Inilah Cara Menanam Lidah Buaya Secara Organik

Inilah Cara Menanam Lidah Buaya Secara Organik – Lidah buaya merupakan tanaman hias yang biasa ditanam banyak orang di pekarangan rumah. Lidah buaya memiliki nama latin aloe vera.

Advertisement

Karena lidah buaya memiliki banyak manfaat baik dibidang kecantikan maupun kesehatan, banyak orang yang menanam lidah buaya untuk dijadikan bisnis pertanian lidah buaya. Selain itu bentuk lidah buaya yang indah juga menjadikan tanaman ini digemari oleh sebagian pecinta tanaman hias.

Membudidayakan lidah buaya memang banyak dilakukan oleh petani lidah buaya. Mereka biasanya menggunakan pola organik.Inilah Cara Menanam Lidah Buaya Secara Organik

Hal ini karena cara menanam lidah buaya secara organik dianggap sebagai cara yang efektif dan bernilai ekonomis. Namun jangan khawatir, semua orang sebenarnya dapat menanam tananam lidah buaya di pekarangan rumah secara organik.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika seseorang hendak menanam tanaman lidaah buaya ini. Berikut cara menanam lidah buaya secara organik yang dapat langsung dipraktekkan di rumah.

Sebelum menanam lidah buaya, seseorang wajib mengetahui teknik dasar menanam dan pengetahuan dasar tentang karakter tanaman tersebut. Setelah mengetahui pengetahuan dasar tentang karakter berbagai macam tanaman maka langkah selanjutnya yaitu menerapkan beberapa cara menanam lidah buaya secara organik dibawah ini.

Advertisement

Cara pertama yaitu menyiapkan lahan dan mengolahnya. Persiapkan lahan di pekarangan rumah anda. Anda tidak perlu khawatir dengan lahan yang sempit.

Bila lahan yang tersedia tidak terlalu luas, maka gunakanlah lahan yang ada. Setelah lahan tersedia, olahlah lahan tersebut agar sirkulasi oksigen yang diperlukan perakaran tanaman semakin mudah.

Sebaiknya pengolahan tanah dilakukan pada saat musim kemarau. Cara menanam lidah buaya secara organik selanjutnya yaitu dengan memilih bibit lidah buaya yang berkualitas.

Ada beberapa varian bibit lidah buaya yang berkualitas di negara kita seperti barbadensis dan chinensis. Anda bisa menentukan sendiri bibit yang mana yang menurut anda terbaik untuk ditanam di pekarangan rumah anda.

Jika anda mengedepankan kandungan aloe vera dan bentuk fisiknya, sebaiknya anda menggunakan barbadensis. Hal yang harus diperhatikan ketika memilih bibit yang unggul siap tanam dan berkualitas adalah menyeleksi usia bibit yaitu sekitar 2-3 bulan dan memiliki ketinggian diatas 15 sentimeter.

Cara menanam lidah buaya secara organik ketiga adalah proses penanaman. Untuk memudahkan penanaman, sebaiknya menanam lidah buaya di lakukan di awal musim penghujan. Waktu penanaman yang paling baik yaitu pukul lima sampai semblan pagi dan pukul tiga sampai enam sore hari.

Anda bisa menancapkan bibit lidah buaya sedalam 5 sampai 7 sentimeter pada galian tanah. Cara menanam lidah buaya secara organik selanjutnya adalah pemupukan dan penyiraman.

Agar tanaman lidah buaya dapat tumbuh dengan subur dan cepat, pupuklah tanaman dengan pupuk organik padat maupun cair. Selain pemupukan, penyiraman yang teratur juga akan mempengaruhi perkembangbiakan tanaman lidah buaya.

Nah, itulah beberapa cara menanam lidah buaya secara organik yang praktis dan mudah dilakukan. Terimakasih telah membaca informasi ini dan jangan lupa untuk membagikan info ini kepada famili anda. Selamat mencoba.

 

Advertisement
Inilah Cara Menanam Lidah Buaya Secara Organik | admin | 4.5