Cara Stek Batang Dan Semai Biji Anthurium

Bibit Anthurium-Cara yang paling mudah untuk kita menghasilkan bibit tanaman hias jenis anthurium adalah dengan cara semai biji dan cara setek batang..kedua cara inilah yang paling sering di gunakan sebagai alat penghasil bibit anthurium berkualitas..

Advertisement

Tanaman hias anthurium sendiri sebenarnya ada dua jenis yang yang beredar di indonesia,yaitu anthurium yang mengeluarkan bunga dan jenis anthurium daun tanaman hias tanpa bunga yang tergolong memiliki harga paling tinggi di antara jenis tanaman hias lainnya..

Dari kedua kelompok spesies anthurium tersebut syarat tumbuh juga tergolong berbeda,anthurium jenis bunga akan sangat bagus jika kita budidayakan di daerah dataran tinggi yang memiliki hawa dingin saat malam hari..Cara Stek Batang Dan Semai Biji Anthurium

lain halnya dengan jenis anthurium daun yang mampu hidup di mana saja,baik dataran rendah dan dataran tinggi,maka dari itu,kebanyakan orang akan lebih memilih jenis anthurium daun sebab lebih gampang dalam melakukan perawatan dan mampu hidup di segala cuaca..

Untuk masalah harga tidak usaha meragukan lagi,harga di pasaran bisa di patok hingga puluhan juta rupiah,apalagi jika anthurium tersebut sudah pernah menjadi gelar juara,harga sesuka hati pemiliknya mau di bandrol berapa saja pasti ada yang menawar..

Cara Pembibitan Anthurium dengan Semai biji

Sesuai kata saya sebelumnya,anthurium hanya bisa kita lakukan pembibitan dengan dua cara,yaitu setek dan semai biji,cara semai biji anthurium juga tidak sembarangan asal tabur saja,semua memerlukan teknik dan cara kusus supaya di hasilkan bibit yang berkualitas.Cara Stek Batang Dan Semai Biji Anthurium

Untuk melakukan pembibitan anthurium dengan teknik biji,maka perlu di perhatikan hal yang mungkin akan mengakibatkan biji tersebut tidak bisa tumbuh secara sempurna.langkah demi langkah yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut.Cara Stek Batang Dan Semai Biji Anthurium

  • Cari bunga biji anthurium yang telah benar-benar masak dengan di tandai warna merah pada daging buahnya serta warna kulit dari biji tersebut.cuci bibi tersebut hingga bersih.

    Advertisement
  • Untuk membasmi hama serta bakteri,lakukan perendaman pada biji anthurium tersebut selama 10 menit pada larutan fugisida.

  • Setelah anda rendam,lalu jemur atau angin-anginkan hingga biji tersebut kering kurang lebih 2-3 hari..

  • Setelah biji kering,sebar biji anthurium tersebut pada wadah yang sudah anda siapkan dengan media tanam sekam bakar di campur coco peat.

  • Lakukan penyiraman kembali setelah biji di taburkan menggunakan larutan fungisida.lalu selanjutnya bisa anda tutupi menggunakan tisu basah untuk menjaga kelembapan..

  • Tunggu beberapa minggu sampai benih tersebut mengeluarkan tunas baru,setelah mencapai daun 4-5,maka bibit anthurium bisa anda lakukan pemindahan kedalam pot yang lebih besar..

Bukan hanya itu saja,masih banyak hal lain yang perlu anda perhatikan supaya bibit bisa tumbuh dengan sempurna,perhatikan media tanam anda,sebaiknya gunakan media tanam yang steril untuk menghindari biji tersebut dari serangan jamur dan bakteri.

Dalam memilih biji anthurium,pastikan biji tersebut sudah benar-benar matang dengan di tandai dengan kulit atau seludang biji tersebut warna merah,biji yang belum masak,tidak akan bisa mengeluarkan tunas..ini yang perlu di ingat..

Cara Stek Batang Anturium.

Stek batang ini adalah cara yang lebih simpel dan tergolong lebih mudah dari pada menggunakan biji,cara stek batang anthurium langkah demi langkahnya sebagai berikut.Cara Stek Batang Dan Semai Biji Anthurium

  • Cari anthurium yang sehat tanpa cacat,lalu potong batang anthurium tersebut,ingat saat memotong akar juga harus ikut,usahakan setiap batang potongan memiliki mata tunas lebih dari satu biji.

  • Setelah di potongan,segera olesi bekas potongan anthurium tersebut menggunakan larutan fungisida untuk mencegah timbulnya jamur dan bakteri.

  • Selanjutnya potongan batang tersebut langsung bisa anda tanam dengan media sekam bakar campuran coco peat..lakukan penyiraman kembali dengan larutan fungisida.

  • Dalam waktu 40 hari saja,tunas baru dari potongan batang tersebut akan segera mengeluarkan tunas baru…selamat sekarang anda bisa melakukan pembibitan tanaman anthurium sendiri..

Tips penting.

yang mungkin anda ketahui dari stek batang anthurium ini adalah,saat melakukan pemotongan,induk batang anthurium jangan di potong habis,,sisakan satu atau dua daun supaya induk nantinya mampu mengeluarkan mata tunas baru..

Baca juga: Cara stek bunga anggrek vanda pemula

Alat yang anda gunakan saat melakukan pemotongan juga harus steril dan tajam,hal ini supaya sistem perakaran dan jaringan anthurium tidak mengalami kerusakan..mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan,semoga membantu…salam..

Advertisement
Cara Stek Batang Dan Semai Biji Anthurium | admin | 4.5