Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Buah Melon

Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Buah Melon – Dalam hal melakukan penanaman, pastinya ada hal-hal yang mengganggu proses penanaman tersebut seperti hama dan penyakit. Tetapi agar tidak ada gangguan tersebut, pastinya kita harus melakukan pencegahan agar tidak terjadinya gangguan tersebut.

Advertisement

Kualitas buah melon akan lebih baik lagi apabila hama dan penyakit tidak menyerang tanaman melon tersebut. Biasanya jika hama dan penyakit mulai menyerang tanaman melon tersebut, maka buah yang di hasilkan tersebut nantinya tidak akan sebagus yang biasanya.

Pengendalian hama dan penyakit ini harus di lakukan secara terus menerus agar hasil panen pada tanaman buah melon lebih baik lagi.

Serangan hama Pada melon

Biasanya serangan hama dan penyakit ini hadir di sebabkan oleh lingkungan tempat lokasi penanaman yang tidak bersih atau tempat penanaman tersebut kurang perawatan, sehingga hama dan penyakit sangat mudah menyerang tanaman melon tersebut.Simak juga Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai Dalam Pot

Tetapi serangan hama dan penyakit ini bisa di cegah atau di obati dengan menggunakan cara-cara tertentu. Berikut ini merupakan jenis hama yang sering menyerang tanaman buah melon, jika ingin mengetahuinya, lihat lah di bawah ini :

Lalat buah

Lalat buah ini merupakan jenis hama yang sering menyerang pada permukaan buah tanaman melon tersebut. Biasanya lalat buah ini dapat membuat buah menjadi busuk dan juga merupakan penyebab kegagalan panen.Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Buah Melon

Untuk pencegahannya, kita dapat melakukan penutupan buah dengan menggunakan pelastik atau karung. Tetapi jika hama ini sudah terlanjur menyerang tanaman melon tersebut, maka hal yang harus di lakukan selanjutnya ialah melakukan penyemprotan dengan menggunakan cairan pestisida atau sejenisnya.

Ulat daun 

Hama ulat daun ini sebenarnya tidak terlalu membahayakan tanaman melon, tetapi ulat daun ini dapat membuat daun yang ada pada tanaman melon menjadi kering dan juga gundul. Jika ulat daun ini sudah terlanjur menyerang tanaman melon ini, maka sebaiknya harus di basmi dengan menggunakan cairan kimiawi, seperti cairan insektisida atau sejenisnya.

Kutu daunPengendalian Hama Penyakit Tanaman Buah Melon

Kutu daun ini merupakan jenis hama yang paling berbahaya pada tanaman buah melon ini. Biasanya kutu daun ini menyerang daun tanaman melon hingga seluruh tanaman menjadi layu dan akhirnya dapat mati.

Biasanya hama kutu daun ini menyerang tanaman melon ketika musim penghujan tiba, di saat itu lah hama kutu daun ini mulai menyerang tanaman melon hingga menyebabkan kematian. Jika tanaman ini sudah terlanjur terserang hama kutu daun, maka itu tidak ada obatnya, maka dari itu hama kutu daun ini terbilang hama yang berbahaya.Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Buah Melon

Thrips

Thrips ini juga merupakan hama pengganggu yang sering hinggap di sekitar tanaman melon. Biasanya hama ini sering menyerang pada daun tanaman melon. Daun tanaman melon akan menjadi keriting di sebabkan hama thrips tersebut. Jika hama ini di biarkan secara terus menerus, maka tanaman melon ini dapat menjadi kecil dan bahkan kerdil.Baca juga Ciri Fisik Buah Pepaya California Unggul

Pengendalian Penyakit Pada tanaman Melon.

Apa-apa saja penyakit yang menyerang tanaman melon? Beberapa penyakit yang menyerang tanaman melon diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyakit busuk pangkal batang

Penyakit busuk pangkal batang ini menyerang bagian pangkal batang tanaman melon. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycosphaerella melonis. Gejala apa yang ditimbulkan dari serangan penyakit busuk pangkal batang ini? Gejala yang ditimbulkan adalah pangkal batang akan seperti tercelup minyak.

Setelah pangkal batang seperti tercelup minyak maka kan keluar lendir yang berwarna merah bercampur dengan cokelat. Lama kelamaan pangkal batang akan membusuk dan akhirnya tanaman menjadi mati karena tidak ada batang yang dapat menompang tanaman melon lagi.

Bagaimana cara menanggulangi penyakit busuk pangkal batang ini? Caranya adalah dengan memusnahkan tanaman dengan cara mencabut lalu membakar tanaman yang telah terserang penyakit busuk pangkal batang.Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Buah Melon

Penanggulangan secara kimiawi dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan fungisida sesuai dengan dosis dan melakukan sanitasi kebun.

Penyakit embun bulu 

Gejala yang ditimbulkan dari serangan penyakit embun bulu ini adalah munculnya bercak-bercak pada bagian daun. Bercak-bercak pada bagian daun ini berwarna kuning. Penyakit embun bulu yang sudah parah akan ditandai dengan berubahnya warna bercak yangtadinya berwarna kuning berubah menjadi berwarna cokelat.

Advertisement

Pada bagian bawah daun tanaman akan terlihat jelas bulu-bulu halus yang berwarna abu-abu. Bulu-bulu halus tersebut lama kelamaan akan menyebar keseluruh bagian daun tanaman. Jika dibiarkan terlalu lama, penyakit embun jelaga akan mengakibatkan tanaman menjadi mati karena proses fotosintesis menjadi terganggu.

