Gajala Penyakit Bercak Hitam Bunga Anggrek

Gajala Penyakit Bercak Hitam Bunga Anggrek – Penyakit bercak hitam pada bunga anggrek merupakan penyakit yang disebabkan oleh cendawan Phytophthora cactorum. Pada umumnya penyakit bercak hitam ini hanya akan menyerang tanaman anggrek yang sudah dewasa. Namun, tidak menutup kemungkinan jika penyakit bercak hitam akan menyerang tanaman anggrek muda.

Advertisement

Apa akibatnya jika cendawan penyebab penyakit ini menyerang anggrek? Akibatnya adalah bagian dalam batang anggrek akan busuk. Apakah penyakit bercak hitam dapat menular pada tanaman anggrek yang sehat?

Ya, penyakit bercak hitam dapat menular. Penularan penyakit bercak hitam melalui media air dan alat-alat untuk memotong seperti pisau dan gunting yang tidak steril.

Pada saat musim hujan tiba, cendawan penyebab penyakit ini akan melancarkan serangannya. Mengapa pada saat musim hujan cendawan tersebut melancarkan serangannya? Karena pada saat musim hujan kelembapan udara tinggi.Gajala Penyakit Bercak Hitam Bunga Anggrek

Gajala Penyakit Bercak Hitam Bunga Anggrek

Pada saat musim penghujan air akan tergenang. Cendawan akan lebih mudah menyebarkan penyakit melalui aliran air. Karena itulah pada saat musim penghujan penularan penyakit bercak hitam lebih hebat daripada pada musim kemarau.Artikel terkait 4 Jenis Hama Anggrek Paling Mematikan

Namun tidak menutup kemungkinan jika penyakit bercak hitam ada pada saat musim kemarau. Jenis anggrek apa saja yang sering diserang oleh penyakit bercak hitam? Jenis anggrek yang sering diserang oleh penyakit bercak hitam adalah Oncidium, Cattleya, Vanda, Dendrobium, Paphiopedilum, dan beberapa jenis anggrek lainnya.

Advertisement

Pada awalnya cendawan penyebab penyakit ini akan menyerang pada bagian daun dan tunas saja. Jika dibiarkan satu atau dua hari, cendawan akan menyerang bagian tanaman lainnya dengan sangat cepat.

Contohnya saja cendawan akan menyerang pada bagian akar anggrek. Apabila serangan sudah mencapai akar, maka serangan akan cepat naik ke arah umbi semu.simak juga Pengendalian Penyakit Anggrek Bercak Daun Busuk Batang

Gejala apa yang ditimbulkan ketika penyakit bercak hitam menyerang tanaman anggrek? Gejala yang ditimbulkan adalah bagian daun anggrek akan berwarna hitam dan dikelilingi dengan warna kuning.

Ketika cendawan telah menyerang mengarah ke umbi semu, pertumbuhan tanaman anggrek akan melambat dan mengakibatkan tanaman anggrek menjadi kerdil. Jika tidak ditangani lebih lanjut, tanaman anggrek akan mati.

Pengendalian penyakit anggrek

Bagaimana cara menangani tanaman anggrek yang telah terlanjur terserang penyakit bercak hitam? Cara menanganinya adalah potong bagian tanaman anggrek yang sakit dengan menggunakan pisau atau gunting. Pisau atau gunting yang dipakai haruslah steril.

Cara menyeterilkan alat-alat yang digunakan untuk memotong bagian tanaman anggrek adalah dengan memasukkan alat-alat tersebut ke dalam larutan alkohol. Selain itu, sebelum dan sesudah pemakaiann harus dibakar.

Dengan cara menyeterilkan alat-alat yang digunakan untuk keperluan memotong tanaman anggrek maka bisa mencegah menularnya cendawan pada tanaman yang sehat apabila alat-alat tersebut dipakai kembali.

Apabila penyerangan sudah terlanjur dalam skala yang besar, sebaiknya semprot dengan menggunakan larutan fungisida pada bagian tanaman anggrek yang terserang penyakit bercak hitam.jangan lupa baca juga Membasmi Hama Hewan Pada Tanaman Anggrek

Advertisement
Gajala Penyakit Bercak Hitam Bunga Anggrek | admin | 4.5