Mengintip 5 Tips Menanam Lidah Mertua di Pot

Mengintip 5 Tips Menanam Lidah Mertua di Pot – Menghiasi halaman rumah dengan tanaman hias akan lebih mempercantik rumah. Namun tentu saja untuk membuat tanaman hias menjadi tubuh subur bukanlah perkara yang mudah. Apalagi tanaman yang ditanam adalah tanaman yang cukup bervariasi.

Advertisement

Bukan hanya itu saja biasanya tanaman hias yang ditanam di halaman rumah ditanam menggunakan pot-pot yang berjejer menghiasi halaman rumah.Mengintip 5 Tips Menanam Lidah Mertua di Pot

Di beberapa tahun terakhir banyak masyarakat yang gemar menanam tanaman hias jenis sanseiviera. Salah satu jenis tanaman hias ini biasanya lebih dikenal dengan nama lidah mertua.

Ada beberapa jenis dari tanaman ini diantaranya lidah mertua spesies dan lidah mertua hibrid. Meski kedua jenis ini berbeda namun untuk penanamannya sendiri tidak jauh berbeda.

Untuk mendapatkan tanaman yang apik dan subur, ada 5 tips menanam lidah mertua di pot. Berikut 5 tips menanam lidah mertua di pot yang bisa dijadikan bahan referensi.

Menggunakan media tanam yang sesuai adalah satu dari 5 tips menanam lidah mertua di pot yang wajib diperhatikan. Meskipun tanaman hias lidah mertua dapat hidup di tanah yang kering dan dapat ditanam di tempat yang berudara lembab, sebaiknya penanaman lidah mertua dilakukan di media tanam yang berpasir.

Karena itu menggunakan media tanam pasir adalah media yang sesuai dengan karakter dari tanaman lidah mertua yang mempunyai daun tebal dan banyak mengandung air sekulen.

Advertisement

Tips pertama ini bisa diaplikasikan dengan mencampurkan tanah yang berhumus, pasir, sekam padi dan pupuk yang tepat yaitu pupuk organik. Agar komposisi ini seimbang, takaran media tanam diatas menggunakan perbandingan 1:1:1:1.

Tips kedua dari 5 tips menanam lidah mertua di pot adalah memilih pot yang sesuai untuk lidah mertua. Sebenarnya tanaman lidah mertua dapat ditanam di halaman rumah tanpa menggunakan pot.

Namun, agar terkesan lebih indah dan tanaman tumbuh dengan sempurna sebaiknya untuk penanamannya menggunakan pot-pot yang terbuat dari bahan keramik. Hal tersebut dikarenakan pot yang terbuat dari keramik memiliki pori-pori dan tahan lama.

Pada saat menanam lidah mertua, ada beberapa bahan yang bisa ditambahkan seperti sabut kelapa dan pecahan genteng untuk menahan tanaman agar tidak mudah hanyut.

Tips selanjutnya yaitu memupuk tanaman secara teratur. Tips ini menjadi bagian yang penting dari 5 tips menanam lidah mertua di pot yang harus harus dilakukan. Pemupukan secara teratur sangat baik untuk tanaman hias maupun tanaman biasa.

Pupuk yang tepat digunakan untuk tanaman hias jenis lidah mertua adalah pupuk organik seperti pupuk kompos dan pupuk kandang. Pemupukan yang teratur ini akan memaksimalkan tanaman berkembangk biak.

Melakukan perkembangbiakan tanaman adalah tips ke 4 dari 5 tips menanam lidah mertua di pot. Setelah penanaman dilakukan secara maksimal, tentunya tanaman hias lidah mertua akan tumbuh subur.

Hal yang harus dilakukan adalah melakukan perkembangbiakan secara berkala dengan menanam tunas daun lidah mertua ke pot lainnya.Tips terakhir dari 5 tips menanam lidah mertua di pot menyiram tanaman secara teratur.

Hal ini perlu dilakukan untuk tetap memberi kesuburan tanaman lidah mertua. Penyiraman dilakukan secara teratur dan tidak dianjurkan melakukan penyiraman secara berlebihan.

Advertisement
Mengintip 5 Tips Menanam Lidah Mertua di Pot | admin | 4.5