Kiat Budidaya Tanaman Lidah Buaya Di Dalam Pot

Kiat Budidaya Tanaman Lidah Buaya Di Dalam Pot – Tanaman lidah buaya atau dikenal juga dengan aloe vera merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat, antara lain untuk pengobatan seperti obat sakit maag, untuk mengobati luka bakar, merawat kesehatan rambut, dan lain sebagainya.

Advertisement

Selain bermanfaat untuk pengobatan, tanaman lidah buaya juga dapat diolah menjadi bahan makanan berupa nata de coco yang nikmat dan sehat untuk dikonsumsi.Kiat Budidaya Tanaman Lidah Buaya Di Dalam Pot

Mengingat berbagai manfaat yang dimiliki oleh tanaman ini, tak heran jika banyak orang yang mencoba untuk membudidayakannya sebagai salah satu lahan bisnis yang kedepannya memiliki prospek yang bagus.

Keterbatasan lahan bukan masalah disini karena anda bisa menggunakan cara budidaya tanaman lidah buaya di dalam pot. Berikut cara yang bisa anda pelajari lebih lanjut.

Agar budidaya tanaman lidah buaya di dalam pot mengalami pertumbuhan yang baik maka perlu dilakukan perawatan yang baik. Untuk pengairannya sendiri, tanaman lidah buaya tidak membutuhkan terlalu banyak air karena tumbuhan ini menyimpan cadangan air didalam batang daunnya.

Pengairan yang terlalu banyak justru akan berakibat buruk bagi budidaya tanaman lidah buaya di dalam pot karena akan menyebabkan pembusukan daun dan akar.

Advertisement

Untuk jenis pot yang cocok digunakan sebagai media budidaya tanaman lidah buaya di dalam pot adalah pot yang terbuat dari tanah liat.

Pemilihan pot tanah liat untuk budidaya tanaman lidah buaya di dalam bot bukan tanpa alasan, pot dari tanah liat mampu menyerap air yang berlebih sehingga menghindari proses pembusukan yang kerap diakibatkan oleh berlebihnya kadar air tanaman aloe vera.

Ukuran pot yang dapat digunakan untuk budidaya tanaman lidah buaya di dalam pot berkisar antara diameter 40cm hingga 50cm untuk pot dengan ukuran sedang.

Namun, bila anda ingin sedikit lebih menghemat space yang tersedia dengan seefektif mungkin anda bisa menggunakan pot dengan ukuran kecil yang berdiameter antara 15cm hingga 30cm, tergantung kebutuhan.

Media tanam yang digunakan bisa menggunakan tanah yang kering. Anda juga dapat menggunakan campuran berupa tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang serta pasir.

Pemupukan secara organic dengan pupuk kandang akan memaksimalkan pertumbuhan tanaman aloe vera. Karena nutrisi yang ada di dalam pot sangat terbatas jika dibandingkan dengan nutrisi yang akan didapat jika ditanam langsung ditanah.

Untuk pemanenan sendiri bisa dilakukan setelah masa tanam sekitar enam bulan. Pemanenan bisa dilakukan dengan cara memetik bagian daun yang letaknya berada di bagian paling luar dari tanaman lidah buaya ini.

Bagi anda yang ingin memulai budidaya tanaman lidah buaya di dalam pot, pastikan terlebih dahulu jika di daerah anda memiliki pasar tersendiri untuk tanaman ini atau anda sudah memiliki jaringan untuk memasarkannya. Jika anda kebingungan untuk memasarkannya langsung, olahan makanan yang berasal dari tanaman ini layak dicoba.

 

Advertisement
Kiat Budidaya Tanaman Lidah Buaya Di Dalam Pot | admin | 4.5