Pengendalian Penyakit Anggrek Bercak Daun Busuk Batang

Pengendalian Penyakit Anggrek Bercak Daun Busuk Batang – Tanaman anggrek sering kali diserang oleh berbagai macam penyakit. Penyakit tersebut dapat bersifat sementara atau bahkan mematikan.

Advertisement

Penyakit yang menyerang anggrek biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, dan cendawan. Ketiga hal tersebut sering kali menjadi penyebab datangnya penyakit yang dapat mematikan.

Ada berbagai macam jenis penyakit yang sering didapatkan menyerang anggrek. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyebab dari penyakit bercak cokelat ini adalah bakteri Pseudomonas aeruginosa. Beberapa anggrek yang sering diserang penyakit bercak cokelat adalah Dendrobium, Onciddium, Cattleya, dan masih banyak anggrek lainnya.Pengendalian Penyakit Anggrek Bercak Daun Busuk Batang

Pengendalian Penyakit Anggrek Bercak Daun Busuk Batang

Penyakit bercak Daun tanaman anggrek

Gejala apa saja yang muncul ketika bakteri penyebab penyakit ini telah menyerang anggrek? Gejala yang muncul adalah seperti pada bagian daun tanaman anggrek akan terlihat melepuh.baca juga Merawat Bunga Anggrek Supaya Tumbuh Sehat

Jika dibiarkan, lama kelamaan bakteri ini akan menyerang pada bagian tanaman lainnya dan akan menyebabkan melepuhnya seluruh bagian tanaman anggrek.

Apakah penyakit bercak cokelat ini menular? Ya, penyakit bercak cokelat ini memang dapat menular pada tanaman yang sehat. Bagaimana cara penularannya? Cara penularannya adalah melalui daun basah atau bekas luka pada daun.

Apabila daun tanaman anggrek yang sakit menyentuh daun tanaman anggrek yang tidak sakit, maka yang terjadi adalah tanaman anggrek yang tidak sakit tersebut akan menjadi sakit.

Serangan yang hebat terutama padda titik pertumbuhan akan menyebabkan tanaman menjadi mati. Apabila anggrek terlanjur terserang penyakit bercak cokelat, akan sulit untuk dikendalikan.

Advertisement

Hal ini dikarenakan bakteri penyebab penyakit ini jika sudah menyerang satu tanaman, maka akan menyerangnya sampai tanaman itu mati.simak juga Pengendalian Hama Pada Bunga Anggrek

Namun masih ada cara untuk mengatasi penyakit bercak cokelat ini. Caranya adalah dengan memotong daun yang melepuh atau daun yang diserang oleh bakteri penyebab penyakit ini. Selain daun, jika ada bagian tanaman lainnya yang melepuh, segera potong.

Setelah dipotong, sebaiknya daun atau bagian tanaman anggrek lainnya dibakar. Dengan begitu, bakteri tidak akan dapat menyebar pada tanaman yang masih sehat.

Jika penyerangan telah terlanjur parah dan bakteri sudah tidak dapat diberantas lagi, segera musnahkan kecambah anggrek. Karena dengan cara itulah bakteri tidak akan menyebar pada tanaman anggrek lainnya.

Penyakit busuk lunak Pada anggrek

Penyakit busuk lunak disebabkan oleh bakteri Erwinia cypripedii. Bakteri penyebab penyakit ini akan melancarkan serangannya pada musim penghujan.

Gejala yang ditimbulkan ketika bakteri telah menyerang anggrek adalah timbul bercak pada bagian daun anggrek. Lama kelamaan bercak tersebut akan menjadi berair, lunak, dan mengeluarkan aroma yang tidak enak.

Jika dibiarkan beberapa hari saja, bakteri ini akan menyerang bagian tanaman anggrek lainnya seperti pucuk tanaman anggrek. Jika sudah mencapai pucuk tanaman, maka tanaman akan cepat mati.

Bagaimana cara memberantas bakteri penyebab penyakit ini? Caranya adalah dengan daun yang sudah terserang bakteri bisa langsung dipotong dan kemudian dibakar. Dengan begitu bakteri tidak bisa menyerang tanaman anggrek lainnya yang masih sehat.

Selain dengan cara dan tenik alami,pengendalian penyakit tanaman anggrek baik busuk daun dan busuk batang bisa menggunakan pestisida yang banyak di perjual belikan di toko pertanian.mungkin hanya ini saja tulisan tantang Hama penyakit bunga anggrek,semoga bisa membantu.Artikel terkait lainnya 4 Jenis Hama Anggrek Paling Mematikan

Advertisement
Pengendalian Penyakit Anggrek Bercak Daun Busuk Batang | admin | 4.5