Kandungan Zat dan Vitamin Pada Buah Pisang

Kandungan Zat dan Vitamin Pada Buah Pisang – Pisang merupakan jenis buah yang selalu ada di pasaran. Selain rasanya lezat, kandungan gizi dalam buah pisang juga sangat berlimpah. Andapun dapat mengkonsumsi jenis buah ini kapan saja, kandungan zat buah pisang juga dapat mendukung proses penurunan berat badan anda.

Advertisement

Pisang tak hanya cocok dikonsumsi oleh orang dewasa saja, melainkan anak-anakpun juga sangat baik jika mengkonsumsi buah yang satu ini. Jika anda ingin lebih ekonomis, maka anda dapat membudidaya tanaman ini sendiri. Selain caranya mudah, dengan metode penanaman yang benar maka tumbuhan pisang milik anda akan produktif.

Pada satu pohon biasanya terdapat bentuk sisir dan tiap-tiap sisir terdiri dari 10 hingga 20 buah pisang. Dalam buah tersebut sangat jarang dijumpai biji sehingga memudahkan anda dalam mengkonsumsi buah lezat yang satu ini.Kandungan Zat dan Vitamin Pada Buah PisangKandungan zat buah pisang ini dikategorikan sempurna karena memiliki 6 komposisi nutrisi penting yakni air, gula, lemak, protein, vitamin serta mineral.

Kandungan Zat dan Vitamin Pada Buah Pisang

Keenam kandungan zat buah pisang tersebut sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh. Buah pisang berasal dari kawasan Asia Tenggara dan mulai menyebar ke benua sebelah barat. Salah satu negara penghasil pisang terbesar ialah Indonesia yang menduduki urutan nomer empat sedunia.

Advertisement

Kandungan zat buah pisang tersebut seperti: air sejumlah 68%, protein 1%, gula 2%, lemak dan minya 1%, serat selulosa juga terkandung dalam buah berwarna ceria berikut ini. Tak  hanya itu saja, kandungan zat buah pisang juga terdapat pula nutrisi seperti pati serta asam tanin, berbagai jenis vitamin seperti vitamin A (300 IU/100 gr),

vitamin B (B1, B2, B6 dan B12) yang 100 mg /100 gr dan kandungan vitamin D hingga vitamin Z. Selain itu, dalam pisang terdapat pula kandungan yang memiliki dampak baik bagi tubuh seperti: kalsium, fosfor, besi, sodium, kalium (potassium), magnesiun dan seng.

Kandungan zat buah pisang berupa vitamin A, C dan B6 berguna untuk menambah daya tahan tubuh, dapat dijadikan untuk mencegah penyakit jantung hingga mensukseskan program diet anda.

Bagi anda yang mempunyai masalah gangguan pencernaan seperti sulit buang air besar dapat memanfaatkan media pisang karena kandungan serat dalam pisang akan melancarkan buang air besar anda. Dan vitamin B6-nya juga dapat menjadi pereda penyakit diare.

Akan lebih baik jika anda menyantap buah pisang ini secara langsung, tak perlu dijadikan milk shake ataupun dibuat menu pisang goreng karena kandungannya akan berkurang nanti.

Baca Juga: Ciri-Ciri Pohon Pisang Mampu Berbuah Lebat

Untuk dikonsumsi bagi balita juga sangat cocok, anda dapat membuat menu sehat bagi si kecil dengan memanfaatkan buah pisang yang kaya akan nutrisi.Nah inilah beberapa kandungan zat dan vitamin pada buah pisang sesuai judul di atas Kandungan Zat dan Vitamin Pada Buah Pisang semoga bisa berguna dan bermanfaat..salam..

Advertisement
Kandungan Zat dan Vitamin Pada Buah Pisang | admin | 4.5