Jenis Pohon Kelengkeng Bagus dan Unggul

Jenis Pohon Kelengkeng Bagus dan Unggul – Seperti yang kita ketahui, sekarang ini banyak petani yang beralih membudidayakan kelengkeng karena dirasa bertani kelengkeng ini sangat menjanjikan.

Advertisement

Harga kelengkeng yang masih mahal di pasaran membuat petani memberanikan diri untuk mencoba bertani kelengkeng. Ada banyak sekali jenis pohon kelengkeng yang dibudidayakan oleh para petani. Semua jenis kelengkeng tersebut tentunya memiliki karakteristik tersendiri.Jenis Pohon Kelengkeng Bagus dan Unggul

Jenis Pohon Kelengkeng Bagus dan Unggul

Berikut ini adalah beberapa jenis pohon kelengkeng yang unggul dan biasa dibudidayakan oleh petani kelengkeng atau masyarakat umum.

Kelengkeng ping pong

Pertama adalah jenis pohon kelengkeng ping pong. Ciri pohon ini adalah tajuk dan daunnya yang unik dengan bentuk daun yang memanjang dan jika ditanam di pot daunnya menjadi merunduk ke bawah ke berbagai arah.

Umumnya daunnya berbentuk oval dengan lebar 4 cm dan panjangnya 10-11 cm. Pada bagian tepi daunnya melengkung dan batangnya menggelincir.

Selain situ jika berbuah, buahnya berukuran sebesar bola pimpong, memiliki biji besar, beraroma segar dan memiliki kulit buah yang tipis. Pohon jenis ini baru bisa berbuah setelah umur 9-12 bulan jika bibit tersebut berasal dari cangkokan. Ketika berbuah, buahnya bisa mencapai 1 kg.

Kelengkeng Kristal

Jenis pohon kelengkeng kedua adalah kelengkeng Kristal. Ciri dari jenis pohon ini adalah tajuk yang menjuntai kebawah, batangnya merunduk dan bersifat lentur. Lebar daunnya adalah 5-6 cm dengan panjang 19-23 cm dengan warna hijau muda. Jika berbuah, dagingnya tebal dan rasanya sangat manis.

Advertisement

Produksi buah dari jenis ini bisa mencapai 35-50 kg dari setiap pohonnya. Semakin tinggi pohon kelengkeng ini maka akan semakin banyak pula buah yang bisa dihasilkan.

Kelengkeng aroma durian

Jenis pohon kelengkeng ketiga adalah kelengkeng aroma durian. Ciri dari pohon jenis ini adalah daunnya bertekstur kaku, lurus dan berwarna hijau tua. Memiliki tajuk yang kuat dan tidak menjuntai. Daging buahnya tebal dengan biji kecil serta kulitnya berwarna putih dan tipis.

Pohon ini bisa berbuah setelah berumur 8-12 bulan jika bibit berasal dari pencangkokan. Produktivitas buah dari pohon jenis ini bisa mencapai 3-4 kg, jika umur pohon sudah lebih dari 1,5 tahun.

Kelengkeng diamond river

Jenis pohon kelengkeng keempat adalah diamond river. Jenis ini merupakan jenis kelengkeng yang unggul. Cirinya adalah tepi daun bergelombang, berwarna hijau muda dengan panjang daun 10 cm dan lebarnya 3-4 cm.

Selain itu cabangnya mudah terbelah, dagingnya berair, memiliki aroma khas dan rasanya sangat manis. Bisa berbuah setelah masa tanam 8-12 jika bibitnya dari hasil cangkok. Produktitas buahnya bisa mencapai 10-20 kg setiap pohonnya setelah usia 2 tahunan.

Baca juga: Ciri Bibit Kelengkeng Bagus dan Cepat Berbuah

Itulah beberapa jenis pohon kelengkeng yang sering kali dipilih para petani kelengkeng atau masyarakat umum. Setiap kelengkeng tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masih-masing, sehingga pemilihan pohon tersebut bisa disesuaikan dengan selera para penanamanya.Demikian Jenis Pohon Kelengkeng Bagus dan Ungggul semoga bisa berguna..salam..

Advertisement
Jenis Pohon Kelengkeng Bagus dan Unggul | admin | 4.5