Merawat Tanaman Hias Di Air Supaya Segar Dan Subur

Merawat Tanaman Hias Di Air Supaya Segar Dan Subur – Rumah atau bangunan dengan taman minimalis akan membuat suasana semakin asri dan bagus akan lebih lengkap dengan kolam yang berisi tanaman. Hal ini bertujuan untuk mempercantik taman yang anda miliki.

Advertisement

Cara merawat tanaman hias air sangat mudah apalagi didukung media tanam yang cocok. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak tips berikut:

  1. Pemilihan wadah

Untuk merawat tanaman hias air supaya tumbuh subur dan segar sebaiknya anda menggunakan wadah yang tidak berlubang pada bagian dasar seperti halnya pot. Hal ini karena wadah tanaman hias air harus kedap sehingga air sama sekali tidak terbuang.Merawat Tanaman Hias Di Air Supaya Segar Dan Subur

Wadah alternatif yang bisa anda pakai antara lain berupa; batu artifisial atau batu alam dari plesteran semen atau beton atau gentong dari tembikar.

Jarang yang memanfaatkan kayu karena akan mudah lapuk ketika secara langsung terkena air secara terus menerus. Tetapi ada juga pecinta tanaman hias yang merawat tanaman hias air yang bereksplorasi dengan lumping sebagai wadah display dari tanaman hias yang ditanam pada ember atau pot.

  1. Penempatan

Jenis tanaman hias yang berdaun saja lebih toleran terhadap kondisi teduh namun jenis tanaman bungan membutuhkan lokasi yang memungkinkan bisa menyerap cahaya matahari secara total.

Advertisement

Seperti halnya bunga teratai akan mekar hingga tengah hari dan menguncup setelah itu dan akan berlangsung pada masa mekarnya yakni hingga 5 sampai 7 hari.

  1. Pemupukan

Tidak hanya tanaman pada media tanah atau media lain yang membutuhkan pupuk untuk merawat tanaman hias air juga dibutuhkan proses pemupukan.

Anda bisa memberikan tanaman air anda pupuk NPK (natrium, fosfor dan kalium) dengan kadar fosfor yang lebih tinggi. Hal ini bertujuan untuk menguatkan jaringan daun dan batang serta meningkatkan kualitas dan kuantitas bunga.

Untuk setiap gentong yang dibungkus tisu dan ditenggelamkan dalam media tanah dosisnya adalah 1 sendok. Untuk mencegah jentik nyamuk yang terapung pada permukaan air baiknya anda menghindari menggunakan bubuk abate karena bisa membuat pertumbuhan tanaman menjadi terhambat.

Sebaiknya anda bisa menggunakan beberapa ikan baik ikan lele, ikan emas, bahkan ikan liar yang terdapat di dasar selokan.

  1. Kualitas air

Untuk merawat tanaman hias air sebaiknya anda tidak menggunakan air PAM karena air pam basa dan mengandung kaporit sehingga bisa mengganggu pertumbuhan tanaman.

Anda bisa menambahkan air secara rutin pada wadah tanaman karena akan berkurang setiap harinya akibat diserap akar dan karena penguapan.

Disamping cara diatas anda dalam merawat tanaman hias air, tanaman juga memerlukan air untuk peremajaan yakni sekali setiap 6 bulan.

Caranya adalah dengan memotong akar yang terlalu panjang atau membuhi kolam ikan, sehingga akan muncul akar baru yang lebih sehat dan kuat nantinya.

Advertisement
Merawat Tanaman Hias Di Air Supaya Segar Dan Subur | admin | 4.5