Klasifikasi Dan Ciri Fisik Anggrek Vanda Berkualitas Bagus

Klasifikasi Dan Ciri Fisik Anggrek Vanda Berkualitas Bagus – Anggrek vanda telah diperkenalkan sejak puluhan tahun yang lalu. Dari awal kemunculannya, anggrek vanda sudah dikenal oleh masyarakat luas dan sudah menjadi primadona bagi sebagian orang. Sampai sekarang pun anggrek vanda masih menjadi primadona dan juga masih populer dikalangan pecinta tanaman hias.

Advertisement

Walaupun sudah ditemukan sejak puluhan tahun yang lalu, nama anggrek vanda tidak pernah pudar karena banyak tanaman hias lainnya yang muncul dan masuk ke dunia tanaman hias. Secara umum, tanaman vanda dibagi atas beberapa spesies. Hibri tanaman Anggrek vanda ada yang berasal dari persilangan antar spesies,  ada pula yang berasal dari persilangan antarvarietas.

Klasifikasi Dan Ciri Fisik Anggrek Vanda Berkualitas Bagus

Klasifikasi Dan Ciri Fisik Anggrek Vanda Berkualitas Bagus

Seperti yang telah disebutkan diatas, anggrek vanda terbagi atas beberapa spesies. Apa-apa saja spesies dari vanda itu? Spesies dari vanda diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Anggrek vanda brunnea.
  • Anggrek vanda amesiana.
  • Anggrek vanda dearei.
  • Anggrek vanda coerulescens.
  • Anggrek vanda lamellata.
  • Anggrek vanda hookeriana.
  • Anggrek vanda lamellata.
  • Anggrek vanda merrillii.
  • Anggrek vanda limbata.
  • Anggrek vanda roeblingiana.
  • Anggrek vanda teres.
  • Anggrek vanda stangeana.
  • Anggrek vanda teastacea.

Itulah beberapa spesies dari anggrek vanda.Simak Juga Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias

Ciri Khas dari anggrek vanda

Setiap tanaman pasti memiliki karakteristik. Baik itu secara umum maupun secara terperinci. Begitu pula dengan tanaman vanda. anggrek Vanda juga memiliki karakteristik secara umum maupun secara terperinci.

 

Setiap penggemar maupun yang ingin membudidayakan anggrek vanda harus tahu karakteristik dari vanda ini. Dengan begitu, tidak ada lagi hal-hal yang dapat mengganggu selama proses pembudidayaan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai karakteristik dari anggrek vanda.

Ciri fisik akar anggrek vanda

Seperti tanaman hias lainnya tanaman anggrek vanda juga memiliki akar. Akar dari anggrek vanda ini termasuk kedalam akar bervelamen. Apa maksud dari akar bervelamen? Akar bervalemen merupakan akar yang bagian luarnya terlihat transparan dan terbagi atas beberapa lapis dan beberapa sel serta memiliki rongga.

Klasifikasi Dan Ciri Fisik Anggrek Vanda Berkualitas Bagus

 

Secara umum, akar dari vanda ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Memiliki bentuk yang silindris.
  2. Memiliki daging.
  3. Pada bagian ujung akarnya runcing.
  4. Apabila dibengkokkan akan patah karena sifatnya yang mudah patah.
  5. Bersifat lunak.

Akar anggrek vanda juga bisa terserang penyakit. Hanya akar yang bagus lah yang akan mengalirkan zat hara dari dalam tanah ke seluruh bagian tanaman. Sedangkan akar yang tidak sehat virusnya akan menyebar ke akar lainnya dan akan menyebabkan tanaman tersebut mati karena tidak ada lagi yang akan menghantarkan zat hara dari dalam tanah keseluruh bagian tanaman.Baca juga Khasiat Manfaat Cengkih Dan Daun Dewa Untuk Pengobatan

Bagaimanakah ciri-ciri dari akar vanda yang sehat? Ciri-ciri dari akar vanda yang sehat adalah sebagai berikut.

  1. Bagian ujung akar berwarna transparan.
  2. Tekstur akar lunak.
  3. Pada bagian ujung akar runcing.
  4. Apabila dipegang agak sedikit lengket.
  5. Memiliki sifat yang licin.
  6. Serta mudah patah.

Itulah beberapa ciri-ciri dari akar vanda yang sehat.

Ciri Batang anggrek vanda

Setiap tanaman hias pasti memiliki karakteristik, begitu pula dengan tanaman hias anggrek vanda. Anggrek vanda memiliki karakteristik yang menjadi pembeda antara tanaman hias lainnya. Bagi pecinta tanaman hias yang baru saja memasuki dunia tanaman hias, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik anggrek vanda.

