Kasiat Dan Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Kasiat Dan manfaat Tanaman Lidah Mertua – Tanaman hias kerap kali digunakan sebagai salah satu aksesoris atau hiasan untuk menghias rumah agar tampak lebih hijau dan meneduhkan. Salah satu tanaman hias yang mungkin kita kerap jumpai di halaman depan atau di dalam rumah adalah tanaman lidah mertua.

Advertisement

Lidah Mertua merupakan satu dari sekian banyak jenis tanaman hias yang dapat ditanam di dalam ataupun di luar ruangan.

Untuk perawatannya sendiri, tanaman ini tergolong tanaman hias yang cukup mudah untuk dirawat bahkan tanaman ini mampu bertahan walau seminggu tidak disiram.Kasiat Dan Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Hal inilah yang menyebabkan tanaman lidah mertua cocok bagi mereka yang kerap lupa atau malas dalam menyiram tanaman secara rutin.

Selain perawatan, pengembangbiakan tanaman hias lidah mertua juga cukup mudah dengan cara mengambil tunas-tunas yang tumbuh atau dengan cara memotong kecil daun (stek) untuk ditanam kembali.

Pengembangbiakan lidah mertua ini akan menghasilkan tanaman yang berukuran mini dan tidak menyerupai indukannya.

Selain untuk menghias ruangan, tanaman lidah mertua beberapa manfaat, untuk lebih jelasnya berikut manfaat tanaman lidah mertua. Manfaat tanaman lidah mertua bagi lingkunagn sekitar :

Advertisement

Tanaman ini mampu menyerap kurang lebih sekitar 107 jenis pollutan yang berada pada daerah yang padat akan adanya lalu lalang mausia dan asap rokok yang menggangu.

Selain itu kandungan zat pregnane glycoside yang terdapat pada helaian daun tamanan lidah mertua mampu mengurangi zat beracun seperti karbondioksida, kloroform, benzene, dan lain sebagainya menjadi senyawa organic, asam amini serta glukosa.

Manfaat tanaman lidah mertua yang ditempatkan di dalam ruangan mampu mengatasi sick bulding syndrome dimana keadaan yang ada di dalam ruangan tidak sehat dengan disertai tingginya kosentrasi gas beracun seperti karbondioksida, asap rokok dan lain-lain.

Untuk lidah mertua dengan jenis trifasciata lorentii yang telah dewasa berdaun 4 hingga 5 helai dapat membuat udara dalam ruangan seluas 20m persegi kembali segar.

Manfaat tanaman lidah mertua dengan jenis ini kerap digunakan untuk pengisi pada ruangan produksi sebuah industry dengan tujuan mengurangi senyawa beracun yang terhirup oleh para pekerja, dimana bisa berakibat buruk bagi kesehatan para pekerja tersebut.

Manfaat tanaman lidah mertua lainnya yakni mampu mengurangi pancaran radiasi gelombang elektromagnetik dari barang-barang elektronik sekitar anda, seperti ponsel, televisi, dan computer. Pancaran radiasi ini akan bisa berakibat buruk bagi kesehatan dan dapat memicu kanker.

Manfaat tanaman lidah mertua bagi kesehatan sangatlah banyak. Tanaman ini bisa dijadikan sebagai antibiotic, obat radang, pilek, kencing manis, hipertensi serta obat gigitan ular.

Zat baik yang terkandung di dalam helaian daun lidah mertua antara lain polifenool, saponin, abagemin, dan kardenolin.

Advertisement
Kasiat Dan Manfaat Tanaman Lidah Mertua | admin | 4.5