Panen Durian Di Pekarangan Rumah Berapa Bulan

Panen Durian Di Pekarangan Rumah Berapa Bulan – Panen merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap petani tanaman. Tidak terkecuali, oleh petani tanaman durian.

Advertisement

Ya, panen memang merupakan proses dimana nantinya petani akan mendapatkan hasil dari hasil pemeliharaannya selama ini. Baik atau buruknya hasil panen itu ditentukan dari bagaimana cara petani tersebut memeliharanya.

Jika pemeliharaan dilakukan dengan baik, maka hasilnya pun akan baik. Begitu pula sebaliknya, jika pemeliharaan dilakukan dengan buruk maka hasil dari buah duriannya pun akan buruk.

Pada umumnya, untuk menentukan masa panen buah durian ada beberapa cara yang dapat diterapkan, diantaranya adalah sebagai berikut.Penting di baca juga Agribisnis Durian Dan Spesies Jenis Varietas Durian Unggul

Panen Durian Di Pekarangan Rumah Berapa Bulan

Panen Durian Di Pekarangan Rumah Berapa Bulan

Waktu pemanenan harus ditentukan supaya nantinya buah dapat dipanen sebelum buah tersebut jatuh. Waktu pemanenan ini hanya diterapkan pada beberapa varietas durian saja yang menghendaki proses pemanenan sebelum buah jatuh dari pohonnya. Biasanya, buah durian dapat dipanen 106-124 hari setelah bunga bermekaran.

Namun, tidak semua varietas durian waktu panennya sama. Tergantung pada varietas durian tersebut. Jika varietas tersebut menghendaki panen yang lebih cepat, sebaiknya lakukanlah panen lebih cepat sesuai dengan yang dianjurkan.

Tidak hanya bergantung pada varietas saja, tetapi lambat atau cepatnya panen juga ditentukan oleh faktor iklim dan cuaca di daerah setempat.Simak juga Kriteria Melon Siap Panen Penanganan Pascapanen

Mengetahui kriteria pemanenan Durian

Advertisement

Panen ada yang dilakukan secara jatuhan (langsung jatuh ketanah dan langsung memungutnya tanpa melakukan pemetikan) atau bisa juga dengan cara memanennya sebelum buah tersebut jatuh. Untuk durian selain jenis durian jatuhan, ada beberapa kriteria pemanenan yang perlu dipenuhi. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Umur pemanenan telah ditentukan sebelumnya.
  2. Ketajaman duri mulai berubah.
  3. Warna kulit buah terapat perubahan.
  4. Saat dipukul, akan terdengar suara.
  5. Garis juring akan terlihat lebih jelas.
  6. Dan bau khas durian akan tercium.

Itulah cara mengetahui kriteria pemanenan.Jangan lupa baca juga Kelebihan Varietas Jagung Manis Unggul Budidaya

Cara memanen Secara Benar

Untuk mempertahankan kualitas dari buah durian, perhatikan cara memanen. Sebab, bagaimana cara kita melakukan pemanenan akan mempengaruhi hasil dari buah durian tersebut. Di dalam melakukan pemanenan durian tidak boleh sembarangan dan ada tahap-tahapnya. Tahap-tahap pemanenan durian adalah sebagai berikut.

  1. Apabila ingin menggunakan jaring, pasang jaring di bawah tajuk. Tujuannya adalah pada saat buah durian tersebut terjatuh, maka tidak akan jatuh langsung ke tanah melainkan pada jaring tersebut.
  2. 14 hari sebelum pemanenan berlangsung, setiap buah harus diikat dengan menggunakan tali rafia.
  3. Ambilah buah yang sudah terjatuh tersebut.
  4. Masukkan ke dalam karung.
  5. Masukkan pula buah tersebut ke dalam keranjang secara hati-hati.
  6. Lakukan penyortiran untuk memilih mana buah durian yang berkualitas dan mana pula buah durian yang tidak berkualitas. Penyortiran dapat bergantung pada ukuran dan berat.
  7. Setelah disortir, buah durian dapat langsung dimasukkan ke dalam kardus.
  8. Letakkan buah durian yang telah dikemas di dalam kardus ke dalam gudang.

Itulah Panen Durian Di Pekarangan Rumah Berapa Bulan semoga bisa membantu.Tulisan lain Macam Macam Varietas Jagung Manis Budidaya

Advertisement
Panen Durian Di Pekarangan Rumah Berapa Bulan | admin | 4.5