Membasmi Hama Hewan Pada Tanaman Anggrek

Membasmi Hama Hewan Pada Tanaman Anggrek – Banyak hama dan penyakit yang kerap menyerang tanaman bunga anggrek,selain penyakit dan bakteri,jenis hama binatang kecil juga sering banyak di keluhkan para pembudidaya tanaman hias anggrek ini,

Advertisement

Maka dari itu,beberapa contoh hama binatang kecil yang sering menyerang tanaman bunga anggrek serta tata cara pengendalian secara alami maupun menggunakan pestisida akan saya ulas lebih gamblang supaya nantinya bisa menjawab rasa hati penasaran nada selama ini..

Nah,beberapa jenis Ham serta penyakit pada tanaman anggrek tersebut antara lain seperti berikut.

Hama hewan anggrek Belalang

Belalang merupakan salah satu dari sekian banyak jenis hama yang menyerang anggrek. Belalang biasanya menyerang pada bagian daun anggrek. Belalang sangat menyukai daun. Oleh karena itu, belalang memakan bagian daun anggrek.

Walaupun bentuk belalang tidak membahayakan, namun belalang ini dapat mengakibatkan kerusakan berat pada anggrek. Terutama pada bagian daun anggrek.Membasmi Hama Hewan Pada Tanaman Anggrek

Tidak hanya itu, jika penanganannya lambat maka belalang akan pinah dari tanaman satu ke tanaman lainnya. Proses perpindahan tersebut berlangsung secara cepat. Untuk menghindari pindahnya belalang dari tanaman satu ke tanaman lainnya, maka segera lakukan pemberantasan belalang.

Bagaimana cara memberantas hama belalang ini? Cara memberantas hama belalang adalah dengan mengambil belalang dengan menggunakan tangan jika penyerangan belalang dalam skala kecil.

Namun, jika penyerangan belalang sudah dalam skala besar bisa menggunakan cairan insektisida. Penggunaan cairan insektisida harus sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.Baca juga Teknik Repotting Tanaman Bunga Anggrek

Hama jenis Kumbang

Kumbang juga termasuk hama anggrek. Kumbang yang sering menyerang anggrek terbagi atas dua jenis, yaitu adalah sebagai berikut.

Advertisement
  • Kumbang gajah

Kumbang gajah menyerang hampir semua jenis anggrek. Diantara jenis anggrek yang sering diserang oleh kumbang gajah beberapa diantaranya seperti Phalaenopsis, Dendrobium, dan masih banyak jenis anggrek lainnya yang sering dijumpai hama kumbang gajah ini.

Apabila hama kumbang gajah ini sudah menempel pada salah satu daun anggrek, maka kumbang gajah akan berkembangbiak pada salah satu daun anggrek tersebut.

Dari mulai bertelur hingga menjadi kumbang gajah dewasa, kumbang ini tetap berada pada daun anggrek dan lama kelamaan akan menyerang bagian anggrek lainnya.

Kumbang gajah sering dijumpai pada bagian pucuk daun. Kumbang gajah suka sekali memakan pucuk daun. Akibat dari penyerangan kumbang gajah adalah tunas mati dan daun menjadi robek-robek. Apabila kumbang gajah menyerang bagian umbi semu, maka akan berakibat kematian pada anggrek tersebut.simak juga 4 Jenis Hama Anggrek Paling Mematikan

Bagaimana cara memberantas hama kumbang gajah? Cara memberantas hama kumbang gajah adalah dengan menggunakan cairan insektisida apabila dalam skala besar. DDan apabila dengan skala kecil bisa dilakukan dengan cara menangkap lalu dibunuh.

  • Kumbang kuning

Ciri-ciri dari kumbang kning adalah panjang tubuhnya kira-kira 5 mm. Sesuai dengan namanya, kumbang kuning berwarna kuning. Ada dua stadia hama yang dapat berakibat kerusakan pada anggrek, yaitu stadia larva dan kumbang dewasa.

Larva kumbang kuning dapat melubangi daun, tunas, dan bunga anggrek. Begitu pula dengan kumbang dewasa yang akan melubangi daun, tunas, dan bunga anggrek. Jika tidak diberantas sesegera mungkin, maka tanaman anggrek akan layu dan mati.

Bagaimana cara mengendalikan kumbang kuning ini? Cara mengendalikan hama kumbang kuning sama seperti cara mengendalikan hama kumbang gajah. Namun, jika masih bisa dicegah, sebaiknya lakukan pencegahan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar tanaman anggrek.

Dengan begitu tidak ada hama yang akan menyerang anggrek.Kedua binatang tersebut yang sering membuat resah para pencinta tanaman anggrek.Mungkin hanya ini saja tulisan membasmi hama binatang pada tanaman anggrek,semoga bisa berguna dan bermanfaat.Artikel terkait lainnya.Pengendalian Penyakit Anggrek Bercak Daun Busuk Batang

Advertisement
Membasmi Hama Hewan Pada Tanaman Anggrek | admin | 4.5