Cara Stek Dan Cangkok Tanaman Tomat Pot

Cara Stek Dan Cangkok Tanaman Tomat – Tanaman tomat bisa dikonsumsi sebagai buah-buahan maupun sayuran. Tanaman ini masih termasuk ke dalam keluarga solanaceae. Nama lain dari tanaman tomat yaitu solanum lycopersicum syn.

Advertisement

Lycopersicum escelentum, tomat berasal dari dataran tinggi pantai barat Amerika Selatan. Pada tanaman tomat, bagian batang dan daunnya tidak bisa dikonsumsi dikarenakan mengandung zat alkaloid karena masih family dengan kentang dan terung.

Dalimarta pernah menyatakan bahwa tanaman ini tidak tahan dengan sinar matahari yang terlalu terik, curah hujan yang tinggi.Cara Stek Dan Cangkok Tanaman Tomat Pot

Supaya buah tomat bisa tumbuh dengan baik, sebaiknya tanaman tomat di tanam pada daerah yang sejuk dan memiliki tanah yang gembur dan subur.

Tanaman tomat sendiri tergolong tanaman semusim (annual) yang memiliki umur pendek dimana tanaman ini hanya satu kali panen dan kemudian akan mati dengan sendirinya.

Oleh sebab itu, diperlukan adanya budidaya tanaman tomat supaya tidak kehabisan stok tanaman yang satu ini.

Untuk budidaya tanaman tomat bisa menggunakan cara mencangkok dan cara stek. Berikut penjabaran terkait cara budidaya tanaman tomat:

  1. Budidaya tanaman tomat dengan cara mencangkok

Apabila Anda ingin membudidayakan tanaman tomat dengan cara mencangkok yaitu:

Advertisement
  • langkah awal yang perlu dilakukan yaitu memilih pohon tomat yang sudah besar lagi tua serta memiliki percabangan banyak, bisa juga dengan menggunakan pohon tomat dimana batangnya terlalu panjang dan mau mati. Hal ini dikarenakan untuk meregenerasi tanaman tomat sehingga diperoleh tanaman yang baru supaya produksinya tetap berkelanjutan.
  • Lihat pohon tomat Anda, di bagian batang terdapat tonjolan-tonjolan yang bisa dijadikan sebagai bakal akar baru kemudian buatlah keratan melingkar kira-kira jaraknya 3 cm – 5 cm.
  • Kupaslah kulit batangnya hingga terlihat kambiumnya.
  • Bersihkan kambiumnya dengan cara dikerok
  • Keringkanlah cangkokan tersebut beberapa hari lalu tutuplah cangkokan tadi menggunakan tanah gembur yang ditutup dengan sabut kelapa atau plastik
  • Tunggulah beberapa hari saja hingga tumbuh akarnya.
  • Setelah tumbuh akarnya, baru potong dan tanamlah di pot. Jangan lupa untuk memberikan penyangga supaya tanaman tomat bisa tumbuh tegak dan kuat karena akar tanaman tomat ini sangan rentan terhadap goyangan.
  1. Budidaya tanaman tomat dengan cara stek

Cara budidaya tanaman tomat bisa dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan cara stek. Jika Anda memilih untuk budidaya tanaman tomat dengan cara menyetek berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah awal sama seperti cara mencangkok, yaitu dengan memilih pohon yang sudah tua dan besar supaya menghasilkan bibit baru yang lebih berkualitas.
  • Potonglah batang tomat yang memiliki tonjolan-tonjolan, karena tonjolan-tonjolan tersebut merupakan bakal akar yang baru
  • Kemudian simpan dan biarkan potongan-potongan batang tadi untuk dibiarkan beberapa hari. Ketika menyimpan potongan tadi jangan terlalu lama biar tidak menghasilkan akar supaya kelak tanaman tomat bisa tumbuh dengan baik.
  • Setelah itu baru tanamlah tanaman tomat pada tanah yang sebelumnya sudah dicangkul

Nah, itulah cara stek tanaman tomat yang dapat anda coba lakukan di rumah. Mudah bukan cara budidaya tanaman tomat dengan cara tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Advertisement
Cara Stek Dan Cangkok Tanaman Tomat Pot | admin | 4.5