Cara Setek Batang Untuk Membuat Tanaman Bonsai

Setek batang tanaman bonsai-Setek batang merupakan cara yang paling efisien untuk membudidayakan tanaman. Walaupun agak rumit namun cara ini bisa dijadikan pilihan utama.

Advertisement

Beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh dengan menggunakan teknik setek ini adalah tak terkendala musim atau waktu, tanaman hasil setek baru memiliki unsur yang sama dengan induknya sehingga tidak perlu khawatir akan berubah jenis, dan proses setek batang ini bisa memperbanyak secara terus menerus.

Berikut ini merupakan cara setek batang untuk membuat tanaman bonsai yang bisa menjadi referensi anda. Sebelum pada cara setek batang untuk membuat tanaman bonsai maka anda bisa mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yaitu pilih tanaman sesuai keinginan anda bisa tanaman yang batangnya lunak, setengah lunak ataupun keras.Cara Setek Batang Untuk Membuat Tanaman Bonsai

Apapun pilihan anda pada akhirnya setek batang akan menghasilkan tanaman baru yang siap untuk dibudidayakan. Berikut ini cara setek batang untuk membuat tanaman bonsai :

  • Cara setek batang untuk membuat tanaman bonsai pertama, pilihlah batang yang kondisinya bagus yaitu belum terlalu tua dan bebas dari hama. Berikutnya anda bisa mengurangi daun pada bagian pucuk setek. Kemudian siapkan silet untuk meruncingkan bagian pangkal batang yang anda pilih.

  • Kemudian batang setek yang sudah anda runcingkan tadi, bisa anda celupkan selama beberapa menit kedalam larutan perangsang akar atau rootone F. Agar perkembangan bisa cepat.

    Advertisement
  • Cara setek batang untuk membuat tanaman bonsai tahap kedua ini, anda bisa menyiapkan media persemaian yaitu berupa pasir yang sudah sterilkan terlebih dahulu dalam wadah yang sesuai dengan jenis tamanan yang anda pilih.

  • Setelah itu buatlah lubang sesuai denang ukuran dari tanaman setek batang anda dan tanam satu persatu sesuai jumlah yang anda tentukan. Jarak bisa rapat karena wadah ini hanya sementara pada proses penyemaian saja.

  • Setelah selesai menyemai maka anda bisa mengerudunginya dengan menggunakan plastik. Cara setek batang untuk membuat tanaman bonsai dengan proses ini berfungsi agar kelembaban dalam media tanam anda sekaligus menjaga sinar matahari yang berlebihan.

  • Hal ini bisa anda lakukan selama dua bulan karena dalam waktu ini tanaman setek batang sudah berakar. Berikutnya anda bisa memindahkan tanaman yang sudah berakar tadi kedalam media pot atau polybag. Ketika anda telah sampai pada tahap ini berarti anda telah berhasil membuat tanaman baru.

  • Cara setek batang untuk membuat tanaman bonsai diatas hanya bisa anda lakukan dengan ketelatenan yang tinggi. Karena apapun yang kita lakukan semuanya membutuhkan ketelatenan sehingga hasilnya bisa maksimal. Jenis budidaya bonsai dengan setek batang merupakan peluang yang  bagus untuk bisnis.

Itulah beberapa cara setek batang untuk membuat tanaman bonsai yang selalu memiliki daya tarik dan tidak pernah lekang oleh waktu.

Tanaman bonsai ini selalu diburu orang sebagai hiasan rumah. Harganya yang mahal menjadikan tanaman ini merupakan tanaman bagi kelas menengah atas sehingga prospeknya sangat baik.

 

Advertisement
Cara Setek Batang Untuk Membuat Tanaman Bonsai | admin | 4.5