Menanam Bonsai Di Dalam Batu Hias Panduan Pemula

Menanam Bonsai Di Dalam Batu Hias Panduan Pemula – Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa tanaman hias adenium ini memiliki keindahan dan juga keunikan yang tersendiri.

Advertisement

Keindahan dan keunikan yang di miliki oleh tanaman hias adenium membuat semua orang ingin memiliki tanaman hias tersebut, sehingga hingga saat ini tanaman hias tersebut masih tetap menjadi tanaman yang paling banyak di gemari oleh para pencinta tanaman hias.

Pada saat ini telah banyak di temui contoh-contoh dari keunikan tanaman hias adenium bonsai ini. Salah satunya seperti bonsai dengan akar yang membesar, bonsai dengan akar seperti kuku macan, dan bonsai dengan akar menyebar luas.

Semakin unik bentuk dari tanaman hias bonsai tersebut, maka semakin banyak pula yang ingin memiliki tanaman hias adenium tersebut.

Selain dari itu, ada satu jenis bentuk dari tanaman hias adenium yang tak kalah menariknya, bentuk tersebut ialah bonsai dengan akar yang tertanam di dalam batu.

Menanam Bonsai Di Dalam Batu Hias Panduan Pemula

Menanam Bonsai Di Dalam Batu Hias Panduan Pemula

Untuk bentuk kreasi yang satu ini merupakan suatu kreasi yang tidak mudah di lakukan oleh semua orang.

Karena jenis yang satu ini pastinya memerlukan keahlian yang khusus untuk melakukan penanamannya, jika tidak di lakukan dengan benar, maka tanaman yang tertanam di dalam batu akan mudah layu.Baca juga Perbedaan Anthurium Jeruk VS Anthurium Gelombang Cinta

Berikut ini akan di jelaskan beberapa hal tentang tahap penanaman tanaman hias bonsai dengan akar yang tertanam di dalam batu. Jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, maka anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :

  • Seperti tanaman hias pada umumnya, hal yang pertama kali harus di lakukan ialah memilih jenis bakalan bonsai yang sehat, serta tidak mudah terserang oleh hama dan juga penyakit. Selain itu, pastikan bakalan bonsai memiliki akar yang cukup untuk di tanam di dalam batu.
  • Selanjutnya, pilih lah bakalan bonsai yang memiliki ukuran yang sesuai dengan batu yang akan di gunakan untuk penanaman.
  • Untuk batu ini sendiri biasanya harus memiliki bentuk yang artistik dan juga berlubang. Usahakan lubang tersebut tidak membuat tanaman bonsai merasa sempit apabila berada di dalamnya.
  • Setelah batu dan bakalan bonsai telah di sediakan, maka tahap selanjutnya yang dapat di lakukan ialah memasukkan media tanam yang telah di sediakan sebelumnya.
  • Usahakan media tanam yang di masukkan ke dalam batu tersebut tidak terlalu padat. Jika media tanam yang di masukkan terlalu padat, maka akan membuat tanaman bonsai akan sulit untuk berkembang dengan bebas.
  • Agar sosok tanaman adenium bonsai tersebut terlihat lebih menarik dan terlihat lebih kokoh, maka ada baiknya jika kita melakukan pelilitan kawat pada batang tanaman hias bonsai tersebut.
  • Untuk pelilitan ini biasanya menggunakan jenis kawat yang berukuran kecil, karena kawat yang berukuran lebih akan membuat tampilan tanaman hias semakin menarik lagi. Selain itu, usahakan dalam melakukan pelilitan tidak harus terlalu ketat, agar tanaman bonsai tidak mudah terluka akibat pelilitan tersebut.

Menanam dan membuat bonsai bergaya Cina

Menanam Bonsai Di Dalam Batu Hias Panduan Pemula

Advertisement

Tanaman bonsai merupakan salah satu dari tanaman hias yang paling banyak di buru dan juga paling banyak di jadikan sebagai penghias ruangan maupun di sekitar pekarangan rumah. Tanaman bonsai adenium ini banyak di gemari oleh para hobiis karena pada dasarnya tanaman ini memiliki keunikan yang tersendiri.

Keunikan dari tanaman hias adenium bonsai ini di mulai dari akar, batang, tajuk dan juga bunganya. Sehingga untuk di pajangkan di mana saja tanaman ini akan terlihat sangat menarik dan juga unik tentunya.

Salah satu dari sekian jenis tanaman hias adenium bonsai yang paling banyak di buru oleh para hobiis ialah tanaman hias bonsai bergaya cina. Jenis bonsai adenium yang satu ini memiliki keunikan yang tak tertandingi di antara jenis-jenis adenium lainnya.Baca dulu Membuat Tanaman Alokasia Berdaun Mengkilat

Untuk melakukan pembentukan tanaman hias bonsai bergaya cina ini pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga harga yang di tawarkan untuk satu jenis tanaman hias bonsai bergaya cina ini bisa mencapai ratusan juta rupiah per tanamannya.

Bonsai gaya Cina Unik

Adapun cara melakukan pembentukan tanaman bonsai bergaya cina tersebut dapat langsung kita lihat di bawah ini :

  • Seperti pembentukan pada umumnya, hal yang pertama kali harus di lakukan ialah mempersiapkan bakalan bonsai yang sehat, berusia muda, memiliki cabang dan tajuk yang lebih banyak, memiliki akar yang unik, dan juga harus memiliki bunga yang lebat.
  • Jika tanaman yang akan di bentuk telah di siapkan dengan baik, maka selanjutnya buat lah pola sesuai dengan apa yang kita inginkan.
  • Jika pola telah selesai di buat, maka selanjutnya lilitkan kawat yang telah di sediakan pada batang atau tajuk tanaman yang telah di buat polanya tadi.
  • Usahakan pelilitan yang di lakukan tidak terlalu ketat, karena jika terlalu ketat tentunya akan mudah melukai batang atau tajuk pada tanaman hias bonsai.
  • Agar tajuk yang di lilitkan tadi tidak mudah bergeser, maka ada baiknya jika kita melakukan pemasangan kawat pada bagian potnya juga. Bagian pot yang terpasang kawat dapat langsung di lilitkan pada bagian tajuk tanaman yang ada di atas.
  • Usahakan pelilitan tersebut di lakukan dengan seimbang, jika keseimbangan antara kawat atas dengan kawat yang bawah terjaga dengan baik, maka hasil yang akan di timbulkan untuk tanaman ini juga akan sangat memuaskan.
  • Untuk hasil yang akan di timbulkan biasanya baru dapat di lihat ketika pembentukan sudah memasuki usia satu tahun. Tetapi sebelum memasuki usia satu tahun tersebut, maka ada baiknya jika kita selalu rutin melakukan pengecekan.
  • Jika telah memasuki usia satu tahun, semua jenis kawat yang melilit pada tanaman hias bonsai tersebut harus di lepas satu persatu. Untuk melakukan pelepasannya ini sebaiknya harus di lakukan dengan sangat hati-hati, karena di khawatirkan akan melukai tanaman tersebut.

Inilah sedikit ulasan dan panduan seputar Menanam Bonsai Di Dalam Batu Hias Panduan Pemula semoga bisa membantu dan bermanfaat..Baca juga Cara Membesarkan Akar Bonsai Adenium Paling Mudah

Advertisement
Menanam Bonsai Di Dalam Batu Hias Panduan Pemula | admin | 4.5