Metode Budidaya Tanaman Hias Suji Pot

Metode Budidaya Tanaman Hias Suji Pot – Tanaman suji adalah tanaman yang banyak digunakan sebagai tanaman hias di rumah anda atau di tempat-tempat kantor anda. Sering juga tanaman suji ini disebut tanaman puring oleh orang Jawa. Tanaman ini ada beberapa macam spesies. Nah, inilah metode budidaya tanaman suji yang perlu anda ketahui atau anda lakukan adalah sebagai berikut :

Advertisement

Teknik Pembibitan

Budidaya tanaman suji bisa dilakukan 2 cara yaitu dengan pembibitan dari tunasnya dan dengan cara stek. Sedangkan dengan memisahkan tunas dengan induk dari tanaman suji tersebut itu adalah cara pembibitan dengan tunas.Metode Budidaya Tanaman Hias Suji Pot

Caranya ambil tunas tanaman suji yang berumur 3 minggu atau 1 bulan dari induk tanaman suji. Baiknya mengambilnya hati-hati agar akarnya tidak putus.

Berikutnya adalah budidaya tanaman suji dapat pula dilakukan dengan cara stek. Budidaya dengan stek ini biasanya dilakukakan untuk menghasilkan tanaman suji yang berkualitas tinggi.

Baca Juga: 14 Panduan Untuk Menanam Rumput Gajah Mini

Cara budidaya tanaman suji adalah anda harus menyiapkan dua tumbuhan tanaman suji yang berbeda namun masih dalam spesies yang sama. Selanjutnya budidaya tanaman suji adalah memotong batang yang sudah tertanam di pot atau tertaman di tanah, dan berikutnya adalah mengikat tanaman suji tersebut dengan sekam atau gambut.

Advertisement

Agar batang yang terbelah tersebut segar dan menyerap air yang terdapat pada sekam yang diikat bersamaan dari pohon suji yang satunya. Namun yang lebih sering digunakan adalah metode budidaya tanaman suji dengan tunasnya.

Cara Penanaman Yang benar

Nah, berikutnya adalah dengan penanaman yang tepat. Penanaman budidaya tanaman suji adalah dengan anda mengambil tanah yang sudah tercampur pupuk kompos dan pupuk kandang dengan perbandingan yang sama rata.

Kemudian metode budidaya tanaman suji dengan kedalaman tanah 5 cm jangan terlalu dalam jika terlalu dalam menanamannya akan menyebabkan tanaman suji mati.

Perawatan Dan pengolahan tanah

Selanjutnya adalah untuk perawatan budidaya tanaman suji. Perawatannya sangat mudah yaitu dengan pemberian pupuk setiap 2 minggu sekali, dan penyiraman yang sangat teratur setiap pagi dan sore hari.

Namun juga yang perlu anda perhatikan adalah jagan terlalu banyak memberikan komposisi air, lebih baik banyak memberikan komposisi sinar matahari yang cukup.

Perawatan hama Dan Penyakit

Berikutnya adalah dengan metode budidaya tanaman suji dengan perawatan dari hama. Caranya biasanya tanaman suji ini tumbuh subur jika banyak terkena air dan sinar matahari yang cukup akan banyak ulat atau serangga yang menghinggapi tanaman suji tersebut. Maka cara yang ampuh adalah menyemprotkan obat serangga untuk tanaman hias.

Tanaman suji ini adalah tanaman pelindung untuk halaman  rumah yang terkena dari sinar matahari. Tanaman suji ini berkembang dengan menjulang tinggi.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Saka Asparagus Plumosus

Biasanya budidaya tanaman suji ini digunakan untuk acara-acara adat tertentu seperti orang meninggal, atau pernikahan.Demikian sedikit penjelasan tentang Metode Budidaya Tanaman Hias Suji Pot semoga bisa berguna dan bermanfaat…salam..

Advertisement
Metode Budidaya Tanaman Hias Suji Pot | admin | 4.5