Negara Penghasil Bunga Mawar di Dunia

Negara penghasil bunga mawar – Bunga mawar merupakan komoditas yang sangat menjanjikan. Oleh karena itu ada beberapa Negara yang menjadikan bunga mawar sebagai komoditas utama.

Advertisement

Salah satunya adalah Negara Bulgaria. Negara ini mengolah bunga mawar menjadi minyak mawar. Dan minyak mawar ini dijadikan sebagai bahan dasar parfum. Banyak orang mengira bahwa Paris adalah Negara penghasil parfum namun ternyata penghasil bahan minyak parfum terbaik itu berasal dari Bulgaria.

Selain Bulgaria beberapa Negara lain adalah Maroko, Turki, Iran, Perancis, Belanda dan juga Italia. Namun sebagain besar dari produksi minyak mawar itu di impor oleh Negara Perancis sebagai bahan baku parfum dan juga kosmetik lainnya.

Bulgaria menjadi penghasil minyak mawar terbaik berkaitan dengan iklim Bulgaria yang sangat mendukung. Sehingga kualitas minyaknya tahan lama.Negara Penghasil Bunga Mawar di Dunia

Hal ini menjadikan banyak produsen berkompetisi mendapatkannya, sehingga harga minyak bunga mawar semakin hari semakin meningkat karena telah menjadi konsumsi global.

Saat ini harga minyak mawar sekitar 56 juta yang bisa menghasilkan kurang lebih 1 kg minyak mawar. Pilihan yang benar jika saat ini anda menggeluti budidaya bunga mawar, selain sebagai hiasan bunga ini juga bisa menjadi komoditas berharga.

Advertisement

Bayangkan saja untuk menghasilkan dua pound atau 0,9 kg ekstrak minyak dibutuhkan 5.500 pound atau sekitar 2,5- 2,9 ton bunga mawar. Tak heran banyak orang mengatakan bahwa harga minyak bunga mawar sebanding dengan harga emas.

Minyak bunga mawar ternyata tidak hanya digunakan sebagai bahan baku parfum dan kosmetik saja melainkan juga dipakai untuk bahan baku minuman brandy, selain itu juga sebagai obat berbagi penyakit.

Di Amerika telah ditemukan kegunaan minyak bunga mawar lainnya yaitu sebagai bahan perawatan peralatan pesawat luar angkasa. Alasannya karena minyak bunga mawar ini merupakan bahan yang tahan dalam kondisi temperatur apapun.

Minyak bunga mawar yang senilai dengan emas ini sebenarnya sudah ada sejak zaman purba, diperkirakan sudah ada sejak empat puluh juta tahun yang lalu. Para ilmuan percaya bahwa asal muasal bunga mawar adalah berasal dari wilayah Asia Tengah dan akhirnya menyebar keseluruh dunia yang sesuai dengan iklimnya.

Tanaman bunga mawar ini hampir bisa hidup sepanjang tahun. Jadi wajar saja bahwa banyak Negara yang konsisten menjadikan minyak mawar sebagai produk unggulan mereka. Bahkan saking seriusnya Negara seperti Bulgaria menjadikan bunga mawar sebagai simbol negaranya.

Dilihat dari iklim pertumbuhannya sebenarnya Indonesia merupakan salah satu Negara yang strategis dalam membudidayakan bunga mawar ini.

Namun masih banyak yang belum serius bergerak dalam bidang ini. Kebanyakan dari kita masih menjadikan bunga mawar sebagai hiasan, hobi yang menghasilkan uang.

Berdasarkan informasi di atas Indonesia bisa menjadi Negara potensial untuk mengembangkan budidaya mawar. Melihat harganya yang menjulang tinggi, ini merupakan peluang besar bagi Indonesia untuk turut serta.

 

Advertisement
Negara Penghasil Bunga Mawar di Dunia | admin | 4.5