Membuat Tanaman Alokasia Berdaun Mengkilat

Membuat Tanaman Alokasia Berdaun Mengkilat – Memiliki tanaman alokasia yang tampil eksotis adalah impian para penggemar tanaman hias khususnya tanaman alokasia.

Advertisement

Tanpa dimodifikasi, tampilan alokasia sudah menawan. Namun, akan lebih menawan lagi jika penampilannya dimodifikasi menjadi lebih baik lagi.

Untuk membuat tanaman tampil menawan, caranya tidaklah sulit. Kita hanya perlu merawat alokasia dengan baik dan memenuhi hal-hal yang dibutuhkan oleh alokasia.

Tanaman hias alokasia baru dapat dikatakan tampil menawan apabila memiliki daun yang mengkilap, daun yang rimbun dan kompak dan lain sebagainya.

Setiap alokasia memiliki bentuk daun yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya, daun pada alokasia terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu daun dengan permukaan halus dan daun dengan permukaan kasar.

Kedua kelompok daun tersebut sama-sama dapat tampil menawan apabila daun tersebut tampil mengilaukan. Namun, perlakuan di dalam mengilaukan daun antara permukaan daun yang halus dengan yang kasar tidaklah sama.

Membuat Tanaman Alokasia Berdaun Mengkilat

Membuat Tanaman Alokasia Berdaun Mengkilat

Mungkin untuk alokasia yang berdaun halus perlakuannya tidak jauh berbeda dari alokasia yang berdaun kasar. Untuk alokasia berdaun halus perlakuannya dilakukan dengan cara mengelap daun dengan menggunakan leaf shine seminggu sekali.

Jika tidak ada leaf shine, maka bisa menggunakan alternatif lainnya seperti lotion, susu murni, minuman dingin, atau santan yang beku. Semua itu bisa dijadikan sebagai pengganti leaf shine untuk mengilapkan daun yang permukaannya halus.

Advertisement

Sedangkan untuk alokasia dengan daun yang permukaannya kasar diperlakukan dengan cara ulas dengan kuas halus saja. Dengan melakukannya setiap seminggu sekali atau sesuai dengan alokasia tersebut.

Tidak semua jenis alokasia dapat tumbuh dengan duan yang rimbun dan kompak. Bagi alokasia yang tumbuh tidak memiliki daun yang rimbun dan kompak bisa dibuat memiliki daun yang rimbun dan kompak.Baca juga Perbedaan Anthurium Jeruk VS Anthurium Gelombang Cinta

Tanaman yang memiliki daun yang rimbun dan kompak memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Apabila ingin membuat alokasia memiliki daun yang rimbun dna kompak maka perhatikanlah beberapa hal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti media tanamnya.

Media tanam yang dipakai harus sesuai dengan syarat tumbuh tanaman. Alokasia dapat tumbuh optimal pada medai tanam ber-pH 6-6,5. Ingatlah, jangan menggunakan media tanam dengan tingkat keasaman yang tinggi.

Mengapa tidak boleh? Karena dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi tidak optimal dan berimbas pula pada pertumbuhan daun yang tidak rimbun dan kompak. Media yang digunakan harus porous tetapi bisa menahan kelembapan.

Jangan memilih media yang  terlalu keras karena dapat menyebabkan akar sulit bergerak dan bernapas. Selain itu, akar juga tidak menyerap nutrisi dengan baik.

Tidak hanya itu saja, apabila air yang disiram terlalu berlebihan dan akar tidak mampu lagi untuk menyerapnya maka akan mengakibatkan busuk pada bagian akar dan batang.

Apabila sudah mengalami busuk pada bagian akar dan batang maka beberapa hari kemudian tanaman akan mati.Inilah Membuat Tanaman Alokasia Berdaun Mengkilat tulisan lain Agar Pachypodium Tampil Cantik Unik Dalam Pot 

Advertisement
Membuat Tanaman Alokasia Berdaun Mengkilat | admin | 4.5