Pengendalian Hama Pada Bunga Anggrek

Pengendalian Hama Pada Bunga Anggrek – Hama merupakan hewan perusak tanaman bunga anggrek. Hama dapat mengganggu tanaman apa saja termasuk tanaman anggrek baik mudah maupun anggrek dewasa. Hama sangat mengganggu kehidupan anggrek.

Advertisement

Dengan adanya hama, anggrek bisa saja akan mati. Serangan hama terhadap tanaman anggrek disebabkan oleh dua faktor. Yaitu faktor biologis dan faktor iklim. Faktor biologis merupakan kemampuan hewan untuk berkembang biak. Sedangkan faktor iklim merupakan faktor yang berasal dari bumi dan tidak bisa dihindari.

Secara tidak sadar, sebenarnya penghobis anggrek sendirilah yang menyebabkan tanaman terserang hama. Mengapa karena kesalahan penghobis anggrek? Karena kebanyakan para penghobis anggrek tidak merawat anggrek dengan benar.Pengendalian Hama Pada Bunga Anggrek

Selain itu, biasanya lingkungan sekitar tanaman anggrek kebanyakan kotor dan seperti tidak terawat. Hal tersebutlah yang membuat hama dengan senang menyerang tanaman anggrek.

Pengendalian Hama Pada Bunga Anggrek

Ada banyak sekali hama yang sering didapati menyerang tanaman anggrek. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Hama angrek berupa Keong

Keong merupakan jenis hama yang dapat menyerang tanaman anggrek. Walaupun bentuk keong seakan-akan tidak akan memakan anggrek, tetapi nyatanya keong dapat memakan anggrek.

Ada tiga jenis keong yang sering merusak tanaman anggrek. Diantaranya adalah siput setengah telanjang, siput kecil, dan siput telanjang.Simak juga Cara Menanam Anggrek Tempel Dan Pot

Pada bagian tanaman anggrek mana biasanya keong menyerang? Biasanya keong menyerang tanaman anggrek pada bagian akar dan daun.

Advertisement

Pada pagi hingga sore hari keong akan menyerang akar. Dan pada malam hari keong akan menyerang daun. Penyerangan keong ini akan berakibat akar menjadi keropos dan lama kelamaan akar anggrek akan habis digerogoti oleh keong.

Selain itu, jika keong menyerang bagian daun anggrek, maka daun tersebut akan terdapat bercak-bercak dan lama kelamaan akan berlubang-lubang.

Jika dibiarkan, keong ini tidak akan menyerang satu jenis anggrek saja, tetapi semua jenis anggrek akan diserangnya. Keong akan melancarkan serangannya pada saat musim penghujan tiba. Hal ini dikarenakan keong sangat menyukai tempat yang lembap.

Untuk menghindari agar keong tidak menyerang tanaman anggrek terutama pada musim penghujan, sebaiknya tempatkan anggrek di tempat yang tidak lembap dan jauh dari genangan air. Dengan begitu keong tidak akan mudah menyerang tanaman anggrek.artikel terkait Teknik Repotting Tanaman Bunga Anggrek

Hama anggrek berupa Semut

Semut juga merupakan salah satu hama yang sering menyerang tanaman anggrek. Semut yang paling sering menyerang anggrek adalah jenis semut hitam. Semut biasanya akan bersarang didalam pot.

Semut sangat berbahaya bagi anggrek. Mengapa begitu? Karena semut ini akan menyerang bagian akar anggrek. Selain akan menyerang dan merusak bagian akar anggrek, semut juga akan merusak bagian tunas muda anggrek. Jadi, pertumbuhan anggrek tidak akan sempurna karena tunas muda anggrek telah dirusak oleh semut.

Selain itu, semut juga dapat menyebabkan datangnya cendawan penyebab penyakit. Oleh karena itu, sebaiknya jaga lingkungan sekitar tanaman anggrek agar semut tidak bersarang disekitar lingkungan tanaman anggrek. Pembersihan pot juga perlu dilakukan setiap hari supaya semut tidak ada yang masuk ke dalam pot.

dan masih banyak hama serta penyakit lain yang mematikan jika menyerang tanaman bunga anggrek,demikian pengendalian hama anggrek yang bisa saya tuliskan,semoga bisa membantu dan berguna.jangan lupa baca juga Merawat Bunga Anggrek Supaya Tumbuh Sehat

Advertisement
Pengendalian Hama Pada Bunga Anggrek | admin | 4.5