Penyakit Pohon Durian Bibit Maupun Dewasa Berbahaya

Penyakit Pohon Durian Bibit Maupun Dewasa Berbahaya – Penyakit merupakan hal yang paling ditakutkan oleh petani tanaman apa saja. Tidak terkecuali petani durian. Penyakit memang dapat menyerang tanaman durian kapan saja tanpa petani durian tersebut ketahui.

Advertisement

Hal ini dapat menyebabkan petani durian menjadi panik sehingga penangannya tidak tepat.

Apabila petani durian mendapati duriannya terserang penyakit, sebaiknya jangan panik. Sebab, apabila petani durian tidak panik maka petani durian dapat mengendalikan penyakit tersebut dengan baik dan tepat. Penyakit memang akan menyebabkan tanaman menjadi sakit.

Atau bahkan penyerangan yang parah dapat menyebabkan tanaman menjadi mati. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu caranya adalah dengan membasmi cendawan, bakteri, atau hal lainnya penyebab dari penyakit ini dengan cepat dan secara tepat.

Penyakit Pohon Durian Bibit Maupun Dewasa Berbahaya

Penyakit yang sering menyerang tanaman durian jenisnya tidak hanya satu. Tetapi ada begitu banyak jenis penyakit yang sering menyerang tanaman durian. Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang tanaman durian diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyakit Pohon Durian Bibit Maupun Dewasa Berbahaya

Ciri-ciri dari penyerangan cendawan yang satu ini adalah buah durian yang lama kelama akan mengalami kebusukan. Penyebab dari penyakit yang satu ini sebenarnya aad banyak. Namun, penyebab utama dari penyakit yang satu ini adalah cendawan.

Cendawan yang menyerang tanaman pun bukan satu jenis cendawan saja tetapi ada begitu banyak cendawan yang dapat menjadi penyebab dari penyakit ini.Simak juga Agribisnis Durian Dan Spesies Jenis Varietas Durian Unggul

Advertisement

Untuk melakukan pencegahan caranya adalah dengan melakukan penanganan pascapanen yang tepat. Melakukan penanganan pascapanen yang tepat dan benar memang merupakan hal yang perlu diperhatikan karena menyangkut kesehatan serta produksi dari tanaman durian.

Penyakit Kanker batang pohon Durian

Penyebab dari penyakit kanker batang adalah cendawan yang bernama Phytophora palmivora. Biasanya, cendawan ini bertahan di dalam tanah.

Penyakit kanker batang akan semakin bertambah parah apabila penyerangannya dilakukan pada saat musim penghujan. Jumlah bagian tanaman yang diserang menjadi bertambah banyak.

Contohnya seperti bagian akar, bagian batang, serta bagian daun. Gejala yang ditimbulkan dari serangan penyakit kanker batang adalah adanya bercak basah pada kulit batang dekat tanah.

Bercak basah ini lama kelamaan akan berubah menjadi luka basah yang mengeluarkan lendir berwarna merah.Baca juga Panen Durian Di Pekarangan Rumah Berapa Bulan

Apabila tidak segera dikendalikan, penyakit kanker batang dapat menyebabkan tanaman menjadi membusuk dan lama kelamaan tanaman menjadi mati.

Untuk mengendalikan penyakit kanker batang caranya adalah dengan memangkas bagian tanaman yang terserang penyakit kanker batang. Setelah itu, bagian tanaman tersebut dapat dibakar secara langsung agar tidak menular tanaman lainnya.

Sedangkan untuk melakukan pencegahan pada penyakit kanker batang caranya ada begitu banyak. Cara mencegah penyakit kanker batang adalah sebagai berikut.

  1. Sanitasi kebun dapat dilakukan.
  2. Tanamlah pohon sesuai dengan jarak yang cukup lebar.
  3. Perbaiki sistem ddrainase kebun agar aliran air dapat mengalir dengan baik.
  4. Durian dapat direndam di dalam cairan fungsida sesuai dengan dosis sebelum disimpan.

Inilah Penyakit Pohon Durian Bibit Maupun Dewasa Berbahaya semoga bisa membantu dan bermanfaat.Tulisan terkait Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Jagung

Advertisement
Penyakit Pohon Durian Bibit Maupun Dewasa Berbahaya | admin | 4.5