Melebatkan Bunga Anggrek Dengan Teknik Repotting

Melebatkan Bunga Anggrek Dengan Teknik Repotting – Apa itu repotting? Repotting adalah penggantian media baru pada tanaman anggrek. Biasanya repotting meliputi penggantian pot dan pemotongan setek.

Advertisement

Repotting bisa dilakukan pada jenis tanaman anggrek mana pun. Pada saat kapan tanaman anggrek harus di repotting? Tanaman anggrek dapat di repotting ketika sudah seperti contoh di bawah ini.

Tanaman anggrek memerlukan media sebagai tempat tumbuh dan media tersebut dinamakan sebagai media tumbuh. Media tumbuh tanaman anggrek jika sudah hancur atau jika sudah tidak layak untuk digunakan sebaiknya tanaman anggrek di repotting saja.

Hancurnya media tumbuh dikarenakan hancur termakan usia. Media yang termakan usia tersebut dikarenakan telah mengalami dekomposisi.Melebatkan Bunga Anggrek Dengan Teknik Repotting

Melebatkan Bunga Anggrek Dengan Teknik Repotting

Apabila media tumbuh telah hancur karena terserang hama dan penyakit, maka repotting bisa dilakukan. Media tumbuh yang terserang oleh hama dan penyakit biasanya sebagian tanaman anggrek ada yang rusak. Misalnya pada bagian akar dan pertumbuhan tanaman menjadi terhambat.Baca juga Perawatan Harian Belimbing Supaya Berbuah Lebat

Tanaman telah tinggi dan berdesakan

Apabila menemukan tanaman anggrek yang telah tinggi melampaui batas dan berdesakan, maka segera lakukan repotting. Biasanya anggrek yang dapat terlampau tinggi adalah jenis anggrek monopodial. Dan anggrek yang terlampau berdesakan biasanya dialami oleh jenis tanaman anggrek simpodial.

Itulah beberapa contoh tanaman anggrek yang perlu direpotting.

Advertisement

Jika tadi sudah membahas mengenai tanaman anggrek yang perlu direpotting, lantas bagaimanakah cara melakukan repotting? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara melakukan repotting, mari simak penjelasan di bawah ini.

Cara melakukan repotting pada anggrek monopodial

Anggrek monopodial merupakan anggrek yang tumbuh meninggi. Jadi, apabila ada tanaman anggrek yang tumbuh meninggi tanpa batas berarti anggrek tersebut merupakan jenis anggrek monopodial. Anggrek monopodial merupakan jenis tanaman yang mempunyai satu batang utama. Anggrek yang sudah meninggi tanpa batas, sebaiknya segera lakukan repotting.

Cara melakukan repotting pada tanaman anggrek monopodial adalah sebagai berikut.

  • Potonglah ujung batang tanaman dengan menyertakan minimal dua akar.
  • Jangan sampai mengurangi jumlah daun.
  • Setelah itu barulah potongan setek dapat di tanam di dalam pot atau di lapangan terbuka.

Bagimana cara menanam potongan setek di dalam pot? Caranya adalah sebagai berikut.

  • Sediakan pot yang ukurannya lebih besar dari pot yang sebelumnya.
  • Sediakan pecahan batu bata atau pecahan genting.
  • Pecahan genting atau batu bata ini berfungsi untuk menjaga pot supaya tidak mudah rebah. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk menjaga kelembapan pada tanaman anggrek.
  • Masukkan pecahan genting atau pecahan batu bata di dalam pot, tepatnya pada bagian dasar pot.
  • Kemudian masukkan media tumbuh. Contohnya seperti sabut kelapa, arang, pakis, atau media tumbuh lainnya.
  • Letakkan setek anggrek di tengah-tengah pot yang telah berisi pecahan genting atau batu bata dan media tumbuh.

Penanaman setek anggrek telah selesai dilakukan.Demikian sedikit penjelasan tentang teknik melebatkan bunga anggrek dengan cara reppoting semoga bisa berguna.simak juga artikel terkait anggrek Pupuk Terbaik Kusus Untuk Bunga Anggrek

Advertisement
Melebatkan Bunga Anggrek Dengan Teknik Repotting | admin | 4.5