Advertisement

Klasifikasi Dan Ciri Fisik Anggrek Vanda Berkualitas Bagus

 

 

Setelah mengetahui karakteristik vanda, barulah Anda mengetahui hal lainnya dari tanaman hias yang satu ini. Bagaimanakah karakteristik dari anggrek vanda? Karakteristik dari anggrek vanda diantaranya adalah sebagai berikut.

Seperti tanaman lainnya, tanaman anggrek vanda juga memiliki batang. Anggrek vanda ini termasuk ke dalam tipe monopodial. Karena termasuk ke dalam tipe monopodial, itu artinya tanaman hias anggrek vanda ini memiliki batang utama yang pertumbuhannya keatas dan tidak terbatas.

Berbeda halnya dengan tanaman hias yang termasuk ke dalam tipe simpodial. Tanaman hias yang termasuk ke dalam tipe simpodial memiliki batang yang pertumbuhannya secara kesamping dan tidak dapat tumbuh secara tidak terbatas.

Vanda memiliki batang yang ciri-cirinya tegak lurus, bentuknya ramping, dan tidak berumbi. Nantinya jika bunga akan tumbuh, terlebih dahulu tangkai bunga akan tumbuh pada sisi batang. Pertumbuhan tangkai bunga tidak secara sekaligus melainkan secara bergantian.Baca juga Cara Melebatkan Buah Tanaman Dengan Pemangkasan Ranting

Daun anggrek vanda

anggrek Vanda memiliki beberapa spesies. Setiap spesies dari anggrek vanda ini memiliki bentuk daun yang berbeda, tegantung pada spesiesnya. anggrek Vanda memiliki bentuk daun yang begitu beragam. Contoh bentuk daun dari tanaman anggrek vanda adalah sebagai berikut.

Klasifikasi Dan Ciri Fisik Anggrek Vanda Berkualitas Bagus

  1. Bentuk pita atau linear.
  2. Bentuk bulat telur atau ovate.
  3. Bentuk jarum atau subulate.
  4. Bentuk lonjong atau oblong.
  5. Bentuk laset atau lanceolate.
  6. Bentuk sendok atau spathulate.
  7. Bentuk sekop atau trullate.
  8. Bentuk bulat telur sungsang atau obovate.
  9. Bentuk segitiga atau triangular.
  10. Bentuk jantung atau cordate.
  11. Bentuk mata tombak atau hastate.
  12. Serta bentuk sekop atau trullate.

Secara umum, daun anggrek vanda tumbuh secara berselang seling serta berhadap-hadapan antara daun yang satu dengan daun yang lainnya. Vanda memiliki permukaan yang rata. anggrek Vanda juga memiliki batang yang tidak bertangkai. Batang anggrek vanda sepenuhnya duduk pada batang. Lain halnya dengan tanaman hias lainnya yang memiliki tangkai pada daunnya

Ciri khas Bunga anggrek Vanda

Bunga vanda merupakan bagian yang menjadi daya tarik orang untuk membudidayakan tanaman hias ini. anggrek Vanda memang terkenal dengan bunganya yang sangat cantik. Tipe bunga dari anggrek vanda ini merupakan tipe majemuk. Bunganya ini tersusun pada satu rangkaian. Rangkaian ini berbentuk seperti tandan.

Bunga anggrek vanda ini tumbuh di sisi-sisi batang. Dalam satu tandannya terdiri dari 14 kuntum. Bunga anggrek vanda memiliki warna bunga yang beragam. Namun, dari semua warna bunga yang ada, bunga yang berwarna biru keungulan merupakan bunga yang paling sering dijumpai dan paling disukai oleh pecintanya.

Klasifikasi Dan Ciri Fisik Anggrek Vanda Berkualitas Bagus

ciri Buah anggrek vanda

Anggrek vanda ini juga memiliki buah. Buahnya ini berbentuk seperti kapsular. Di dalam buah anggrek vanda, nantinya kita akan menemukan biji yang bentuknya sangat kecil. Bijinya inilah yang nantinya digunakan untuk perbanyakan secara generatif.demikian sedikit ulasan mengenai Klasifikasi Dan Ciri Fisik Anggrek Vanda Berkualitas Bagus semoga saja bisa membantu dan bermanfaat..Tulisan terkait lain Syarat Tumbuh Sebelum Menanam Anggrek Vanda Rumahan

Advertisement
Klasifikasi Dan Ciri Fisik Anggrek Vanda Berkualitas Bagus | admin | 4.5