Bagaimana cara menanggulangi penyakit embun bulu? Cara menanggulangi embun bulu adalah dengan menyemprotkan cairan fungisida berbahan aktif. Untuk pencegahannya dapat dilakukan dengan cara menggunakan varietas yang tahan terhadap serangan embun bulu serta membuang sisa-sisa tanaman terdahulu pada tanah yang akan digunakan untuk menanam tanaman melon.Baca juga Paduan Lengkap Budidaya Pepaya California

Penyakit mosaik

Virus mosaik merupakan penyebab dari penyakit mosaik ini. Akibat yang ditimbulkan dari penyerangan penyakit mosaik adalah tanaman akan menjadi kerdil dandaun tanaman muncul bercak-bercak yang tidak beraturan pada bagian daun tanaman. Penanggulangan penyakit mosaik ini sangatlah sulit.

Apabila sudah menyerang pada salah satu bagian tanaman melon maka penyakit mosaik ini akan menyerang seluruh bagian tanaman melon. Tidak hanya itu, penyakit mosaik ini akan menyebabkan produksi tanaman menjadi berkurang. Penanggulangan penyakit mosaik ini hanyalah dengan mencabut lalu membakar tanaman yang terserang penyakit ini.

Penyakit nematodaPengendalian Hama Penyakit Tanaman Buah Melon

Penyakit nematoda ini menyerang bagian akar tanaman. Akar tanaman yang terserang penyakit ini akan mengalami bengkak-bengkak serta munculnya benjolan.

Apabila perakaran tanaman sudah diserang, maka sudah pasti tanaman tidak akan hidup berlangsung lama. Lama kelamaan tanaman akan menjadi layu dan produksi tanaman akan sangat rendah.

Pengendalian penyakit nematoda dapat dilakukan pada saat awal-awal penyerangan. Cara pengendalian peyakit nematoda adalah engan menyemprotkan cairan furadan sesuai dengan dosis.

Penyakit layu verticillium

Penyakit layu verticillium ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh cendawan verticillium. Itulah mengapa nama penyakit ini adalah penyakit layu verticillium. Penyakit ini bisa jadi termasuk penyakit yang sangat fatal akibatnya. Mengapa dikatakan penyakit yang sangat fatal akibatnya? Itu dikarenakan penyakit layu verticillium ini akan mengakibatkan tanaman menjadi layu kemudian mati.

Penyerangan penyakit layu verticillium ini terjadi pada bagian daun tanaman. Penyerangan diawali dari daun yang lebih tua kemudian ke daun yang masih muda. Jika penyerangan sudah parah maka semua bagian tanaman tidak luput dari serangan cendawan penyebab penyakit ini.Baca juga Pupuk untuk Tanaman Cabai Kusus Buah

Akibat yang akan terjadi dari serangan penyakit ini adalah adanya lintasan berwarna cokelat pada bagian batang. Tepatnya pada bagian dalam batang. Tidak hanya batang saja, tetapi pada bagian akar juga ikut diserang. Apakah penyakit layu verticillium ini dapat ditanggulangani? Ya, penyakit layu verticillium dapat ditanggulangani.

Cara menanggulangani penyakit ini adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida pada tanaman yang terserang penyakit layu verticilluim ini sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.Untuk pencegahan dari penyakit ini dapat dilakukan dengan cara melakukan penanaman tanaman melon di lahan yang sebelumnya ditanami terong, tomat, mentimun, kentang, semangka, dan cabai.

Penyakit embun tepung

Penyakit embun tepug ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur. Penyebaran jamur ini dapat melalui angin. Akibat yang akan ditimbulkan dari serangan embun tepung ini adalah kurangnya produksi kadar gula di dalam tanaman melon serta aroma melon yang khas akan berkurang bahkan tidak ada aroma sama sekali.Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Buah Melon

Pembentukan jaringan pada buah juga akan gagal jika penyakit embun tepung ini menyerang tanaman melon. Imbasnya adalah produksi buah akan sangat berkurang. Gejala yang ditimbulkan dari serangan penyakit embun tepung adalah terdapat bercak putih pada bagian bawah daun.

Cara membasmi penyakit embun tepung adalah dengan memangkas daun yang terserang penyakit embun tepung ini. Pembasmian penyakit embun jelaga juga dapat dilakukan dengan cara kimiawi yaitu dengan menyemprotkan cairan fungisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

Virus kuning Pada Tanaman melon

Gajala yang ditimbulkan dari serangan virus kuning adalah adanya bercak-bercak berwarna kuning pada daun. Gejala lain yang ditimbulkan dari virus kuning adalah daun menjadi keriting. Serangan yang suddah parah akan mengakibatkan buah menjadi tidak bagus. Baik itu dari segi rasa maupun dari segi bentuk.

Virus kuning ini dapat menyebar melalui alat-alat pertanian dan benih. Untuk itulah, sebelum menggunakan alat-alat pertanian maupun benih sebaiknya rendam terlebih dahulu di dalam larutan fungisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

Cara pengendalian dari virus kuning adalah dengan memangkas daun kemudian dibakar ditempat yang jauh dari tempat penanaman.demikian teknik serta tata cara pengendalian hama penyakit tanaman buah melon,semoga bisa berguna..Baca juga Cara Menanam Budidaya Melon Ala Rumahan

Advertisement
Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Buah Melon | admin | 4.5