Pembibitan Tanaman Bunga Adenium Semai Biji

Pembibitan tanaman bunga adenium semai biji- Untuk tahun ini saja,Jenis bunga adenium makin melonjak popularitasnya.hal ini di tandai makin banyaknya orang yang mencari dan mambudidayakan bibit bunga adenium di halaman rumahnya.

Advertisement

Tanaman bunga adenium adalah jenis tanaman bunga yang mampu bertahan hidup di daerah dataran rendah serta memiliki kelembapan yang cukup.selain memiliki pamor bunga yang tak terkalahkan,bunga adenium juga mimiliki keindahan dalam hal bunga yang banyak dan beraneka ragam..

Dari sinilah daya pikat bunga adenium ini mampu membius banyak orang kususnya bagi kaum hawa untuk membudidayakanya sebagai penghias halaman rumahnya.Pembibitan Tanaman Bunga Adenium Semai Biji

  

Sebenarnya dalam melakukan pembibitan dan penanaman bunga adinium tak sesulit yang pernah di bayangkan sebagian orang,jenis tanaman hias ini sangat mudah untuk kita perbanyak,baik secara generatif,stek,sambung maupun melalui biji yang bisa kita semai di dalam pot..

Namun masih banyak penghobi bunga jenis adenium ini yang merasa kesulitan dalam memperbanyak dan membudidayakan sehingga hasil yang di dapat kurang maksimal,semua itu akibat kurangnya ilmu pengetahuan mengenai spesies jenis bunga ini..Pembibitan Tanaman Bunga Adenium Semai Biji

Jika kita sudah mengetahui syarat hidup serta teknik dalam penanaman bunga adenium,akan sangat mudah kita budidayakan bahkan untuk tingkat pemula sekalipun.Cara pembibitan-penanaman bunga adenium yang bisa anda lakukan di rumah adalah sebagaiberikut..

Pembibitan Adenium dengan semai Biji 

Salah satu cara yang pilih mudah dan tidak memerlukan ilmu serta teknik kusus,anda bisa melakukan pembibitan buga adenium dengan cara semai biji.dalam metode ini,yang terpenting di perhatikan adalah kualitas dari jenis biji adenium tersebut..

Advertisement

Semakin bagus dan berkualitas biji yang akan kita semai,maka hasil yang akan di dapat juga akan memuasakan,begitu juga sebaliknya,jika biji cuma asal saja,mungkin hasil akhir nantinya tidak sepadan sesuai apa yang kita harapkan..Langkah demi langkah yang bisa anda coba adalah.

  • Cari biji atau polong bunga adenium yang telah matang,lalu bisa anda ambil bijinya.
  • Selanjutnya,kupas dan bersihkan biji bunga adenium tersebut,lalu jemur sampai kering.
  • Sebelum menamburkan pada media tanam,akan lebih bagus jika bisa adenium kita rendan sebentar pada larutan dektan untuk mencegah pembusukan dan serangan bakteri dari pada biji tersebut.
  • lalu tabur bunga adenium dengan media tanam berupa Sekam bakar yang kita campur menggunakan coco peat,kedua bahan tersebut memiliki perbandingan yang sama.
  • Setelah melakukan penaburan,jangan lupa untuk segera menutup biji bunga adenium tersebut menggunakan campuran media tanam.
  • biasanya setelah melakukan penyemaian ini,dalam satu minggu,biji adenium tersebut akan mulai tumbuh.
  • Jika di rasa telah memiliki 2-3 buah daun,tanaman bibit adenium tersebut sudah bisa untuk kita pindahkan dalam pot yang lebih besar..

Sebelum melakukan pembibitan adenium ini,sebaiknya anda perhatikan hal-hal yang mungkin bisa menjadikan biji adenium tidak bisa tumbuh.Pembibitan Tanaman Bunga Adenium Semai Biji

Pastikan biji atau polong tersebut sudah memiliki umur yang cukup tua,polong adenium yang sudah tua,akan di tandai dengan merekah secara alami pada bagian buahnya/polong.

Saat melakukan penyiraman bunga adenium,sebaiknya berikan penyiraman secukupnya saja,biji adenium sangat rentan terhadap air yang berlebih apalagi sampai menggenangi pot tersebut,sudah pasti biji akan membusuk.

Jika musim sedang panas terik atau sedang musim penghujan,sebaiknya berikan peneduh atau naungan supaya biji yang kita tanam bisa tumbuh dengan sempurna.

Apabila gejala serangan penyakit sudah kita kenali,akan lebih bagus jika kita langsung berikan penyemprotan menggunakan fungisida secara cepat,jangan sampai menunggu hingga tanaman mati dan membusuk akibat serangan berbagai jenis bakteri mematikan.

Baca juga: Cara Sambung batang Bunga Adenium Secara benar

Jika cara di atas kita lakukan dengan cara benar,maka sudah bisa di pastikan,pintu keberhasilan akan sangat terbuka lebar untuk kita membudidayakan jenis bunga adenium melalui semai biji ini..Mungkin ini saja,semoga berguna.

Advertisement
Pembibitan Tanaman Bunga Adenium Semai Biji | admin | 4.5