Pembibitan Bunga Kamboja Paling Mudah

Bibit Bunga Kamboja– Tanaman hias yang satu ini memang tergolong jenis tanaman yang berbau aroma misteri,pohon kamboja biasanya banyak kita jumpai di daerah pemakaman jika di daerah pulau jawa.Akan tetapi,untuk zaman sekarang ini pohon kamboja sudah banyak di perjual-belikan sebagai jenis tanaman hias yang mahal..

Advertisement

Tanaman hias bunga kamboja selain unik serta memberikan eksotis bagi pemiliknya,ia juga di kenal sebagai tanaman hias yang memiliki bunga beraneka ragam,baik putih,merah,kuning,orange dll.Pembibitan Bunga Kamboja Paling Mudah

Sesuai judul artikel di atas,kali ini saya akan sedikit memberikan cara pembibitan bunga kamboja paling mudah dan bisa anda lakukan di rumah meskipun anda sebagai pemula,sebab dalam tata cara pengerjaanya cukup mudah,yang terpenting di butuhkan ketelitian dan kesabaran dalam melakukanya..

Cara pembibitan bunga kamboja,bisa kita lakukan dengan berbagai cara,salah satunya dengan setek batang dan okulasi.kedua cara tersebutlah yang bisa kita tempuh untuk memperbayak jenis Bunga kamboja..

Di pasaran,Bibit tanaman hias kamboja cukup lumayan harganya,mulai dari 10 sampai 100 ribuan,tergantung dari umur bibit serta kualitas dari bunga itu sendiri..dari pada anda membeli,anda bisa melakukan pembibit sendiri dengan cara stek batang..

Cara Stek batang bunga kamboja.

Stek batang paling mudah dan cara yang paling sederhana untuk mendapatkan jenis bibit kamboja,cara ini tidak memakan waktu banyak serta teknik kusus,yang terpenting cari bunga kamboja yang akan kita stek,usahakan bunga yang sehat dan tanpa cacat supaya nantinya bibit yang di hasilkan juga berkualitas tentunya..

  • Setelah menemukan Tanaman induk kamboja,Potong batang berkisar 30 cm lalu biarkan saja kurang lebih 8 hari,taruh di tempat lembab dan teduh.

    Advertisement
  • Jika Potongan yang akan kita stek tersebut memiliki banyak daun,bisa kita buang sebagian,sisakan daun yang paling bagus antara 2-4 daun saja..

  • Setelah kita biarkan 8 hari,lalu olesi bekas potongan tersebut menggunakan larutan perangsang akar,selanjutnya batang kamboja tersebut bisa kita tanam menggunakan media tanam Sekam bakar.

Dalam melakukan stek batang ini,perlu beberapa teknik yang mungkin perlu anda ketahui,Setelah memotong batang kamboja yang akan kita stek,jangan langsung di tanam,biarkan saja kurang lebih satu minggu.

Cara ini kita lakukan supaya batang tanaman tersebut mampu terhindar dari serangan berbagai jenis bakteri,jamur dan cendawan.

Cara okulasi Bunga kamboja.Pembibitan Bunga Kamboja Paling Mudah

Okulasi sendiri adalah cara menempelkan batang tunas lain ke dalam batang induk,dengan ini bisa di hasilkan beberapa macam bunga dalam satu batang.Untuk melakukan okulasi sendiri,sangat di butuhkan ketrampilan kusus dalam tata cara pelaksanaanya..

  • Cari mata tunas kamboja dan congkel menggunakan pisau yang tajam.

  • Untuk induk batang,cari tanaman yang sehat,lalu iris agak dalam untuk menempelkan mata tunas tersebut..pastikan saat melakukan pengirisian,kedua batang baik tunas maupun batang induk menyatu dengan baik,..Intinya kedua kambiun menyatu untuk hasil yang sempurna.

  • Lalu tempel mata tunas tersebut dengan tepat,dan lakukan pengikatan,,Ingat,saat mengikat,jangan sampai mata tunas ikut terikat..

  • Jika mata tunas telah tumbuh,batang induk bisa di lakukan pemotongan,supaya mata tunas hasil okulasi bisa hidup dengan sempurna…

    Baca juga: 3 Cara pembibitan Bunga euphorbia

Dalam tata cara penempelanya,ketahui arah mata tunas tersebut,jangan samapai terbalik dan waktu pengikatan jangan sampai menutupi mata tunas tersebut..semoga membantu..

Advertisement
Pembibitan Bunga Kamboja Paling Mudah | admin | 4.5