Jenis Jenis Tanaman Hias Aglaonema

Jenis Jenis Tanaman Hias Aglaonema – Aglaonema atau yang sering disebut sebagai Sri Rejeki adalah tanaman yang sering dijadikan penghias pekarangan rumah maupun diletakkan dalam pot besar di sudut teras.

Advertisement

Keberadaan tanaman hias jenis dedaunan ini menjadikan tampilan rumah menjadi segar dan indah. Ragam jenis tanaman aglaonema juga semakin memudahkan pecinta tanaman yang ingin menjadikannya sebagai penghias rumah. Beberapa jenis tanaman aglaonema antara lain :Jenis Jenis Tanaman Hias Aglaonema

  1. Aglaonema commutatum

Jenis tanaman Aglaonema ini memiliki ujung daun berbentuk lancip seperti tombak, tetapi ada juga yang langsing atau gemuk. Tepi daun rata (tidak bergelombang), ukuran daun umumnya cukup lebar, yaitu sekitar  5-8 cm dan panjang 16-20 cm.

Bentuk daunnya beraneka ragam tergantung pada varietasnya. Batang tanaman berstruktur liat sehingga sulit dipatahkan,letak daun pada batang tidak beraturan.

Dari jenis tanaman aglaonema commutatum, ada bebrapa variatas yang sering dijumpai di pekarangan rumah, diantaranya:

Advertisement
  1. Aglaonema “Silver Queen”. Varietas ini memiliki warna dasar daun hijau dengan sirip berwarna perak yang hampir memenuhi seluruh daun.
  2. Aglaonema “Pseudo-bractetum” (“White Rajak”). Varietas ini memiliki warna yang hampir sama dengan siver queen hanya saja siripnya berwarna kuning sehingga seolah-olah seluruh daun barwarna dasar kuning. Demikian pula, warna tangkai daunnya berwarna kuning.
  3. Aglaonema commutatum Treubi. Varietas in memiliki warna dasar daun hijau tua yang dihiasi sirip-sirip berwarna hijau muda kebiru-biruan dengan bentuk daun ramping.
  4. Aglaonema roebellini. Varietas ini memiliki daun lebar dengan warna dasar hijau yang dihiasi sirip daun  berwarna biru muda keperakan.
  5. Aglaonema “Malay Beauty” Varietas ini memiliki warna daun hijau tua dan dihiasi dengan sisip-sirip berwarna perak.
  6. Aglaonema “Nitidum Curtisii”. Varietas ini memiliki warna daun hijau kebiruan yang dihiasi sirip-sirip kecil panjang seperti duri ikan sampai pada tepi daun yang berwarna perak.
  7. Aglaonema costatum (Spotted Chinese Evergreen)

Jenis tanaman Aglaonema ini memiliki warna daun hijau tua yang terlihat mengkilap dan dihiasi tulang rusuk utama berwarna putih. Seluruh permukaan daun dihiasi dengan warna bintik-bintik putih yang tak beraturan.

Jenis tanaman ini menggerombol dan membentuk rumun yang lebat serta memiliki batang tanaman yang tak terlalu tinggi (hanya 25 cm). Bentuk daun menyerupai hati dengan ukuran panjang 15 cm, lebar 7,5 cm.

  1. Aglaonema modestum (Chinese Evergreen)

Jenis tanaman aglaonema satu ini hampir sama dengan jenis tanaman aglaonema costatum, yang membedakan hanyalah bintik putih pada daunnya.

Jika aglaonema cosatuma memiliki bintik putih di seluruh perkukaan daunnya, aglaonema modestum memiliki permukaan daun berwarna hijau polos.

  1. Aglaonema “Pride Sumatra”

Jenis tanaman aglaonema ini meiliki warna yang berbeda dari jenis tanaman aglanema lainnya. aglaonema pride sematra memiliki warna yang dominan merah dibanding warna hijaunya.

Itulah informasi seputar ragam jenis tanaman aglaonema yang perlu anda ketahui. Mungkin diantara anda ada yang berminat untuk memelihara tanaman yang unik ini, semoga ulasan ini bisa bermanfaat ya..

 

Advertisement
Jenis Jenis Tanaman Hias Aglaonema | admin | 4.5