Cara Sederhana Membuat Tanaman cepat Berbuah Lebat

Cara Sederhana Membuat Tanaman cepat Berbuah Lebat – Tanaman yang cepat berbuah bukan karena tidak ada sebab. Pasti ada sebab mengapa tanaman cepat berbuah. Lantas, apa-apa saja faktor yang menyebabkan tanaman cepat berbuah? Faktor-faktor yang menyebabkan tanaman cepat berbuah adalah sebagai berikut.

Advertisement

Faktor penyangkokan dan penyambungan Tanaman Buah

Faktor penyangkokan dan penyambungan bisa menjadi penyebab mengapa tanaman dapat cepat berbuah. Pertumbuhan secara vegetatif memang lebih cepat daripada pertumbuhan secara generatif. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tanaman dapat tumbuh secara vegetatif.

Caranya adalah dengan melakukan pencangkokan dan penyambungan serta beberapa cara lainnya. Pencangkokan biasanya dilakukan untuk tanaman yang telah berusia belasan tahun atau tanaman yang telah dewasa. Cabang yang dipakai tidak boleh sembarangan. Untuk cabang yang dipakai saja harus berukuran sebesar lengan.

Cara Sederhana Membuat Tanaman cepat Berbuah Lebat

Sedangkan untuk tinggi yang disarankan adalah lebih kurang dua meter. Cabang yang seperti itulah yang bagus untuk dilakukan pencangkokan. Biasanya, benih cangkokan ketika ditanam langsung ditanah atau dilahan maka bibit tersebut akan langsung berbuah. Sayangnya, tidak semua tanaman dapat dicangkok.Baca juga Cara Menanam Kacang Panjang Panduan Pemula

Hanya beberapa tanaman saja seperti mangga dan beberapa tanaman lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya pemilik tanaman akan melakukan penyambungan batang. Proses penyambungan biasanya disebut dengan beberapa istilah seperti okulasi, susuan, dan grafting. Dengan menggunakan teknik menyambung pun tanaman juga akan tumbuh dan berbuah dengan cepat.

Faktor genetik tanaman buah

Setiap tanaman pasti berasal dari indukan yang berbeda. Setiap indukan memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada sebagian tanaman yang sifat induknya menurunkan kepada sifat anaknya. Sifat tersebut tidak bisa dirubah lagi karena memang sudah dibentuk dari induknya.

Sifat induk ada yang bagus dan ada pula yang tidak bagus. Indukan yang cepat berbuah biasanya akan turun ke anaknya. Dengan begitu, anakannya akan tumbuh dengan sifat cepat berbuah. Dibandingkan dengan tanaman yang tidak cepat berbuah, biasanya anakan yang diturunkan dari induknya sifat cepat berbuah akan berbuah setelah 3 atau 4 tahun.

Cara Sederhana Membuat Tanaman cepat Berbuah Lebat

Atau sesuai dengan umur tanaman pada umumnya. Sedangkan untuk tanaman yang tidak memiliki sifat berbuah akan berbuah setelah berumur 7 hingga 9 tahun atau sesuai dengan umur tanaman tersebut.

Faktor penyinaran dan pengairan tanaman buah

Faktor penyinaran dan pengairan juga berpengaruh tanaman cepat atau tidaknya berbuah. Setiap tanaman memiliki sifat masing-masing. Ada yang bersifat tidak menyukai diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari dan ada juga tanaman yang suka ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari.

Begitu pula dengan pengairan. Pengairan pada umumnya dapat dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Namun lagi-lagi harus disesuaikan dengan sifat tanaman tersebut tahan terhadap kelembapan yang tinggi atau tidak.Tulisan terkait Cara Menanam Kecipir Panduan Lengkap pemula

Jika tidak tahan dengan kelembapan tinggi, sebaiknya pengairan disesuaikan dengan keadaan tanah. Jika tanah lembap, sebaiknya jangan dilakukan pengairan. Begitu pula sebaliknya, jika tanah kering sebaiknya pengairan dilakukan.

