Cara Setek Batang Bunga Adenium Cepat Tunas

Setek batang Bunga Adenium– Dalam tulisan kali ini masih sama mengenai topik bunga adenium,namun pembabaran ini bukan mengenai stek batang maupun semai biji seperti yang sudah saya tuliskan kemarin,melainkan Cara setek batang bunga adenium cepat tunas yang banyak di idamkan oleh banyak orang kususnya masyarakat wanita..

Advertisement

Stek batang dan sambung batang pada bunga adenium berbeda,namun hampir sama,untuk setek sendiri hanya membutuhkan tanaman sehat yang akan kita potong batangnya lalu kita tancapkan pada media tanaman yang telah kita sediakan,Intinya lebih mudah dan praktis..

Nah,untuk sambung batang sendiri adalah mengabungkan dua batang adenium yang berbeda yang dalam tata cara teknik pelaksanaanya juga tergolong lebih rumit dan memerlukan ketelitian yang lebih.Cara Setek Batang Bunga Adenium Cepat Tunas

Cara setek batang bunga adenium ini tergolong cara yang paling mudah untuk mencetak bibit baru,sebab kita tidak membutuhkan alat apapun kecuali pisau sebagai bahan pemotongan batang adenium yang nantinya akan kita pilih di lakukan setek.

Untuk masalah kualitas semua tergantung dari jenis batang adenium itu sendiri,artinya jika kualitas batang yang kita pilih bagus,sehat dan tanpa cacat,hasil ahir yang akan kita dapat juga akan sesuai harapan kita sebelumnya,,memuaskan..

Tidak perlu melakukan kursus atau pelatihan kusus untuk melakukan setek batang bunga adenium ini..yang utama dan paling penting,anda memiliki jenis bunga adenium ini serta menyiapkan pisau yang tajam saja,sudah bisa melakukan penyetekan dengan sangat mudah..

Intinya tidak ada modal yang akan kita kaluarkan untuk setek adenium yang penting ada kemauan dan menggunakan metode secara benar supaya hasil yang akan kita dapat sangat mengembirakan..

Advertisement

Cara Stek Batang Bunga Adenium.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas,Anda tidak memerlukan alat kusus dan mengeluarkan modal,namun jika mengiginkan kualitas yang sedikit lebih bagus dan sesuai standar kusus melakukan penyetekan adenium,mungkin yang anda butuhkan adalah sedikit alko-hol murni dan larutan perangsang akar saja sebagai penyeteril alat pisau tersebut..Cara Setek Batang Bunga Adenium Cepat Tunas

Langkah setek batang yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Carilah induk adenium yang sehat,tanpa cacat dan memiliki batang yang lurus.
  • Setelah dapat tanaman seperti di atas,lalu potong menggunakan pisau tajam sesuaikan sendiri ukurannya,bisa menggunakan ukuran 25 cm saja.
  • Jika batang tersebut memiliki daun serta ranting yang cukup banyak,silahkan di biang dengan cara anda potong bagian pangkal dari ranting atau daun tersebut.sisakan 2-3 yang paling bagus saja.
  • Selanjutnya,setelah di lakukan pemotongan,bekas potong tersebut silahkan di celupkan pada larutan penumbuh akar atau perangsang akar yang bisa anda beli di toko bunga.
  • Untuk selanjutnya,jika sudah di potong dan di celupkan pada larutan perangsang akar,taruh potongan batang adenium tersebut di tempat yang sangat teduh kurang lebih 7 hari.
  • Setelah masa 7 hari,potongan batang bisa anda tanam dengan media tanam berupa sekam bakar campuran coco peat dengan dosis di bagi rata 1:1.
  • Selesai..

Sangat mudah dan tidak memerlukan teknik kusus untuk bisa melakukan setek batang pada jenis bunga adenium ini.namun dalam metode setek batang adenium ini,perlu sedikit pengetahuan lainya..antara lain.

Kusus untuk media tanam,jangan menggunakan media pupuk dulu yang bahan dari organik,media tanam yang kita gunakan juga harus steril dari berbagai jenis bakteri dan virus.

Baca juga: Cara sambung batang adenium secara benar

Dalam tata cara penyiraman,setek batang tidak boleh kebanyakan air,Intinya dalam melakukan penyiraman bisa kita lakukan dalam 2 hari sekali saja.memberikan air yang berlebihan nantinya bisa malah membuat batang adenium cepat busuk karena timbulnya bakteri..semoga membantu..

Advertisement
Cara Setek Batang Bunga Adenium Cepat Tunas | admin | 4.5