Paduan Lengkap Budidaya Pepaya California

Paduan Lengkap Budidaya Pepaya California – Buah pepaya menjadi sangat favorit di kalangan masyarakat, karena murah dan enak serta sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis buah pepaya yang cukup popular di Indonesia adalah buah pepaya California, dengan keuntungan umur panen yang labih singkat yakni sekitaran 7 bulan.

Advertisement

Dengan berbagai keunggulan lain seperti batang pohon yang lebih pendek dan berbuah lebat. Dengan ciri-ciri berat buah berkisar 0,8- 2 kg perbuah dan lonjong, berkulit tebal lebih manis dan enak.

Dengan keuntungan jarak tanam hingga panen yang singkat. Membuat para pengusaha agro bisnis membudidayakan buah pepaya California untuk meraup untung yang banyak. Berikut panduan lengkap tentang budidaya pepaya California:Paduan Lengkap Budidaya Pepaya California

Syarat budidaya pepaya California

Buah pepaya California cocok dibudidayakan pada dataran rendah, dengan ketinggian 700 mdpl dengan kesuburan tanah yang sedikit berpasir. Suhu pada daerah budidaya bekisar 30 derajat Celsius, dengan curah hujan 1000-2000 mm/ Tahun dan tingkat kelembaban udara 40% serta 6-7 PH tanah.

Penyemaian

Dengan merendam biji buah pepaya California pada air selama semalaman. Dengan menentukan pemilihan benih yang akan disemai adalah benih yang tenggelam, yang mengapung dibuang saja. Lakukan pemeraman dengan menggunakan kain basah atau Koran selama satu minggu.

Advertisement

Dalam pemeliharaan cukup menjaga suhu pada biji dengan kelambaban yang cukup. Jika sudah satu minggu biji diperam lakukan penyemaian pada media polibag dengan komposisi tanah halus dan kompos dalam perbandingan 2 : 1. Setelah itu, lakukan pemeliharaan secara berkelanjutan, bibit yang siap tanam berusia 1-1,5 bulan.simak juga Ciri Fisik Buah Pepaya California Unggul

Cara penanaman bibit

Lahan yang akan ditanami bibit harus dipersiapkan terlebih dahulu dari hama rumput. Dan lakukan pembuatan lubang dengan jarak antar tanaman sekitar 2,5 meter antar lubang. Dalam lubang diisi pupuk kompos dang pupuk kandang harus tercampur pada lubang.

Lakukan penyiraman pada lubang dan tanam bibit pada lubang yang sudah disiapkan. Lakukan penanaman pada sore hari karena suhu udara sangat pas saat proses penanaman sehingga tidak membuat bibit buah pepaya California stress.

Pemeliharaan serta panen buah pepaya California

Perawatan yang mudah seperti penyiraman 2 x sehari dan pemupukan dilakukan tiga bulan sekali menggunakan pupuk kandang dan kompos sebanyak 40kg/ pohon. Sedang pemupukan dengan NPK dilakukan ketika pepaya berumur 2 minggu dengan takaran 200 gram/ bibit.

Lakukan secara rutin selama 7 bulan. Khusus setelah paska tanaman jika sudah berbuah gunakan pupuk tipe KCI agar ketahanan dan kemanisan buah meningkat.

Masa panen buah bekisar antar bulan ke 7 dan ke 9, tergantung tingkat kematangan buah pepaya California. Untuk panen menggunakan metode pemotongan tangkai buah.

Dengan cara penanaman bibit buah hingga proses panen yang benar akan membuat hasil panen dan rasa buah meningkat. Hal itu bila dikelola dengan benar maka akan menghasilkan jumlah panen buah pepaya California meningkat. Dengan hasil yang banyak maka akan menambah penghasilan penjualan buah, hal itu bisa meningkatkan ekonomi anda.Baca juga Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya

 

Advertisement
Paduan Lengkap Budidaya Pepaya California | admin | 4.5