Menanam Tanaman Hias Suplir Adiantum Tenerum

Menanam Tanaman Hias Suplir Adiantum Tenerum – Tanaman hias suplir adiantum tenerum adalah tanaman hias yang nampak cantik jika daun daunya tumbuh lebat dan kompak. Daun tanaman suplir ini berukuran kecil dengan bentuk cenderung bulat simetris dan ditopang oleh tangkai daun berwarna hitam mengilap. Karenanya tanaman jenis paku pakuan yang satu ini sering dijadikan sebagai tanaman hias.

Advertisement

Banyak pecinta tanaman yang menanam tanaman hias suplir adiantrum tenerum karena keindahan daunnya yang nampak lembut.

Pecinta tanaman biasanya menanam tanaman hias suplir adianttum tenerum dalam pot cantik dan digantungkan untuk hiasan indoor mauput outdoor untuk menampakkan kesan kelembutan dan kesegaran.Menanam Tanaman Hias Suplir Adiantum Tenerum

Menanam tanaman hias suplir Adiantum tenerum terbilang mudah. Tanaman ini akan tumbuh dengn baik di tempat yang teduh dan lembab.

Sebaliknaya, jika menanam tanaman hias suplir adiantum tenerum di tempat yang terpapat sinar matahari langsung, maka daunnya akan mengering dan gugur.

Dalam jangka waktu yang panjang, paparan sinar matahari langsung akan membuat tanaman hias jenis ini mati mengering.

Cara menanam tanaman hias suplir adiantum tenerum yang paling mudah adalah dengan pemisahan anakan dan spora. Kelebihan lain dari teknik penanaman ini adalah memeroleh tanaman dalam waktu yang singkat.

Cara menanam tanaman hias suplir adiantum tenerum dengan teknik pemisahan anak adalah memotong anakan yang muncul di samping induknya pada bagian akar sambungnya. Tanam anakan ini pada media tanam dan kurangi dedaunan yang sudah tua untuk mengurangi penguapan.

Advertisement

Sedangkan cara menanam tanaman hias suplir Adiantum tenerum dengan teknik spora membutuhkan proses yang lebih panjang.

Namun, secara teknis perbanyakan menggunakan cara ini akan menghasilkan anakan yang lebih banyak dan jika beruntung anda akan menjumpai anakan-anakan yang aneh-aneh. Misal saja, anakan suplir daun keriting, daun ‘variegata’ atau daun bertumpuk yang memiliki harga selangit karena kelangkaannya.

Secara singkat, menanam tanaman hias suplir adiantum tenerum menggunakan teknik spora dapat dilakukan dengan langkah berikut :

  1. Kumpulkan spora

Kumpulkan daun suplir dan bungkus dalam kantong plastik. Jemur kantong plastik yang berisi daun supir ini pada terik matahari untuk memisahkan spora dari daun. Setelah cukup kering ambil spora dan pindahkan pada wadah terpisah.

  1. Penyemaian

Untuk persemaiannya, menggunakan wadah plastik yang bagian atasnya ditutup plastik atau kaca namun pastikan penyemaian memiliki sirkulaasi udara yang bai. Untuk media tanam gunakan moss.

Taburkan spora yang telah dikumpulkan pada mos secara merata (agar lebih merata campurkan dulu dengan bubuk moss). Setelah itu lakukan penyiraman secara rutin dengan semprotan halus.

  1. Pemindahan

Keberhasilan teknik menanam tanaman hias suplir Adiantum tenerum dengan spora akan ditandai dengan kemunculan daun pertama, biarkan daun ini tumbuh hingga moss terlihat sesak. Setelah itu pindahkan ke media tanam yang baru.

Nah, itulah informasi seputar cara menanam tanaman hias suplir adiantum tenerum dengan menggunakan teknik spora yang mungkin dapat anda coba lakukan di rumah. Selamat mencoba.

Advertisement
Menanam Tanaman Hias Suplir Adiantum Tenerum | admin | 4.5