Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias

Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias – Memperbanyak tanaman dengan stek batang adalah hal yang paling sering dilakukan oleh petani mana saja. Tanpa adanya perbanyakan, tanaman tidak bisa dikembangkan lagi dan lama kelamaan akan punah. Karena itulah harus adanya perbanyakan supaya tanaman tersebut tidak punah nantinya.

Advertisement

Cara memperbanyak tanaman ada dua macam, yaitu dengan cara generatf dan dengan cara vegetatif. Biasanya yang dilakukan dengan cara generatif lebih dikenal dengan sebutan memperbanyak dengan menggunakan bibit. Sedangkan dengan cara vegetatif dapat dilakukan dengan cara penyambungan atau lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai cara memperbanyak tanaman dengan penyambungan. Teknik penyambungan ini sebenarnya bukan termasuk sepenuhnya cara generatif dan bukan termasuk sepenuhnya cara vegetatif, tetapi gabungan antara cara generatif dan cara vegetatif.

Mengapa bisa dikatakan sambung pucuk merupakan gabungan antara cara generatif dengan cara vegetatif? Hal itu dikarenakan pada bagian atas digunakan mata tunas atau pucuk tanaman dari pohon.

Sedangkan bagian bawah tanaman berasal dari biji. Biasanya, tanaman yang dilakukan penyambungan adalah tanaman keras monokotil yang tidak dapat dicangkok.

Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias

Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias

Sebenarnya, teknik perbanyakan tanaman dengan cara penyambungan ini lebih baik daripada teknik perbanyakan tanaman dengan cara pencangkokan. Mengapa dikatakan lebih baik? Hal itu dikarenakan teknik perbanyakan dengan cara penyambungan memiliki beberapa kelebihan daripada teknik perbanyakan dengan cara pencangkokan.Baca juga Cara Menanam Budidaya Melon Ala Rumahan

Beberapa kelebihan tersebut seperti perakaran yang kuat. Berbeda halnya dengan bibit hasil pencangkokan. Bibit hasil pencangkokan kebanyakan memiliki perakaran yang tidak bagus atau tidak kuat. Selain itu, teknik penyambungan juga akan menghasilkan bibit lebih banyak daripada teknik pencangkokan.

Pada umumnya, masa pembuahan pada bibit yang diperbanyak dengan menggunakan teknik penanaman biji lebih lama. Untuk satu tanaman biasanya akan mencapai 10-15 tahun. Bahkan ada juga yang berbuah lebih dari usia tanaman yang telah disebutkan tadi. Jika diperbanyak dengan menggunakan teknik perbanyakan penyambungan pembuahan tidak akan selama itu.

Paling tidak dibawah 10 tahun. Sebagai teknik yang sering diperbanyak untuk tanaman, perbanyakan dengan cara penyambungan ini juga memiliki kelemahan. Ada beberapa kelemahan dari teknik penyambungan. Kelemahan tersebut seperti pembuahannya lebih lambat daripada pembuahan bibit hasil dari teknik pencangkokan.

Selain itu, jika antara batang bawah dengan batang atas tidak sesuai atau tidak menyatu, maka akan menyebabkan batang atas akan mengalamai pembesaran sedangkan batang bawah akan kerdil. Begitu pula sebaliknya. Sebenarnya tidak ada masalah pada batas sambugannya jika tidak ada kecocokan antara batang bawah dan atas.

Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias

Namun, masalahnya adalah kualitas buah akan menurun. Hal ini tentunya sangat ditakuti oleh pemilik tanaman yang menginginkan tanamannya berbuah banyak disertai dengan kualitas buahnya yang sangat bagus. Untuk mengatasi masalah tersebut, pilihlah batang atas dan batang bawah yang cocok supaya hasilnya pun akan cocok dan bagus.Simak Juga Teknik Repotting Pada Anggrek Muda Dewasa

Advertisement

Beberapa Cara Stek Batang Tanaman Hias Buah

Setek termasuk ke dalam perbanyakan tanaman secara vegetatif. Sudah banyak orang yang melakukan perbanyakan dengan cara setek karena dinilai lebih bagus. Lantas, apa sebenarnya pengertian dari perbanyakan tanaman setek itu?

Pengertian yang sebenarnya dari perbanyakan tanaman dengan teknik setek adalah memotong beberapa bagian tanaman seperti batang, daun, cabang, ranting, dan akar yang disemai atau ditanam di lahan secara langsung.

Seperti yang telah disebutkan di atas, tanaman yang disetek dapat diambil dari beberapa bagian dan tidak hanya terfokus pada satu bagian saja seperti teknik pencangkokan. Ada beberapa teknik setek yang bisa dipakai, dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias

Setek ranting Tanaman

Setek ranting juga bisa disebut sebagai setek batang. Tidak semua tanaman dapat disetek dengan menggunakan teknik setek ranting. Hanya beberapa tanaman saja seperti anggur ddan murbei. Selain dari kedua tanaman tersebut, apabila dilakukan penyetekan ranting maka hasilnya tidak bagus.

Berbeda halnya dengan tanaman anggur. Tanaman anggur jika disetek dengan menggunakan teknik setek ranting atau batang akan berbuah lebih cepat daripada menggunakan cara perbanyakan lainnya.

Ada beberapa tanaman yang dapat diperbanyak dengan setek ranting namun dengan syarat harus ditambah dengan hormon penumbuh akar dan tunas. Salah satu contohnya seperti tanaman jambu air dan tanaman jeruk.Simak Juga Cara Sederhana Membuat Tanaman cepat Berbuah Lebat

Teknik Setek akar

Setek akar merupakan teknik perbanyakan tanaman dengan menggunakan akar sebagai medianya. Ada dua jenis tanaman yang dapat diperbanyak dengan setek akar. Kedua tanaman tersebut adalah kesemek dan sukun.

Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias

Tanaman tersebutlah yang hanya dapat diperbanyak dengan menggunakan setek akar karena kedua tanaman tersebut tidak dapat di cangkok dan tidak dapat diperbanyak dengan menggunakan biji.

Bagian akar yang telah tumbuh sebagai anakan dipotong kemudian disemai di lahan terbuka. Bagian akar tersebutlah yang akan tumbuh menjadi bibit tanaman.

Teknik Setek daun

Teknik setek daun ada kelebihannya. Kelebihan dari setek daun adalah buahnya akan tumbuh cepat serta kualitas buahnya yang sangat bagus. Jika pada umumnya tanaman berbuah pada umur 10 tahun atau lebih, sedangkan tanaman yang diperbanyak dengan setek daun hanya dapat berbuah pada tahun ke lima setelah penanaman.

Salah satu contoh tanaman yang diperbanyak dengan setek daun adalah buah naga. Lain lagi dengan buah naga. Buah naga akan berbuah pada tahun ke tiga setelah penanaman. Waktu yang lebih singkat bukan? Karena itulah banyak orang yang memperbanyak buah mangga dengan menggunakan teknik setek daun.

Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias

Tidak hanya buah naga saja, tetapi tanaman lainnya juga bisa diperbanyak dengan teknik setek daun. Salah satunya adalah tanaman jeruk. Tanaman jeruk dapat diperbanyak dengan setek daun tetapi ada syaratnya.

Syaratnya adalah daun yang akan lakukan penyetekan harus diberikan hormon penumbuh akar. Jika tidak begitu, tanaman jeruk tidak bisa diperbanyak dengan menggunakan setek daun.Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias semoga bisa membantu..Tulisan terkait Tanaman Buah Paling Tepat Di Tanam Dalam Pot

Advertisement
Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias | admin | 4.5