Advertisement

Cara Sederhana Membuat Tanaman cepat Berbuah Lebat

Kelebihan kekurangan Mempercepat Tanaman Berbuah

Mempercepat pembuahan telah dilakukan oleh sebagian petani. Bahkan, mayoritas petani melakukan perbanyakan buah supaya menghasilkan buah yang lebih banyak lagi dengan waktu yang sesingkat mungkin. Namun, setiap hal yang baru pasti ada sedikit masalahnya. Walaupun hanya sedikit, tetapi pasti tidak lepas dari yang namanya masalah.

Begitu juga dengan cara mempercepat pembuahan. Mempercepat pembuahan pada tanaman biasanya dilakukan pada saat tanaman masih muda. Dari situlah tanaman akan terangsang untuk berbuah secara cepat. Namun seperti yang telah disebutkan diatas, mempercepat pembuahan bukan tidak ada resikonya.

Pasti ada resiko walaupun hanya sedikit. Bahkan, ada juga resiko yang sangat parah yang mengakibatkan tanaman menjadi mati. Oleh karena itu, untuk menghindari resiko dari mempercepat pembuahan, sebaiknya pemilik tanaman harus melakukan proses mempercepat pembuahan dengan teliti dan cermat. Dengan begitu, tanaman tidak akan mengalami resiko akibat mempercepat pembuahan.

Cara Sederhana Membuat Tanaman cepat Berbuah Lebat

Setiap tanaman memiliki reaksi yang berbeda-beda ketika cara mempercepat pembuahan dilakukan dengan salah. Bahkan, jenis tanaman yang sama pun dapat berbeda-beda reaksinya.Baca juga Cara Menanam Tomat Pot Polybag Rumahan

Hal yang wajib di perhatikan sebelum membuahkan tanaman

Lantas, apa-apa saja resiko yang akan didapatkan oleh tanaman ketika pemilik tanaman mempercepat pembuahan dengan cara yang salah? Ada beberapa resiko yang akan didapatkan oleh tanaman jika pemilik tanaman mempercepat pembuahan dengan cara yang salah. Beberapa resiko tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bekas sambungan akan menyebabkan masuknya patogen. Patogen merupakan penyebab hama dan penyakit yang menyerang tanaman. Contohnya seperti tanaman durian.
  • Sambungan dapat menyebabkan tanaman menjadi tumbuh keril.
  • Pencekikan yang terlalu kuat akan menyebabkan tanaman menjadi terangsang. Bahkan ada juga tanaman yang sampai mati akibat pencekikan yang terlalu kuat pada batang.
  • Pada umumnya, bibit yang berasal dari cangkokan akarnya tidak kokoh seperti bibit yang berasal dari bukan cangkokan atau berasal dari bibit generatif.
  • Pada saat memupuk tanaman tetapi pupuk yang diberikan salah, akan menyebabkan tanaman menjadi tidak berbuah lagi.
  • Tanaman akan menjadi stres kemudian rusak apabila tanah pada tanaman menjadi kering atau terlalu lembap akibat pengairan yang salah.
  • Pemberian pupuk nitrogen atau yng lebih dikenal dengan sebutan pupuk N akan menyebabkan tanaman menjai tumbuh terlalu subur. Ingatlah, tanaman yang tumbuh terlalu subur tidaklah baik. Bahkan menyebabkan tanaman menjadi tidak mau untuk berbuah.
  • Kemauan si pemilik tumbuhan yang menginginkan tanamannya untuk cepat berbuah dan berproduksi tinggi akan menyebabkan tanaman menjadi berumur lebih pendek lagi. Awal-awal pembuahan memang tanaman masih berbuah banyak. Namun, semakin lama dari tahun ke tahun produksi  tanaman akan berkurang. Setelah tidak produktif lagi, biasanya tanaman akan mati. Untuk menghindari hal tersebut, lakukanlah peremajaan pada tanaman supaya tidak langsung mati.
  • Penggunaan hormon perangsang supaya dapat berbuah atau berproduksi tinggi yang berlebihan akan menyebabkan tanaman menjadi rusak.

Nah inilah Cara Sederhana Membuat Tanaman cepat Berbuah Lebat serta kelebihan dan kekurangan jika kita mempercepat pembuahan suatu tanaman buah yang harus anda perhatikan,Mungkin hanya ini saja semoga bisa berguna dan membantu..Tulisan terkait lain Supaya Melon Besar Kotak Dan Memiliki Rasa Manis

Advertisement
Cara Sederhana Membuat Tanaman cepat Berbuah Lebat | admin | 4.5