Ciri Bibit Kelengkeng Bagus dan Cepat Berbuah

Ciri Bibit Kelengkeng Bagus dan Cepat Berbuah – Ciri bibit kelengkeng yang bagus – Salah satu kesalahan para petani kelengkeng adalah pemilihan bibit yang tidak tepat. Meskipun tanaman dirawat dengan sangat baik dan tepat, namun jika memang bibitnya tidak berkualitas maka hasilnya akan mengecewakan.

Advertisement

Maka dari itu sebelum menentukan untuk menanam kelengkeng harus memilih bibit dulu yang tepat yakni  jenis kelengkeng apa yang akan anda tanam.

Jika sudah maka anda harus mengenali terlebih dahulu ciri bibit kelengkeng yang bagus agar anda tidak salah lagi memilih bibit yang akan membuat tanaman anda gagal panen kembali. Berikut informasi tentang ciri bibit kelengkeng yang bagus:Ciri Bibit Kelengkeng Bagus dan Cepat Berbuah

Ciri Bibit Kelengkeng Bagus dan Cepat Berbuah

Bentuk batang

Ciri bibit kelengkeng yang bagus yang pertamaa adalah dilihat dari batang tanamannya. Pilihlah bibit dengan batang tebal batangnya memiliki kulit berwarna kecoklatan dan memiliki aura atau semacam garis tidak beraturan pada bagian kulit batang.

Kemudian pastikan batang tersebut memiliki teksture yang keras. Caranya dengan memang dan sedikit meijatnya, jika lunak maka bibit tersebut kurang bagus dan begitupun sebaliknya.

Bentuk daun

Ciri bibit kelengkeng yang bagus yang kedua adalah dilihat dari daunnya. Bibit tanaman kelengkeng yang baik memiliki daun yang lebat dan tidak mudah rontok. Jika bibit tersebut terlihat kering dan tidak berdaun lebat maka bibit tersebut bisa dikatakan kurang bagus.

Advertisement

Pilih bibit yang memiliki daun lebat, daunnya segar dan hijau. Coba goyangkan batang tanaman tersebut pelan-pelan. Jika daunnya mudah sekali rontok maka jangan pilih bibit tersebut.

Bentuk akar

Ciri bibit kelengkeng yang bagus yang ketiga adalah melihat akarnya. Salah satu ciri bibit yang bagus adalah memiliki akar yang kuat dan banyak. Cara melihat apakah akar tersebut kuat dan banyak adalah melihatnya secara langsung.

Biasanya bibit ditanam di polibek dan jika akarnya banyak maka ketika diangkat akan sangat terlihat. Jika akar tersebut banyak dan kuat maka bisa dipastikan bibit tersebut bagus.

Kondisi keseluruhan tanaman

Ciri bibit kelengkeng yang bagus yang keempat adalah melihat kondisi tubuhnya secara keseluruhan. Biasnaya bibit yang bagus memiliki tinggi 0,5 meter untuk jenis tanaman kelengkeng yang berbadan tinggi dan berukuran 0,3 meter untuk jenis kelengkeng pada umumnya.

Dengan melihat ukurannya setidaknya anda mengetahui gambaran mengenai kualitas bibit yang baik untuk anda tanam, karena bibit yang terlalu muda atau bibit yang terlalu tua tidak akan menghasilkan buah yang banyak.

Keberadaan bunga

Ciri bibit kelengkeng yang bagus yang terakhir adalah bibit sudah ada bunganya. Seringkali kita melihat bibit yang dijual di toko bunga atau toko bibit tanaman sudah berbunga. Hal ini justru lebih bagus karena jika bibit tersebut sudah berbunga berarti bibit tersebut memiliki kualitas baik.

Dengan begitu anda bisa langsung menanamnya dan tidak membutuhkan waktu lama untuk memanen buahnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa ciri bibit kelengkeng yang bagus yang bisa anda pilih ketika hendak menanam tanaman kelengkeng baik dalam jumlah yang banyak maupun sedikit. Dengan pemilihan bibit yang benar maka tanaman bisa tumbuh dengan baik dan berbuah lebat.demikian Ciri Bibit Kelengkeng Bagus dan Cepat Berbuah salam..

Advertisement
Ciri Bibit Kelengkeng Bagus dan Cepat Berbuah | admin | 4.5