Kreasi Pot Tanaman Hias Dari Botol Bekas

Kreasi Pot Tanaman Hias Dari Botol Bekas – Mengingat ancaman akan bahaya efek rumah kaca yang kian mengkhawatirkan, saat ini tengah ramai gerakan go green atau kembali ke hijau dengan menanam pohon ataupun tanaman hijau minimal pada lingkungan rumah sendiri.

Advertisement

Tanaman pada rumah tak hanya akan membuat rumah menjadi sejuk namun juga bisa sebagai hiasan yang indah. Tanaman memang membutuhkan perawatan setiap hari dengan menyiramnya.

Namun bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu, tetap bisa merawat tanaman untuk rumah anda dengan memilih jenis tanaman hydroponic yang tetap bisa hidup tanpa harus disiram setiap hari.Kreasi Pot Tanaman Hias Dari Botol Bekas

Tanaman rumah identic dengan penggunaan pot sebagai media tanamnya, namun pasti akan bosa dengan bentuk pot yang itu itu saja.

Dengan sentuhan kreatifitas kini anda bisa mendapatkan pot yang mudah serta unik sebagai hiasan salah satunya dengan memanfaatkan botol bekas yang bisa disulap dan difungsikan.

Pada tanaman hydroponic mengusung prinsip kapiler dan aborsi yakni hidrasi akan berlangsung secara otomatis dari media tanah dan tanaman. Berikut bahan yang dibutuhkan dalam kreasi pot tanaman dari botol bekas:

  1. Botol bekas minuman dengan ukuran 1,5 atau 2 liter
  2. Paku untuk melubangi botol
  3. Pisau atau gunting untuk memotong

Jika semua bahan sudah dipersiapkan lanjut ke tahap pembuatan pot tanaman hydroponic, berikut caranya:

  1. Potong bagian tengah botol sedikit ke atas dengan menggunakan pisau atau gunting secara melingkar. Jangan dibuang terlebih dahulu sebab semua masih akan digunakan dimana yang bagian bawah untuk wadah air sementara yang baian atas beserta tutupnya digunakan untuk media tanah serta akar tanaman.

    Advertisement
  2. Lubangi bagian tutup botol dengan menggunakan paku yang nantinya berfungsi sebagai jalan meresapnya air ke atas agar media tanah selalu basah atau lembab sehingga tanaman dapat tumbuh subur.

  3. Tambahkan empat lubang lagi pada empat bagian leher botol yang nantinya berfungsi untuk keluarnya air yang berlebihan pada media tanah sehingga bisa mencegah akar tanaman membusuk. Lubang tersebut juga berfungsi sebagai jalan air untuk mengisi bawah media tanah.

  4. Jika semua lubang sudah terbuat, balikkan posisi leher botol ke bawah kemudian masukkan pada bagian potongan bawah botol. Berikan tanda pada bagian luar botol sebagai parameter jarak antara ketinggian air sekitar 5 cm dengan tutup botol yang sudah terbalik tadi.

  5. Pada bagian tanda titik tersebut tambahkan empat lubang tambahan lagi dengan jarak sama rata yang berfungsi sebagai jalan keluarnya air yang berlebih. Jika air terlalu tinggi justru dapat membuat tanaman menjadi mati.

  6. Kini pot tanaman anda sudah siap dan tinggal memasukkan tanah dicampur dengan pupuk secukupnya baru ditaruh tanaman sesuai dengan pilihan anda.

Demikian bahan dan cara membuat kreasi pot tanaman dari botol bekas, untuk lebih mempercantik pot tersebut anda dapat mengecatnya dengan warna pilihan agar nampak lebih indah.

Dengan aksi tindakan tersebut paling tidak anda sudah ikut berusaha meminimalisir resiko efek rumah kaca serta mampu mengurangi limbah di sekitar anda untuk disulap menjadi bahan yang bermanfaat. Nah, semoga informasi seputar kreasi pot tanaman dari botol bekas ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Seamat mencoba.

 

Advertisement
Kreasi Pot Tanaman Hias Dari Botol Bekas | admin | 4.5