik Harga Mahal

Berikut ini merupakan beberapa penjelasan tentang perawatan tanaman hias adenium tersebut. Jika anda ingin mengetahuinya, maka anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :

Penyiraman harian bunga adenium.

Penyiraman ini merupakan sesuatu hal yang rutin di lakukan pada semua jenis tanaman termasuk tanaman adenium. Tetapi bedanya pada tanaman adenium ini ialah penyiramannya hanya di lakukan satu kali dalam dua hari.

Jika penyiraman ini di lakukan setiap hari seperti tanaman pada umumnya, maka yang akan terjadi nantinya ialah batang tanaman atau akar tanaman adenium tersebut dapat mengalami pembusukan. Biasanya air yang di gunakan untuk penyiraman ini ialah air sumur.

Pupuk terbaik untuk adenium

Selain dari penyiraman, hal yang dapat di lakukan selanjutnya ialah melakukan pemupukan. Pemupukan yang di lakukan ini ialah sekenis pupuk kandang dan pupuk yang mengandung unsur hara. Untuk pemberian pupuk ini pun tidak boleh di lakukan secara berlebihan, karena itu akan dapat merusak bonggolan tanaman adenium tersebut.Cara Sambung stek Bunga Adenium supaya Unik

Untuk pemupukan ini biasanya baru dapat di lakukan sekitar satu bulan sekali. Jika di lakukan setiap seminggu sekali, maka itu akan merusak bonggolan yang ada pada tanaman tersebut sehingga dapat menyebabkan pembusukan pada batang tanaman adenium yang telah di bentuk tersebut.

Pemangkasan cabang batang adenium

Bukan hanya itu saja, tahap pemeliharaan yang di lakukan selanjutnya ialah melakukan pemangkasan. Pemangkasan ini biasanya di lakukan agar tanaman adenium memiliki tunas yang baru, sehingga tanaman tersebut terlihat seperti awet muda selalu.

Selain itu, pemangkasan ini juga bertujuan agar tanaman tersebut tidak mudah terserang oleh hama dan penyakit. Tetapi jika tanaman tersebut sudah terlanjur terserang hama atau pun penyakit, maka pemangkasan pun juga dapat di lakukan kapan saja.Cara Sambung stek Bunga Adenium supaya Unik

Biasanya untuk tanaman yang normal dapat di lakukan pemangkasan sekitar 2 bulan sekali. Tetapi itu tidak menjadi pedoman, pemangkasan ini juga boleh di lakukan apabila batang atau cabang pada tanaman adenium tersebut telah pantas untuk memasuki masa pemangkasan.

Usahakan pada saat pemangkasan, daun yang ada pada tanaman tersebut jangan di sisakan satu pun, agar tunas yang baru dapat keluar dengan cepat.demikian Cara Sambung stek Bunga Adenium supaya Unik semoga bisa berguna dan bermanfaat..baca juga Teknik Membentuk Bunga Adenium Unik

Advertisement
Cara Sambung stek Bunga Adenium supaya Unik | admin | 4.5