Jenis Hama Mematikan Pada Daun Anggrek

Jenis Hama Mematikan Pada Daun Anggrek – Hama dan penyakit merupakan hal yang paling sulit untuk dihindari. Apabila pencegahan tidak segera langsung dicegah, maka hama dan penyakit akan leluasa menyerang tanaman anggrek.

Advertisement

Hama dan penyakit yang merang tanaman anggrek ada banyak sekali. Diantaranya seperti hama tikus, keong, tungau, dan lain sebagainya. Banyak para penghobis tanaman anggrek yang kebingungan mengatasi hama-hama yang sering menyerang tanaman anggrek.

Salah satunya adalah hama tikus. Hama tikus merupakan hama yang dapat menyerang tanaman anggrek kapan saja dan terutama pada musim penghujan.

Bagaimana cara mengatasi tikus agar tidak datang pada tanaman anggrek terutama pada musim penghujan? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengatasi datangnya hama tikus pada tanaman anggrek. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.Jenis Hama Mematikan Pada Daun Anggrek

Advertisement

Jenis Hama Mematikan Pada Daun Anggrek

  • Ketika musim penghujan tiba, sebaiknya pupuk yang baunya dapat merangsang datangnya tikus jangan disemprotkan kepada tanaman anggrek. Mengapa begitu? Hal ini dilakukan tidak lain supaya hama tikus tidak datang pada tanaman anggrek.Baca juga Melebatkan Bunga Anggrek Dengan Teknik Repotting
  • Sebutkan salah satu contoh pupuk yang baunya dapat merangsang datangnya tikus! Salah satu jenis pupuk yang tidak bisa diberikan kepada tanaman anggrek ketika musim penghujan tiba adalah pupuk jenis minyak ikan (fish emultion).
  • Kebersihan tempat penanaman anggrek perlu dijaga. Apalagi pada saat musim penghujan. Bagaimana cara membersihkan tempat penanaman anggrek? Caranya adalah membuat gulma maupun sampah yang berserakan disekitar tempat penanaman anggrek. Dengan cara begitu hama tikus tidak akan lagi mempunyai tempat untuk bersarang.
  • Apabila hama tikus sudah terlanjur menyerang tanaman anggrek, maka segera berantas. Bagimana cara memberantas hama tikus? Caranya adalah dengan menggunakan obat racun tikus. Untuk memudahkan pemberian obat racun tikus tersebut, gunakanlah alat pembantu seperti makanan. Letakkan obat racun tikus di dalam makanan kemudian letakkan disarang tikus. Dengan begitu hama tikus tidak ada lagi.

Hama selanjutnya yang sering menyerang tanaman anggrek adalah tungau. Banyak para penghobis yang sering kebingungan mencari tau tanda-tanda tanaman anggrek terserang tungau. Lantas apa tanda-tanda tanaman anggrek yang terserang tungau?

Dan bagaimana pula cara mengendalikannya? Tanda-tanda tanaman anggrek terserang tunga dan cara mengendalikan tungau yang telah menyerang tanaman anggrek adalah sebagai berikut.

Tanda-tanda tanaman anggrek terserang tungau

Apabila para penghobis ingin tahu keberadaan tungau pada tanaman anggrek, bisa dilihat pada bagian bawah permukaan daun. Tungau biasanya bisa ditemukan pada bagian bawah permukaan daun.

  • Tanda-tanda yang pertama adalah warna daun berubah menjadi berwarna kuning sedikit perak.
  • Lama kelamaan daun tersebut mengering dan akhirnya gugur.

Cara mengendalikan tungau

Cara mengendalikan tungau yang telah menyerang tanaman anggrek adalah dengan memberikan akarisida yang sifatnya sistematik. Contoh akarisia yang sifatnya sistematik seperti Omite, Curacron, dan Kelthane. Bisa digunakan tujuh hari sekali atau dengan melihat dosis pada kemasan.demikian baca juga 3 Jenis Penyakit Anggrek Paling Mematikan

Advertisement
Jenis Hama Mematikan Pada Daun Anggrek | admin | 4.5