Kriteria Melon Siap Panen Penanganan Pascapanen

Kriteria Melon Siap Panen Penanganan Pascapanen – Ketika membudidayakan suatu tanaman, ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan. Beberapa tahap tersebut diantaranya persiapan lahan, persiapan benih, pembibitan, penanaman, pemeliharaan, panen, serta pascapanen. Panen dan pascapanen merupakan dua diantara beberapa tahap yang harus Anda lakukan ketika membudidayakan melon.

Advertisement

Setelah Anda memelihara melon berbulan-bulan maka pada pemanenan inilah Anda akan mendapatkan hasilnya. Hasil dari buah melon harus tetap terjaga walaupun sudah memasuki masa panen. Jangan sampai buah yang sudah Anda pelihara sejak beberapa bulan tetapi rusak saat panen dilakukan.

Untuk itu lakukan pemanenan buah melon dengan baik supaya buah melon tetap terjaga hingga ketangan konsumen. Ketika memanen buah melon tidak boleh sembarangan. Anda harus melewati beberapa tahap untuk mendapatkan buah melon.

Kriteria Melon Siap Panen Penanganan Pascapanen

Kriteria Melon Siap Panen Penanganan Pascapanen

Pada umumnya, petani melon yang mengalami kerusakan pada buah ketika memanen buah melon dikarenakan petani tersebut memanen buah melon secara sembarangan.

Akibatnya buah melon yang dihasilkan akan rusak. Untuk menghindari hal tersebut Anda harus melewati beberapa tahap ketika memanen buah melon. Beberapa tahap tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.Tulisan terkait lain Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias

Menentukan waktu pemanenan Buah melon

Masa pemanenan harus ditentukan supaya pemanenan tepat pada waktu yang telah ditentukan. Pastikan buah yang akan dipanen telah memenuhi persyaratan panen. Pemanenan yang baik dilakukan pada saat buah telah masak sekitar 88%. Pemanenan jangan dilakukan pada saat buah telah masak sempurna.

Hal ini dilakukan supaya ada waktu untuk proses transportasi. Jika pemanenan dilakukan saat sudah matang sempurna maka pada saat sedang dalam transportasi buah melon tersebut akan membusuk. Buah melon merupakan tipe buah yang matang dengan sendirinya tanpa harus di pohonnya.

Bagaimanakah ciri-ciri dari buah melon yang sudah masak? Ciri-ciri dari buah melon yang masak adalah apabila melon yang berjala maka terdapat retakan pada bagian tangkai buah yang menempel pada buah. Sedangkan untuk jenis melon yang tidak berjala ciri-cirinya adalah terjadinya perubahan warna kulit.

Kriteria Melon Siap Panen Penanganan Pascapanen

Pasca panen buah Melon 

Tidak hanya saat pemanenan saja perlu diperhatikan tetapi kegiatan pascapanen juga perlu dilakukan. Kegiatan pascapanen ini perlu dilakukan untuk menjaga agar buah melon yang sudah dipanen kualitasnya tetap terjaga hingga ke tangan konsumen. Setiap jenis buah melon daya simpannya berbeda-beda.Jangan lupa baca juga Cara Melebatkan Buah Tanaman Dengan Pemangkasan Ranting

Untuk buah melon yang tidak berjala pada umumnya daya simpan lebih lama dibandingkan dengan buah melon yang berjala yang daya simpannya lebih singkat. Jadi, saat buah melon yang berjala sudah dipanen maka harus langsung dipasarkan. Jangan menyimpan buah melon terlalu lama karena akan menyebabkan melon menjadi membusuk.

Buah melon yang sudah dipetik harus disimpan di dalam suatu wadah serta diletakkan di tempat yang berpenaung. Jangan letakkan buah melon di bawah sinar matahari karena akan menyebabkan buah melon menjadi terbakar. Buah yang diletakkan di suatu wadah boleh ditumpuk tetapi penumpukan harus dialasi dengan jerami.

