Membasmi Hama Penyakit Pada Tanaman Mangga

Membasmi Hama Penyakit Pada Tanaman Mangga – Tanaman manga merupakan tanaman yang tak luput dari serangan hama penyakit. Hama dan penyakit merupakan hal yang paling mengganggu pertumbuhan tanaman mangga. Pembudidaya mangga sangat khawatir jika tanaman mangganya terserang hama penyakit. Terlebih lagi jika mangga tersebut terserang hama dan penyakit yang sangat berbahaya.

Advertisement

Hama merupakan sejenis binatang yang sering menyerang seluruh tanaman, tidak terkecuali tanaman mangga. Ada begitu banyak jenis hama yang menyerang tanaman mangga, namun ada beberapa jenis hama saja yang sering menyerang tanaman mangga. Apa-apa saja jenis hama yang sering menyerang tanaman mangga?

Perlu diketahui bahwa tanaman mangga yang terserang hama penyakit yang sangat berbahaya akan mengakibatkan kematian pada tanaman mangga tersebut. Hama dan penyakit yang menyerang tanaman mangga ada begitu banyak jenisnya. Pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai jenis hama yang sering menyerang tanaman mangga.

Membasmi Hama Penyakit Pada Tanaman Mangga

Membasmi Hama Penyakit Pada Tanaman Mangga

Lantas, apa-apa saja jenis hama yang sering menyerang tanaman mangga? Jenis hama yang sering menyerang tanaman mangga diantaranya adalah sebagai berikut.

Hama Mangga Kepik

Hama kepik merupakan salah satu jenis hama yang sering menyerang tanaman mangga. Kepik ini kelihatannya mmemang tidak berbahaya. Namun, bagi tanaman mangga, hama kepik ini sangat berbahaya. Hama dengan nama latin Cryptorrhynoccus gravis ini merupakan hama yang sering menyerang bagian buah mangga.Simak juga Supaya Melon Besar Kotak Dan Memiliki Rasa Manis

Cara hama kepik menyerang buah mangga adalah dengan melubangi buah mangga tersebut lalu masuk ke dalam buah mangga tersebut. Hama kepik ini jika dibiarkan akan bertelur pada buah mangga dan berkembang biak. Untuk mengetasi masalah hama kepik ini, kita bisa menggunakan semut.

Semut merupakan musuh alami hama kepik. Semut juga bisa mencegah hama kepik bertelur pada buah mangga atau pada bagian mangga lainnya.

Hama Tanaman Mangga lalat buah

Seperti hama kepik, hama lalat buah juga menyerang buah mangga. Hama lalat buah ini akan menyebabkan buah mangga menjadi rusak. Buah mangga yang rusak akan menyebabkan nilai jual dari buah mangga menjadi menurun. Hama lalat buah dapat dikendalikan.

Membasmi Hama Penyakit Pada Tanaman Mangga

Cara mengendalikannya adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis. Untuk pencegahan agar hama lalat buah tidak menyerang buah mangga adalah dengan cara membungkus buah mangga di dalam kantong semen. Dengan begitu, lalat buah tidak dapat masuk ke dalam buah mangga.

Hama Mangga bubuk buah

Hama bubuk buah ini menyerang buah mangga dan tunas-tunas muda. Ketika hama bubuk buah ini menyerang memang tidak ada gejala apapun dari luar atau dari kulit buah. Namun, ketika dilihat di dalam buah tersebut sangat terlihat jelas bahwa hama bubuk buah ini telah membuat buah mangga menjadi rusak.Baca juga Cara Sederhana Membuat Tanaman cepat Berbuah Lebat

Untuk mengendalikan hama bubuk buah ini adalah dengan memusnahkan buah mangga yang terserang hama bubuk buah kemudian buah mangga tersebut dikubur. Hanya cara tersebutlah yang dapat membuat hama bubuk buah tidak menyerang buah mangga yang lainnya.

Hama bisul daun Mangga 

Advertisement

Gejala yang ditimbulkan dari tanaman mangga jika terserang hama bisul daun adalah munculnya bintik-bintik berwarna cokelat seperti bisul pada daun. Hama ini menyerang bagian akar tetapi imbasnya pada daun mangga. Untuk mengatasi masalah ini,  cara mengatasinya adalah dengan menyemprotkan cairan insektisid sesuai dengan dosis.

Membasmi Hama Penyakit Pada Tanaman Mangga

Hama wereng

Hama yang memiliki nama latin ideocerus clypealis ini merupakan hama yang sering dijumpai menyerang tanaman mangga. Pada awalnya, hama wereng hanya menyerang padi saja. Namun, lama kelamaan hama wereng mulai menyerang tanaman lainnya termasuk tanaman mangga.

Supaya lebih teliti lagi ketika mendeteksi ada atau tidaknya hama wereng ini, sebaiknya pembudidaya mangga harus tahu ciri-ciri dari hama wereng ini. Ciri-ciri dari hama wereng adalah memiliki panjang tubuh sekitar 0,4 mm dan berwarna abu-abu bercampur cokelat.Tulisan terkait Tanaman Buah Paling Tepat Di Tanam Dalam Pot

Untuk mengatasi hama wereng caranya adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan pada kemasan. Apabila serangan hama wereng ini sudah terlalu parah, untuk pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara memusnahkan bagian yang terserang.

Hama tungau

Hama Paratetranychus yothersi atau yang disebut dengan hama tungau ini menyerang daun-daun muda. Tidak hanya daun muda saja tetapi bagian bunga tanaman mangga juga ikut menjadi sasaran penyerangan hama tungau. Untuk mengatasi hama tungau dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan tepung blerang.

Jika cara tersebut tidak ampuh untuk mengatasi hama tungau, maka cara yang kedua adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

Membasmi Hama Penyakit Pada Tanaman Mangga

Kutu putih

Disebagian daerah di Indonesia, kutu putih juga dikenal dengan sebutan cabuk. Cabuk atau kutu putih biasanya menyerang daun tanaman mangga. Tidak hanya daun, ranting pun juga ikut menjadi sasaran dari serangan kutu putih ini. Gejala yang ditimbulkan dari serangan kutu putih adalah adanya hewan berwarna putih yang bergerombolan pada daun atau pada ranting tanaman mangga.Baca juga Khasiat Manfaat Cengkih Dan Daun Dewa Untuk Pengobatan

Hama kutu putih snagat berbahaya bagi tanaman mangga karena akan menghilas sel pada daun. Akibatnya daun yang sudah diserang akan berubah warna menjadi kuning. Tidak hanya itu saja, proses fotosintesis pun akan terganggu dengan adanya kutu putih ini.

Untuk mengendalikan hama kutu putih dapat dilakukan dengan cara membuang bagian tanaman yang menjadi tempat berkembang biak hama kutu putih. Cara yang kedua untuk membasmi kutu putih adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

Hama penggerek ranting

Hama penggerek ranting berbentuk seperti kumbang. Kumbang ini menyerang bagian batang tanaman mangga. Gejala yang ditimbulkan dari serangan hama penggerek ranting adalah batang yang terserang akan mengeluarkan kotoran yang berwarna hitam.

Untuk mengendalikan hama penggerek ranting caranya adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida jenis Ambush sesuai dengan dosis yang telah tertera pada kemasan.demikian Membasmi Hama Penyakit Pada Tanaman Mangga  semoga bisa berguna dan membantu..Tulisan terkait Lain Cara Melebatkan Buah Tanaman Dengan Pemangkasan Ranting

Advertisement
Membasmi Hama Penyakit Pada Tanaman Mangga | admin | 4.5