Cara Stek-Sambung Tanaman Kaktus

Cara Stek-Sambung Tanaman Kaktus – Teknik budidaya kaktus dengan cara stek-sambung memiliki hasil tanaman yang lebih indah dan unik. Supaya hasil penanaman sesuai dengan yang anda inginkan anda bisa menyimak cara stek-sambung tanaman kaktus berikut:Cara Stek-Sambung Tanaman Kaktus

Advertisement

Menyiapkan alat dan bahan

Sebelum memulai cara stek-sambung tanaman kaktus kita harus mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Alat yang dibutuhkan untuk teknik penyambungan antara lain:

  1. Kuas untuk membersihkan batang kaktus yang akan disambung dari kotoran
  2. Silet atau pisau untuk mengiris batang bawah dan atas,
  3. Karet gelang untuk mengikat sambungan
  4. Pinset untuk meletakkan batang bagian atas pada batang bagian bawah
  5. Alcohol 7% untuk mensterilkan pisau
  6. Sarung tangan untuk melindungi tangan anda dari ketajaman duri kaktus

Batang yang akan anda gunakan untuk setek sambung sebaiknya berasal dari tanaman yang perakarannya banyak,  tahan terhadap pembusukan dan tanaman yang sehat.

Umumnya batang kaktus yang digunakan berasal dari spesies: C. Peruvianus dan Cereus Spachianus dan untuk batang bagian atas dari kaktus yang indah dan sesuai dengan keinginan anda.

Cara setek-sambung

Penyambungan dilakukan dengan cara stek-sambung tanaman kaktus dengan penyambungan mendatar dimana batang bagian atas yang hendak disambung berasal dari jenis kaktus semaian. Teknik penyambungan dilakukan pada lokasi yang teduh. Untuk lebih jelasnya antara lain:

Advertisement
  1. Ambil batang bawah kaktus yang telah diletakkan di pot, bersihkan kotorannya.
  2. Sayat bagian atas batang bawah secara mendatar dan sayat bagian sisinya dengan kemiringan 450 agar permukaannya lebih sempit. Karena dengan hal tersebut maka calon batang bagian bawah dan calon batang bagian atas akan mempunyai ukuran yang sama. Untuk ukurang batang bagian atas adalah sekitar 10 cm dan paling kecil adalah sebesar kelereng.
  3. Sayat sedikit diatas perakaran dan pangkal batang atas dengan mendatar sehingga akan menampakkan kambiumnya.
  4. Tempelkan pada batang bagian bawah yang tadi telah disiapkan sehingga membuat cambium keduanya menempel. Supaya kedua cambium terlekat dengan erat sebaiknya ikat kaktus dengan pot menggunakan karet gelang. Dan lakukan penempelan sesegera mungkin sebelum cambium kedua batang mongering.
  5. Siram media tanam dan taruh kaktus yang telah disambung pada kolong rak yang sedikit gelap
  6. Lepas karet pengikat kira-kira sekitar 4 hari kemudian
  7. Amati tanda kesuksesan teknik stek-sambung

Anda sudah bisa mengetahui tanda-tanda kesuksesan cara stek-sambung tanaman kaktus yang telah anda tanam pada 2 minggu pasca disambung.

Tanaman kaktus yang berhasil ditanam akan tetap segar, mulai tumbuh dan sehat. Jika gagal umumnya batang kaktus akan menyusut dan layu, bawahnya ditumbuhi tunas, sambungan tidak menyatu.

Letakkan pada tempat yang banyak cahaya matahari

Supaya pertumbuhannya bagus maka cara stek-sambung tanaman kaktus selanjutnya adalah dengan menempatkannya pada lokasi dimana kaktus bisa memperoleh cahaya matahari yang cukup.

Kaktus dengan teknik budidaya cara stek-sambung tanaman kaktus ternyata memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibanding 3 hingga 4 kali lebih cepat.

Untuk memperoleh kaktus dengan batang sebesar bola ping pong hanya membutuhkan waktu 8 hingga 12 bulan saja. Sedang dengan teknik penanaman yang langsung pada media anda harus menunggu 3 hingga 4 tahun  supaya batang yang dihasilkan sama besar. Nah, selamat mencoba ya.

 

Advertisement
Cara Stek-Sambung Tanaman Kaktus | admin | 4.5