Advertisement

Penanganan Pascapanen Buah melon

Tidak hanya kegiatan panen saja yang harus dilakukan, tetapi kegiatan pasca panen juga perlu dilakukan. Kegiatan pasca panen merupakan kegiatan yang dilakukan setelah pemanenan telah selesai dilakukan. Ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan ketika melakukan kegiatan pasca panen. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.Simak juga Membasmi Hama Penyakit Pada Tanaman Mangga

Kegiatan sortasi melon

Kriteria Melon Siap Panen Penanganan Pascapanen

Sortasi merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan pasca panen. Kegiatan sortasi ini perlu dilakukan karena tidak semua jenis buah hasil pemanenan itu bermutu. Oleh karena itu, kegiatan sortasi perlu dilakukan. Kegiatan sortasi merupakan kegiatan memisahkan antara buah yang berkualitas dan buah yang tidak berkualitas berdasarkan kelasnya.

Ketika melakukan sortasi pada buah hasil pemanenan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Anda yang melakukan kegiatan sortasi ini. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebelum disortasi, terlebih dahulu buah harus diangin-anginkan hngga suhu yang ada pada buah tersebut mencapai 24 derajat celcius. Apabila sudah diangin-anginkan, selanjutnya buah dapat dilakukan penyortiran.
  • Kegiatan penyortiran ini harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Anda selaku penyortir buah harus memperhatikan kebersihan dari tempat penyortiran hingga kebersihan diri Anda sendiri. Contohnya seperti Anda harus menggunakan sarung tangan yang khusus terbuat dari kain katun. Tujuannya agar tidak merusak sekaligus tidak mengotori buah tersebut.
  • Ketika melakukan penyortiran, buah dipisahkan menurut kelasnya. Contohnya seperti menurut beratnya, menurut bentuk buahnya, serta beberapa hal lainnya.
  • Buah dapat ditimbang lalu dipisahkan menurut kelompok beratnya.
  • Buah yang dipilih bukanlah buah yang sembarangan tetapi buah yang tidak terserang oleh penyakit setelah melakukan pemanenan, permukaan buah mulus, serta tidak ada luka pada permukaan buah, dan beberapa hal lainnya.

Itulah cara melakukan sortasi pada buah setelah melakukan pemanenan.Jangan lupa baca juga Anatomi Tumbuhan Durian Mulai Dari Akar Sampai Daun

Teknik Mengemas buah Melon

Buah yang sudah dilakukan penyortiran selanjutnya bisa dikemas. Pengemasan berdasarkan jauh atau tidaknya penjualan dari buah tersebut. Jika buah yang akan dijual tempat penjualannya jauh maka tempat untuk mengemasnya harus benar-benar baik. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kerusakaan saat masa perjalanan atau pengangkutan.

Kriteria Melon Siap Panen Penanganan Pascapanen

Bahan yang digunakan untuk pengemasan tidak boleh sembarangan. Bahan yang digunakan untuk pengemasan harus sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. Syarat dari bahan untuk mengemas adalah harus bersih, harus baru, dan yang paling penting dapat mencegah terjadinya kerusakan pada buah itu sendiri.

Pengemasan untuk buah yang akan diangkut dilakukan dengan cara menggunakan karton bergelombang. Karton bergelombang ini dinilai lebih efektif karena tidak ada buah yang rusak ketika dilakukan pengangkutan pada buah.

Sedangkan untuk pengemasan yang tidak dilakukan pengangkutan adalah dengan menggunakan jaring atau yang biasa disebut dengan net plastik. Agar tidak terjatuh sebaiknya ujung jaring diikat dengan kuat.

Buah yang sudah dijaring tidak boleh ditumpuk terlalu banyak karena akan mempengaruhi permukaan kulit dari buah melon tersebut.sekian Kriteria Melon Siap Panen Penanganan Pascapanen  semoga bisa membantu.Tulisan terkait Lain Agribisnis Durian Dan Spesies Jenis Varietas Durian Unggul

Advertisement
Kriteria Melon Siap Panen Penanganan Pascapanen | admin | 4.5