Pembibitan Encephalartos Dengan Memisahkan Anakan

Bibit tanaman Hias Encephalartos- Jenis tanaman hias yang satu ini tergolong tanaman hias yang super unik,memiliki batang serta daun yang sangat indah.Tanaman Hias encephalartos aslinya berasal dari benua Afrika yang kini menjadi primadona di indonesia..

Advertisement

Tanaman hias encephalartos memiliki harga jual yang tinggi dan termasuk jenis tanaman mahal,maka dari itu,tak ada salahnya jika lakukan pembibitan selanjutnya bisa di jadikan ladang uang dengan cara di budidayakan..Pembibitan Encephalartos Dengan Memisahkan Anakan

Ada dua cara untuk bisa melakukan pembibitan jenis encephalartos,selain dengan teknik pemisahan anakan,encephalartos juga bisa di lakukan perbanyak dengan menggunakan biji..Akan tetapi,kebanyyakan pengemar bunga dengan memilih perbayakan dengan cara pemisahan anakan yang tergolong lebih mudah dan simpel..

Untuk bisa menghasilkan anakan jenis tanaman hias encephalartos,terlebih dahulu jika kita lakukan indukasi.induksi sendiri berguna untuk mempercepat tumbuhnya tunas encephalartos dengan cara membuat stres sang induk..

Memang tergolong agak aneh,namun cara inilah yang bisa kita lakukan untuk menghasikan tunas anakan encephalartos dengan cepat..

Cara Pembibitan tanaman Hias Encephalartos.

Sebelum melakukan pembibitan,maka akan lebih bagus jika anda siapkan tanaman yang sehat dan tidak ada cacat..hal ini nantinya juga akan menghasilkan bibit yang berkualitas unggul.selain itu induk tanaman yang sehat akan lebih berprospek bagi tingkat keberhasilan nya..

  • Cari induk encephalartos yang memiliki bonggol yang besar maksimal berdiameter 8 cm.

  • Lalu potong bogol induk tersebut tepat di bagian tengah menggunakan pisau yang tajam serta steril.

    Advertisement
  • Setelah siap di lakukan pemotongan,segera olesi bekas luka menggunakan larutan fungisida untuk mencegah timbulnya jamur dan bakteri.

  • Biarkan saja bonggol tersebut kurang lebih 80 hari,maka tunas anakan akan bermunculan di bekas potongan tersebut.. 

  • Setelah anakan tumbuh dan telah memiliki batang yang cukup besar,sekitar berdiameter 4 cm,anakan tersebut langsung bisa kita pisahkan dari induknya.

  • Jangan lupa,setelah melakukan pemisahan anakan,lakukan penyemprotan untuk menetralkan bakteri dengan larutan Baktosin..

  • Setelah itu,bibit encephalartos tersebut langsung bisa kita tanam dengan media tanam berupa pasir malang.Pembibitan Encephalartos Dengan Memisahkan Anakan

Yang mungkin juga perlu anda perhatikan adalah,saat akan memisahkan anakan encephalartos,lakukan penggalian terlebih dahulu pada bagian tanahnya..hal ini untuk memastikan supaya saat kita lakukan pemisahan,akar pada tunas anakan tersebut ikut terangkat..

Baca juga: Cara mudah pembibitan bunga bromelia

Selain itu,dalam teknik pemotongan,gunakaan pisau baru yang sangat tajam serta steril.cara menyeterilkan pisau dengan cara mengeclupkan pisau ke larutan fungisida setelah biarkan selama 5 menit..selanjutnya bisa kita gunakan untuk pemotongan bonggol..

Advertisement
Pembibitan Encephalartos Dengan Memisahkan Anakan | admin | 4.5