Ciri Fisik Kelengkeng Kristal Varietas Unggul

Ciri Fisik Kelengkeng Kristal Varietas Unggul – Ciri fisik kelengkeng kristal – Kelengkeng memiliki beberapa jenis tanaman mulai dari jenis kelengkeng lokal dan non lokal. Salah satu jenis tanaman kelengkeng yang menarik banyak perhatian petani adalah kelengkeng jenis kristal.

Advertisement

Kelengkeng jenis ini termasuk ke dalam jenis unggul sehingga cocok untuk dibudidayakan para petani kelengkeng. Jenis tanaman ini cocok ditanam dataran tinggi karena membutuhkan pemboosteran untuk proses pembuahannya.

Hasil produksi jenis ini bisa menghasilkan buah 3-4 kg per pohonnya. Umumnya kelengkeng ini mulai berbuah setelah umur 1.5 tahun tergantung bibitnya. Biasanya, pembibitan tanaman kelengkeng jenis kristal ini dilakukan dengan dua cara.Ciri Fisik Kelengkeng Kristal Varietas Unggul

Pertama adalah dengan cara penyemaian biji, bibit yang dihasilkan dari penyemaiannya umumnya memiliki umur hidup yang lebih panjang dibandingkan bibit yang dicangkok. Hanya saja bibit dari penyemaian biji memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa berbuah. Selain itu bentuk pohonnya juga lebih besar dan bongsor.

Kedua adalah dengan cara pencangkokan. Bibit yang didapat dari hasil pencangkokan bisa lebih cepat berbuah, namun masa hidupnya lebih pendek dibanding dengan bibit hasil semai. Bibit yang dari pencangkokan ini hanya membutuhkan waktu 1-2 tahun saja untuk berbuah.

Ciri Fisik Kelengkeng Kristal Varietas Unggul

Berikut adalah ciri fisik kelengkeng kristal yang harus anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk memilih jenis kelengkeng yang akan ditanam.

Bentuk dompolan buah

Advertisement

Ciri fisik kelengkeng kristal bisa dilihat dari banyaknya ranting atau dompolan buah. Dompolan yang dihasilkan dari tanaman ini sangat banyak, membentuk butiran-butiran besar yang beratnya hingga 3-4 kg. Selain itu cirri jenis ini adalah buahnya yang berwarna coklat kekuningan, licin, berbutir-butir, kasar dan beronak.

Untuk daging buahnya cenderung tipis berwarna putih bening karena mengandung banyak air. Meskipun kelengkeng jenis ini memiliki buah yang besar namun bijinya tergolong kecil.

Bentuk daun

Ciri fisik kelengkeng kristal lainnya adalah dilihat dari bentuk daunnya yang lebih kecil dibanding jenis lain, memiliki tajuk yang menjuntai kebawah.

Ciri yang paling menonjol dari tanaman ini adalah pohonnya yang terlihat bongsor dan memiliki cabang-cabang besar. Selain itu daging buah dari jenis ini lebih tebal dibandingkan jenis lainnya.

Bentuk pohon

fisik kelengkeng kristal selanjutnya bisa dilihat dari pohon yang lebat dan memiliki banyak sekali buah. Hampir setiap rantingnya mengeluarkan buah yang jumlahnya sangat banyak. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai tanaman kelengkeng jenis ini.

Itulah beberapa ciri fisik kelengkeng kristal yang dilihat dari berbagai sudut. Jika anda hendak bertani kelengkeng maka, jenis tanaman kelengkeng kristal ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Baca Juga: Cara Budidaya Tabulampot Kelengkeng Rumahan

Selain bisa tumbuh di berbagai tempat, produksi buah yang dihasilkan juga sangat banyak yang pastinya akan sangat menguntungkan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa berkonsultasi dengan petani kelengkeng yang lebih berpengalaman.sekian Ciri Fisik Kelengkeng Kristal Varietas Unggul semoga bisa berguna..

Advertisement
Ciri Fisik Kelengkeng Kristal Varietas Unggul | admin | 4.5