Merawat Bunga Anggrek Supaya Tumbuh Sehat

Merawat Bunga Anggrek Supaya Tumbuh Sehat – Anggrek yang tumbuh dengan sehat dan cantik merupakan idaman bagi setiap para penghobis anggrek. Untuk mendapatkan anggrek yang sehat bukanlah perkara yang mudah.

Advertisement

Diperlukan ketelitian dan kesabaran ketika merawat anggrek supaya anggrek dapat tumbuh dengan sehat dan dapat dinikmati keindahan bunganya.

Merawat anggrek terkadang banyak sekali hambatan-hambatan yang silih berganti. Salah satu hambatan ketika merawat anggrek adalah hama dan penyakit. Hama dan penyakit merupakan hal yang paling menakutkan bagi para penghobis.

Mengapa begitu? Karena hama dan penyakit akan datang kapan saja dan pembasmiannya yang sangat sulit. Jika tidak ditangani dengan serius, hama dan penyakit akan menyebabkan tanaman anggrek layu bahkan mati.Merawat Bunga Anggrek Supaya Tumbuh Sehat

Merawat Bunga Anggrek Supaya Tumbuh Sehat

Banyak para penghobis yang bingung bagaimana cara mencegah ancaman hama dan penyakit. Lantas, bagaimana cara mencegah ancaman hama dan penyakit supaya tidak menyerang tanaman anggrek? Caranya adalah sebagai berikut.

Merawat kesehatan anggrek harian 

Kesehatan anggrek merupakan hal yang dapat penghobis anggrek lakukan untuk  mencegah datangnya hama dan penyakit. Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi anggrek.

Sebab, jika anggrek sakit yang terjadi adalah angrek tidak akan berbunga dan anggrek tidak akan terlihat indah lagi. Perawatan kesehatan anggrek diantaranya adalah sebagai berikut.

Menyusun media tanam Pada anggrek

Agar anggrek tetap sehat selalu, sebaiknya penyusunan media tanam perlu dilakukan. Apabila media tanam anggrek telah cukup lama, maka segera ganti media tanam tersebut. Mengapa media tanam yang telah lama perlu diganti?Simak juga Teknik Memindahkan Bunga Anggrek Ke Pot

Advertisement

Media tanam yang telah lama perlu diganti dikarenakan media tanam yang telah lama pada umumnya telah ditumbuhi oleh lumut dan media tanam tersebut memadat.

Media tanam yang digunakan untuk menanam anggrek sebaiknya harus longgar dan tidak padat. Mengapa media tanam harus longgar? Untuk memudahkan aliran udara masuk ke dalam tanah dan dengan begitu akar anggrek bisa bernapas dengan mudah.

Lakukan Menyiram anggrek secara berkala

Penyiraman anggrek perlu dilakukan. Pengairan atau penyiraman yang cukup akan membuat anggrek cepat berbunga. Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak membutuhkan air yang terlalu banyak.

Yang terpenting adalah air masuk ke dalam tanah dan kebutuhan akan zat hara terpenuhi. Penyiraman yang baik dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.Artikel terkait Cara Menanam Anggrek Tempel Dan Pot

Menghilangkan Bagian anggrek yang busuk

Apabila menemukan tanaman yang sakit, sebaiknya langsung dibuang atau dihilangkan. Diperlukan pengecekan tanaman setiap harinya.

Tujuannya adalah supaya dapat diketahui apabila ada tanaman yang sakit dan bisa segera dipisahkan. Pemisahan bagian tanaman anggrek yang sakit bisa dilakukan dengan cara dipotong pada bagian tanaman yang sakit tersebut.

Pemisahan bagian tanaman yang sakit bertujuan agar bagian tanaman yang sakit tersebut tidak menular para bagian anggrek lainnya.

Kebersihan lingkungan Sekitar tanaman anggrek

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang perlu diperhatikan. Lingkungan yang bersih akan membuat hama dan penyakit tidak akan menyerang tanaman anggrek.

Oleh karena itu, jagalah kebersihan lingkungan sekitar tanaman anggrek.Mungkin hanya ini untuk menjaga tanaman bunga anggrek tumbuh sehat dan subur,demikian semoga membantu.baca juga Teknik Repotting Tanaman Bunga Anggrek

Advertisement
Merawat Bunga Anggrek Supaya Tumbuh Sehat | admin | 4.5