Manfaat Tanaman Hias Dalam Rumah

Manfaat Tanaman Hias Dalam Rumah – Saat ini aktifitas bertanam tidak hanya dilakukan diluar rumah dengan menempatkan sejumlah tanaman di pekarangan atau yang lainnya.

Advertisement

Namun tanaman tersebut juga banyak ditanam didalam ruangan rumah pada media pot sebagai hiasan untuk lebih mempercantik ruangan, memperkuat kesan alami, serta membuat ruangan lebih semarak.

Namun perlu diketahui pula bahwa menempatkan tanaman hias di dalam ruangan juga terbukti mampu memberikan manfaat lain dari segi penunjang kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya berikut ada sejumlah manfaat tanaman hias dalam rumah :Manfaat Tanaman Hias Dalam Rumah

  1. Menjaga Kesehatan Pernafasan

Sirkulasi pernafasan manusia adalah dengan menghirup gas oksigen serta mengeluarkan berupa gas karbondioksida.

Peran tanaman untuk menjaga kesehatan pernafasan adalah dengan kemampuannya dalam mengikat gas karbondioksida tersebut untuk digantikan dengan gas oksigen yang dibutuhkan melalui proses fontosintesis.

Dengan demikian tanaman membantu anda dalam memenuhi kebutuhan oksigen untuk pernafasan dengan kualitas udara yang lebih bersih dan segar.

Selain itu tanaman juga telah terbukti mampu menetralkan racun yang ada dalam udara ruangan yang tanpa disadari banyak bersumber dari sejumlah barang seperti rokok, karpet, cat, ataupun radiasi barang-barang elektronik hingga 87 persen selama satu hari.

Advertisement
  1. Menurunkan Alergi Serta Asma

Tanaman ternyata juga bisa membantu meringankan keluhan alergi bagi anda yang memilikinya. Hal tersebut sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian dari University of Agliculture di Norwegia dengan diketahui bahwa tanaman mampu meningkatkan kelembapan udara serta menurunkan jumlah debu dalam udara ruangan.

Dalam penelitian yang sama juga disimpulkan bahwa tanaman mampu mengurangi batuk, meredakan sakit tenggorokan, serta sejumlah penyakit lain mengenai gangguan pernafasan hingga mencapai 30 persen.

  1. Menghilangkan Stres

Tanaman hias umumnya memiliki tampilan yang indah dari bentuk maupun warhna yang dimiliki dengan beraneka ragam keunikan dari berbagai jenis tanaman hias.

Hasil sebuah penelitian dengan memandang benda yang indah serta warna yang disukai ternyata mampu membuat seseorang menghilangkan perasaan stress yang tengah dialami guna membuat fikiran menjadi lebih fres serta menghilangkan kepenatan dari segala aktifitas sehari-hari.

  1. Membunuh Bakteri Maupun Virus

Ada sejumlah jenis tanaman yang memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri maupun virus yang tersebar dalam udara ruangan. Salah satu jenisnya adalah eucalyptus yang mengubah bakteri menjadi antiseptic.

Seperti yang diketahui bahwa bakteri dan virus dalam udara dapat berakibat timbulnya penyakit khususnya yang berkaitan dengan pernafasan.

Eucalyptus sendiri dapat menjadi solusi akan masalah tersebut dengan cara mengirup bunganya bahkan banyak yang melakukan hal tersebut untuk mengatasi hidung yang tersumbat.

Itu tadi beberapa manfaat tanaman hias dalam rumah, namun selain itu masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman hias tersebut. Dengan menempatkannya pada ruangan, suasana akan lebih positif serta mampu menjaga kebersihan ruangan anda.

 

Advertisement
Manfaat Tanaman Hias Dalam Rumah | admin | 4.5